Efek Negatif Kurang Minum Air Putih Bagi Tubuh


  • Efek Negatif Kurang Minum Air Putih Bagi Tubuh
    Inilah efek negatif kurangnya minum air putih bagi tubuh (Foto:Dok.Jana Sabeth/Unsplash)

    Sudah menjadi hal umum bahwa mengonsumsi air putih salah satu hal terpenting bagi tubuh. Sejumlah penelitian bahkan telah mengungkap ragam keunggulannya saat kebutuhan air putih terpenuhi secara maksimal.

    Namun ternyata mengonsumi air putih juga sering terlupakan. Terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi seperti bekerja di lapangan hingga di ruangan dengan suhu rendah. Oleh sebabnya, mengetahui efek negatif kurang minum air putih bagi tubuh jadi informasi yang dibutuhkan publik. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretannya.




    (Baca Juga: Manfaat Jus Kale Bagi Kesehatan Tubuh)


    1. Kecanduan gula

    Dr. John Higgins mengatakan kepada Everyday Health bahwa salah satu efek negatif dari kurangnya minum air putih adalah membuat tubuh kecanduan akan gula. Hal ini bisa ditandai saat keinginan tubuh di sore hari ingin mengonsumsi makanan yang manis. Jika dibiarkan secara terus menerus, hal ini akan membuat liver tidak bekerja secara maksimal terutama dalam mengolah glukosa.


    2. Sakit kepala

    Selain itu, mengutip laman Medical News Today, efek lain membuat kepala mengalami dehidrasi yang membuatnya terasa sakit dan pusing. Hal ini terjadi karena saat otak kehilangan cairan, ia akan mudah menyusut. 


    (Baca Juga: Cara Membuat 'Infused Water' Agar Minum Air Lebih Segar)


    3. Sulit tidur

    Salah satu penyebab sulit tidur adalah kurangnya asupan air putih ke dalam tubuh. Alasan ini telah dibuktikan oleh sebuah studi di tahun 2015 yang dikutip dari Mayo Clinic bahwa para dokter menemukan satu dari lima pasiennya memunculkan gejala tersebut.


    4. Kram otot

    Efek yang satu ini memunculkan kontroversial. Mengutip laman Bustle, sejumlah dokter percaya bahwa kurang minum air putih bisa mengalihkan sirkulasi darah dari otot. Dan hal ini bisa membuat beberapa di antaranya merasa kram, terutama saat berolahraga.


    5. Bau mulut

    Salah satu yang bisa timbul saat tubuh kekurangan minum air putih adalah munculnya bau tak sedap pada mulut. Hal ini terjadi karena adanya bakteri yang menumpuk atau sering disebut halitosis. Sehingga, dengan mengonsumsi air putih, cara ini bisa memecahkan air liur dan menghilangkan baunya. 


    (Baca Juga: Mengulik 7 Manfaat 'Infused Water' Untuk Kesehatan Tubuh)


    6. Kulit kering

    Dr. Harold Lancer mengatakan bahwa kulit kering biasanya terasa kencang, gatal, atau teriritasi. Kulit dehidrasi, di sisi lain, adalah "kusam padat, dan mudah menjadi terkelupas." Dengan mengenali tanda ini, kamu bisa mengambil langkah mana yang bisa memperbaikinya.

    Kulit kering memerlukan bantuan skincare untuk menjaganya tetap lembap, sementara kulit dehidrasi bisa diatasi dengan mengonsumsi air putih yang cukup. 


    7. Konsentrasi menurun

    Tak hanya pada kulit, kurangnya minum air putih juga bisa menyebabkan turunnya konsentrasi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012, wanita muda yang mengalami dehidrasi ringan berjuang untuk berkonsentrasi pada tugas-tugas sederhana. 

    Meskipun mereka tidak menunjukkan penurunan kemampuan, mereka cenderung menganggap latihan itu lebih sulit, dan mereka melaporkan lebih banyak kesulitan untuk tetap fokus. 


    (Baca Juga: Kenali Gejala Dan Tanda Kurang Minum Air Putih)


    8. Lesu

    Mengutip laman Eating Well sejumlah orang bisa mengetahui dirinya kekurangan minum air putih saat dirinya merasa sangat lemas atau lesu sepanjang hari. Cobalah secara konsisten mengonsumsi air putih setiap 1-2 jam sekali selama 24 jam. Ini akan membantumu tetap berenergi melakukan aktivitas.


    9. Metobolisme melambat

    Sebuah penelitian dari The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, dua gelas air yang setara dengan 17 ons bisa meningkatkan metabolisme hingga 30 persen. Bahkan, cara ini yang membuat tingkat keberhasilan menurunkan berat badan jadi tinggi.


    10. Mudah terserang stroke

    Menurut sebuah penelitian di BMC Cardiovascular Disorders, tidak minum cukup air dan mengalami dehidrasi dapat meningkatkan risiko stroke. Jadi, untuk menjaga jantung agar tetap prima, perhatikan seberapa banyak minuman yang masuk ke dalam tubuh.


    Itulah efek negatif kurang minum air putih bagi tubuh. Jadi, masih mau tidak mengonsumsinya dengan rutin?




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below