Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan Dan Kesehatan


  • Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan Dan Kesehatan
    Manfaat baking soda yang wajib kamu ketahui (Foto:Dok.kaboompics/pexels)

    Natrium bikarbonat atau biasa disebut baking soda merupakan bubuk halus dengan sedikit garam dan rasa basa. Kamu mungkin sudah menggunakannya di dapur, dan bahkan mungkin untuk membersihkan peralatan di rumah. Namun pernahkah kamu mendengar manfaat baking soda untuk kecantikan dan kesehatan?

    Baking soda bisa menjadi senjata berharga untuk kesehatan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsinya, kandungan aksi antasida di dalamnya dapat membantu menggeser sel kekebalan pro-inflamasi dalam tubuh ke mereka yang melawan peradangan, sesuatu yang dapat membantu mengobati penyakit. Selain itu apa lagi? berikut manfaat bakin soda untuk kecantikan dan kesehatan.




    (Baca juga: 7 Bahan Alami yang Dapat Digunakan Untuk Atasi Komedo)


    Mengatasi asam perut

    Soda kue memiliki sifat yang mampu menetralkan asam perut. Refluks asam adalah masalah umum yang seringkali terjadi menyebabkan asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan yang dapat mengiritasi pipa makanan dan dapat menyebabkan mulas. Sodium bikarbonat atau yang dikenal dengan baking soda dapat membantu menetralkan sekresi asam lambung, mengurangi perut kembung, dan meredakan gejala asam lambung. Kamu dapat membuatnya sendiri di rumah dengan menambahkan ¼ sendok teh soda kue ke dalam 250 ml air lalu diminum agar meredakan gejala asam lambung.


    Kesehatan gigi


    Salah satu manfaat baking soda adalah menjaga kesehatan gigi dan gusi kamu. (Foto:Dok.shiny/pexels)

    Manfaat baking soda berikutnya adalah kandungan baking soda pada pasta gigi dapat mencegah kerusakan gigi, menghilangkan plak gigi, serta menjaga kesehatan gusi dan mulutmu secara keseluruhan. Untuk menyikat gigi dengan baking soda, kamu dapat membasahi sikat gigi lalu tambahkan sedikit soda, dan sikat gigi seperti biasa. Gunakan sikat lembut dan jangan menyikat terlalu kuat. Kamu juga dapat menambahkan 1 sendok teh baking soda ke 150 ml air dan bilas hingga bersih untuk meredakan sakit gigi.


    Mengatasi iritasi kulit

    Mengatasi iritasi kulit merupakan manfaat lainnya dari baking soda. Kandungan alkalizing alami yang dioleskan pada kulit kamu dapat menenangkan kemerahan, mengurangi rasa sakit, hingga mengurangi rasa gatal dan perih yang disebabkan oleh gigitan serangga. Selain itu, banyak krim dan lotion mengandung baking soda yang digunakan untuk menyembuhkan gigitan serangga. Untuk menyembuhkan luka dari gigitan serangga, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mencampur 1 sendok teh soda kue dengan 4 sendok teh air hingga berbentuk pasta. Gunakan bola kapas dan oleskan pada area yang terinfeksi. Kamu juga bisa campur dengan witch hazel agar bantu menenangkan kulitmu.


    (Baca juga: Gigi Kuning Karena Kopi, Begini Cara Menghilangkannya)


    Meningkatkan stamina

    (Manfaat baking soda untuk meningkatkan stamina.Foto:Dok.victor/pexels)

    Baking soda memiliki pH yang tinggi sehingga dapat menunda keletihan otot akibat olahraga. Saat kita bererolahraga dengan intensitas yang tinggi, otot kita memproduksi asam laktat yang menjadi penyebab munculnya sensasi terbakar. Asam laktat ini akan menurunkan kadar pH dalam sel dan menyebabkan otot menjadi letih.


    Mengobati masalah kulit

    Baking soda dapat dimanfaatkan sebagai exfoliant ringan untuk mengangkat kulit mati dan membersihkan pori-pori. Sifat antibakteri pada baking soda dapat mencegah munculnya jerawat. Kamu bisa campurkan dengan madu atau minyak zaitun untuk scrub kulit.


    Melancarkan pencernaan

    Minum campuran baking soda dan air dapat menyebabkan kamu bersendawa sehingga meredakan kembung dan gas. Selain itu, baking soda dapat menghentikan refluks asam dan gangguan pencernaan karena mengubah asam lambung menjadi natrium klorida dan menetralkan mulas. Cukup dengan campurkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air lalu diminum.


    (Baca juga: 6 Cara Cepat Mengobati Sariawan)


    Sebagai deodoran alami

    Manfaat baking soda lainnya adalah dapat dijadikan bahan untuk deodoran. Baking soda bersifat asam yang dianggap dapat menghilangkan bau badan. Kandungan baking soda dalam deodoran juga tidak menimbulkan bercak pada pakaian, sehingga cocok digunakan untuk orang yang memiliki kulit yang sensitif.


    Menyembuhkan sariawan

    Untuk menyembuhkan sariawan yang tentunya mengganggu aktivitas sehari-hari, kamu bisa larutkan satu sendok teh baking soda ke dalam secangkir kecil air hangat. Lalu gunakan sebagai obat kumur untuk mempercepat penyembuhan dan meredakan nyeri.


    Dari manfaat baking soda untuk kecantikan dan kesehatan di atas, manakah yang sudah pernah kamu rasakan?


    (Penulis: Putri Raiza)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Cara Membuat Buah Soda

Cara Membuat Buah Soda

oleh Andhini Puteri Lestari

Baking Class with DoubleTree by Hilton

Baking Class with DoubleTree by Hilton

oleh Andhini Puteri Lestari

Cara Membuat Es Soda Gembira

Cara Membuat Es Soda Gembira

oleh Yolanda Deayu

Advertisement - Continue Reading Below