Penyebab Nyeri Saat Haid di Hari Pertama & Cara Mengatasinya


  • Penyebab Nyeri Saat Haid di Hari Pertama & Cara Mengatasinya
    Penyebab nyeri saat haid di hari pertama.(Foto:Dok/freepik)

    Saat haid atau menstruasi di hari pertama, beberapa wanita kerap merasakan nyeri hingga rasa sakit di daerah pinggul. Sehingga saat haid di hari pertama, dibutuhkan istirahat yang cukup dan sulit melakukan banyak aktivitas. Apakah kamu salah satu yang merasakannya?

    Namun sebetulnya, merasakan nyeri saat haid di hari pertama merupakan hal yang wajar dirasakan. Ini tanda bahwa adanya hormon yang hadir. Namun, bisa juga menandakan sesuatu yang terjadi pada organ reproduksi. Apa saja? dirangkum dari Healthline, berikut penyebab nyeri saat haid di hari pertama.




    (Baca Juga: Meski Susah, Begini Cara Belajar Untuk Memberi Dan Menerima)


    1. Hormon Prostaglandin

    Hormon prostaglandin atau lipid jadi salah satu yang memancing rahim wanita berkontraksi untuk membantu menghilangkan lapisannya. Mengutip laman Healthline, hormon inilah yang terlibat dalam peradangan dan nyeri. 

    Proses perlepaskan inilah yang meningkatkan rasa kram di hari pertama menstruasi. Bahkan saat kadarnya meningkat, bisa menyebabkan rasa mual hingga diare. 


    2. Endometriosis

    Salah satu penyebab lainnya adalah mengalami kelainan jaringan yang menyerupai bentuk lapisan rahim. Peristiwa ini disebut sebagai endometriosis.

    Endometriosis terjadi ketika jaringan endometrium tumbuh di ovarium, usus, dan jaringan yang melapisi panggul. Sehingga jika salah tempat, bisa menyebabkan area meradang dan terasa nyeri saat menstruasi.


    (Baca Juga: Waspada Konsumsi Minuman Beralkohol, Bisa Merusak Otak!)


    3. Mengalami Fibroid

    Mengutip laman Healthline, Fibroid adalah pertumbuhan abnormal yang berkembang di dalam atau di dalam rahim wanita. Terkadang tumor ini menjadi cukup besar dan menyebabkan sakit perut yang parah dan menstruasi yang berat.

    Menurut Kantor Kesehatan Wanita, hingga 80 persen dari wanita yang dipercaya mengidapnya pada usia 50 tahun. Namun, kebanyakan wanita tidak memiliki gejala apa pun dan mungkin tidak pernah tahu bahwa mereka menderita fibroid.


    Itulah penyebab nyeri saat haid di hari pertama. Hubungi dokter jika kamu merasa ada sakit yang tidak wajar.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Sabai Dieter Mei 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below