Menurut Penelitian, Ini Manfaat Lemon Untuk Kesehatan


  • Menurut Penelitian, Ini Manfaat Lemon Untuk Kesehatan
    Menurut Penelitian, Ini Manfaat Lemon untuk Kesehatan. (Foto: Dok. Lisa on Pexels)

    Kamu pasti sudah mengenal buah yang satu ini, ya lemon! Lemon merupakan buah yang kaya manfaat, terutama manfaat kesehatan, karena mengandung vitamin C tinggi, serat, dan nutrisi penting lainnya.


    Lemon bukan hanya buah yang sangat sehat, tetapi juga memiliki rasa dan aroma yang berbeda yang menjadikannya sebagai bahan tambahan yang bagus untuk makanan dan minuman.




    Salah satu manfaat lemon untuk kesehatan yang sudah banyak diketahui adalah dapat membantu mendetoks racun-racun dalam tubuh, sehingga tubuh terbebas dari berbagai penyakit dan tetap sehat. Tak hanya itu saja, lemon juga dapat mendukung kesehatan jantung, pengendalian berat badan, dan kesehatan pencernaan. 


    Nah, berikut ini kami telah merangkum beberapa manfaat lemon untuk kesehatan menurut penelitian. Apa saja? Ini daftarnya!


    1. Meningkatkan Kesehatan Jantung


    Sudah menjadi rahasia umum jika lemon merupakan sumber vitamin C terbaik. Sebuah penelitian menunjukan bahwa buah dan sayuran, terutama yang kaya vitamin C, dalam hal ini adalah lemon dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. 


    Namun, bukan hanya vitamin C yang diketahui baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Serat dan senyawa tanaman yang terkandung di dalam lemon juga dapat secara signifikan menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung. 


    (Baca Juga: Efek Negatif Kurang Minum Air Putih Bagi Tubuh)


    Penelitian lainnya yang dipublikasikan di National Library of Medicine menyebutkan bahwa buah citrus, termasuk lemon, mengandung flavonoid yang bisa membantu dalam pengobatan aterosklerosis. Senyawa ini mampu menumpulkan respons peradangan di dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. 


    2. Membantu Mengontrol Berat Badan


    Lemon disebut-sebut dapat membantu mengontrol berat badan. Namun, benarkah demikian? Beberapa penelitian menunjukkan bahwa polifenol yang terkandung dalam buah lemon dapat membantu mencegah obesitas. Kandungan polifenol ini terbukti menekan penambahan berat badan dan penumpukan lemak tubuh.


    3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


    Masih di masa pandemi seperti saat ini, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Kabar baiknya, kandungan vitamin C dalam lemon dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dikutip dari Stylecraze, studi tahun 2013 menunjukkan bahwa vitamin C dapat mengurangi durasi pilek, yakni penyakit yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh yang lemah. 


    (Baca Juga: Penyebab Nyeri Saat Haid Di Hari Pertama & Cara Mengatasinya)


    Mencampurkan lemon dengan madu juga dapat membantu mengobati batuk.


    4. Membantu Mengobati Penyakit Kanker


    Manfaat lemon untuk kesehatan lainnya yaitu diketahui dapat membantu mengobati penyakit kanker. Beberapa studi observasi menemukan bahwa individu yang mengonsumsi buah citrus, termasuk lemon, memiliki risiko lebih rendah terkena kanker. 


    Beberapa ahli berhipotesis bahwa sifat antikanker lemon dapat dikaitkan dengan kandungan flavonoid dan senyawa tanaman, seperti limonene dan naringenin, tetapi hipotesis masih ini perlu diselidiki lebih lanjut. 


    5. Mencegah Anemia


    Anemia defisiensi besi merupakan kondisi yang cukup umum terjadi. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan cukup zat besi dari makanan yang dikonsumsi. 


    Faktanya, lemon mengandung beberapa zat besi dan dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.


    Usus mudah menyerap zat besi dari daging, ayam, dan ikan (atau dikenal sebagai zat besi heme). Di sisi lain, usus tidak mudah menyerap zat besi dari sumber nabati (atau dikenal sebagai zat besi non-heme). Namun penyerapan ini dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi vitamin C dan asam sitrat.


    (Baca Juga: Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan Dan Kesehatan)


    Dengan kata lain, lemon dapat mencegah anemia berkat kandungan vitamin C dan asam sitrat yang dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan yang kamu konsumsi, terutama zat besi non-heme. 


    6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan


    Dikutip dari laman Healthline, lemon terdiri dari sekitar 10% karbohidrat, yang mana sebagian besar dalam bentuk serat larut dan gula sederhana. Serat utama dalam lemon adalah pektin, yakni sejenis serat larut yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan usus, dan memperlambat pencernaan gula dan pati sehingga dapat membantu penurunan kadar gula darah. 


    Kandungan serat dalam lemon terdapat pada daging buahnya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat ini, kamu perlu mengonsumsi daging buahnya, bukan hanya air perasannya. 


    Itulah enam manfaat menakjubkan dari lemon. Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk merasakan manfaat kesehatan dari lemon. Beberapa di antaranya: 


    Lemon Water + Madu

    manfaat lemon untuk kesehatan

    (Manfaat lemon untuk kesehatan. Foto: Dok. Julia Zolotova/Pexels)

    Ini adalah salah satu cara paling umum untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari lemon. Kamu dapat minum air lemon, baik panas maupun dingin. Cara membuatnya sangat sederhana, peras air lemon dan tambahkan sekitar 240 ml air. Untuk memberikan sedikit rasa, kamu bisa menambahkan sedikit madu. 


    (Baca Juga: Waspada Konsumsi Minuman Beralkohol, Bisa Merusak Otak)


    Perlu diperhatikan, rasa asam dari lemon bisa berbahaya bagi kesehatan enamel gigi jika dikonsumsi terlalu sering dan berlebihan. Jadi, cukup konsumsi sewajarnya saja, ya!


    Lemon Smoothie

    manfaat lemon untuk kesehatan

    (Manfaat lemon untuk kesehatan. Foto: Dok. PhotoMIX Company/Pexels)

    If you have extra time, cheers for a lemon smoothie! Cara membuatnya masih terbilang cukup mudah. Siapkan 1 cangkup yoghurt rendah lemak, es batu, 2 sendok makan air perasan lemon, 2 sendok makan madu, 1 sendok makan jahe parut, dan 2 sendok teh parutan kulit lemon (lemon zest). Dalam blender, gabungkan semua bahan-bahan, blender sampai halus. Lemon smoothie siap disajikan. 


    Lemon Blueberry Muffins

    manfaat lemon untuk kesehatan

    (Manfaat lemon untuk kesehatan. Foto: Dok. Ela Haney/Pexels)


    Selain dapat disajikan sebagai minuman yang menyegarkan, lemon juga dapat disajikan sebagai makanan yang lezat, salah satunya lemon blueberry blender muffins. 


    Panas oven hingga 350 derajat Fahrenheit atau sekitar 170 derajat Celcius. Sambil menunggu, campurkan dan haluskan bahan-bahan seperti setengah cup greek yoghurt, 3 telur, jus lemon, parutan kulit lemon (lemon zest), madu, dan vanilla extract. Setelah halus, tambahkan beberapa bahan lainnya seperti 3 cup tepung almond, satu setengah sendok makan baking powder, setengah sendok makan baking soda, dan garam. 


    (Baca Juga: Manfaat Kumis Kucing)


    Masukan adonan ke dalam cetakan muffins, tambahkan blueberi. Panggang selama 25 sampai 30 menit, atau hingga muffins matang. Lemon blueberry blender muffins siap dinikmati. 


    Lemon Garlic Hummus

    manfaat lemon untuk kesehatan

    (Manfaat lemon untuk kesehatan. Foto: Dok. Naim Benjelloun/Pexels)

    Lemon garlic hummus merupakan dip sauce yang dapat disajikan dengan sayuran, crackers, atau sebagai olesan roti panggang. Cara membuatnya, haluskan beberapa bahan seperti buncis, 1 siung kecil bawang putih yang dicincang halus, 2 sendok makan tahini, jus lemon, 3 sendok makan air, setengah sendok teh garam, seperempat sendok teh merica, dan setengah sendok teh mustard. Kemudian, perlahan-perlahan tambahan extra virgin olive oil dan terus aduk selama sekitar 3 menit sampai sangat halus.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Sabai Dieter Mei 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below