Life & health

Inilah Cara Cepat Turunkan Berat Badan Saat Puasa

By : Hafizah Rana Dalilah - 2021-04-16 17:00:02 Inilah Cara Cepat Turunkan Berat Badan Saat Puasa


Puasa tidak jadi alasan untuk bermalas-malasan menjadi kegiatan sehari-hari. Momen ini justru jadi waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas yang menyehatkan tubuh. Terutama bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan dengan cepat.

Sambil menjalaninya sebagai ibadah, kamu bisa melakukan berbagai cara agar angka timbanganmu turun dan tubuh semakin sehat dan bugar. Bagaimana caranya? dirangkum dari berbagai sumber berikut cara cepat turunkan berat badan saat puasa. 


(Baca Juga: Aneka Olahan Kurma Untuk Menu Berbuka Puasa yang Menyehatkan)


1. Tetap berolahraga

Berpuasa bukanlah alasan untuk berhenti berolahraga terutama bagi kamu yang sedang menjalani program menurunkan berat badan. Mengutip laman Insider personal trainer Faisal Abdalla menjelaskan bahwa ramadan menjadi waktu yang tepat untuk memperbaiki kesehatan.

"Ramadhan adalah tentang memperbaiki diri dalam segala hal, dan kesehatan Anda adalah bagian integral dari itu," katanya kepada Insider.

"Oleh karena itu, kamu harus berusaha untuk terus bergerak dan tetap aktif, tetapi saya tidak akan merekomendasikan memulai program latihan yang benar-benar baru."

Maka salah satu cara agar berat badanmu terkendali adalah dengan tetap berolahraga secara rutin dan memilih gerakan yang ringan. 


2. Hindari gula dan garam berlebih

Meskipun perut akan kosong dalam jangka waktu yang cukup panjang, bukan berarti kamu bebas mengonsumsi apapun setelah waktu berbuka. Menjaga pola makan dan memilih makanan dengan nutrisi tinggi jadi salah satu cara agar berat badan cepat turun saat puasa.

Lalu makanan apa saja yang sebaiknya dihindari? sejumlah ahli gizi sudah menjelaskan bahwa makanan gorengan dan asin sebaiknya tidak ada di meja makanmu saat berbuka puasa ataupun sahur. Alasannya adalah makanan yang mengandung minta berlebih dan garam bisa membuat energi di dalam tubuh justru berkurang.

"Ini akan membuat kamu dehidrasi dan puasa terasa lebih lama," ujar Juliana Campos, mantan pelatih kebugaran untuk keluarga kerajaan Abu Dhabi.


(Baca Juga: Hal-hal yang Membatalkan Puasa Selama Bulan Suci Ramadan)


3. Perbanyak protein

Mengutip laman WikiHow, salah satu cara lain yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat adalah memaksimalkan kandungan protein dan karbohidrat kompleks yang masuk ke dalam tubuh. Diantaranya adalah biji-bijian, oatmeal, putih telur dan lainna. 

Selain bisa membuat angka timbangan menurun, cara ini juga dipercaya bisa menyehatkan tubuh. 


4. Makan secara perlahan 

Makan terlalu cepat bisa membuat pencernaan sulit mengolah makanan di dalam tubuh. Sehingga kandungan yang didapatkan tidak maksimal dan justru jadi tidak menyehatkan.

Oleh sebabnya, cobalah makan secara perlahan-lahan sambil menikmati hidangan yang masuk ke dalam mulutmu. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu perlu makan lebih sedikit daripada yang akan dibakar. Tetaplah perhatikan kalori, yakni tidak kurang dari 1.200 per hari.


(Baca Juga: 10 Perawatan Kulit Kering Saat Puasa Agar Tetap Glowing!)


5. Air putih tetap maksimal

Siapa bilang saat puasa kamu tidak bisa memaksimalkan kandungan mineral masuk ke dalam tubuh? Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar tubuh tidak dehidrasi saat puasa, salah satunya dengan mengonsumsi 2,5 liter di jam berbuka dan sahur. 

Kamu bisa membaginya dengan empat gelas air saat berbuka dan empat gelas saat sahur. 


Itulah sejumlah cara cepat turunkan berat badan saat puasa. Apakah kamu akan mencobanya?

Life & health