Hal-hal yang Membatalkan Puasa Selama Bulan Suci Ramadan


  • Hal-hal yang Membatalkan Puasa Selama Bulan Suci Ramadan
    Berbagai hal yang dapat membatalkan puasa di bulan suci Ramadan yang perlu kamu ketahui. (Foto: Dok. /Freepik)

    Ramadan telah tiba, bulan puasa pastinya harus penuh dengan keberkahan untuk semua umat muslim. Jadi salah satu ibadah yang wajib dilakukan umat muslim di seluruh dunia, perlu kamu ketahui, bahwa kewajiban tersebut telah dijelaskan pada surat Al Baqarah ayat 183, “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

    Bagi kamu yang sedang melakukan puasa, tentunya harus kuat menahan diri dari segala berbagai hal yang dapat membatalkan puasa sehingga kamu bisa menjalaninya sampai akhir. Lalu, hal-hal apa yang dapat membatalkan puasa di bulan suci Ramadan ini?

    Maka dari itu, kamu perlu mengetahui berbagai hal yang dapat membuatmu batal berpuasa agar kamu tidak perlu lagi membayar puasa. Berikut hal-hal yang membatalkan puasa, yuk, simak ulasannya.




    (Baca Juga: Inilah Ragam Jenis Kurma Dan Perbedaannya Untuk Buka Puasa)


    Makan dan Minum Secara Sengaja

    Makan dan minum dengan sengaja, tentunya akan membatalkan puasa (Dok Freepik)

    Tentunya berpuasa merupakan ibadah yang tidak boleh melakukan makan atau minum. Jika kamu sengaja melakukan kedua hal tersebut, pastinya kamu akan batal puasa sehingga kamu perlu menggantinya atau membayarnya di kemudian hari. Maka dari itu, hindari nafsu makan atau minum selama kamu sedang berpuasa di bulan suci Ramadan.


    (Baca Juga: Facebook, Instagram Dan Whatsapp Ajak #BulanKebaikan)


    Wanita yang Sedang Mengalami Haid atau Nifas

    Wanita tentunya selalu mengalami haid atau nifas di setiap bulannya. Hal tersebut merupakan suatu hal yang wajar. Namun, di bulan suci Ramadan, wanita yang sedang haid tidak boleh berpuasa. Maka dari itu, jika kamu sedang mengalami haid, kamu perlu menunggu hingga haidmu berakhir.


    Berhubungan Seksual dengan Sengaja

    Selama berjalannya bulan Ramadan, berhubungan seksual dengan pasanganmu dengan sengaja dapat membatalkan puasa, lho!. Tak hanya batal, kamu bisa dikenai denda berupa berpuasa selama dua bulan berturut-turut. Lalu, jika kamu tidak mampu mengganti puasa, kamu wajib memberi makanan pokok senilai satu mud atau 0,6 kg beras kepada 60 fakir miskin.


    Keluarnya Air Mani dengan Sengaja

    Jika air mani keluar dengan sengaja akibat bersentuhan dengan lawan jenis tanpa adanya hubungan seksual, pastinya puasamu akan batal sehingga kamu tidak bisa melanjutkan puasamu. Namun, jika air mani keluar akibat dari mimpi basah. Maka, puasa kamu akan tetap sah.


    Muntah Dengan Sengaja

    Muntah disengaja selama menjalankan puasa juga dapat membatalkan puasa (Dok. Freepik)

    Jika kamu sengaja muntah secara disengaja. Maka, puasamu akan batal. Tetapi, jika kamu muntah tanpa sengaja, puasamu masih tetap sah dan masih dapat menjalankannya seperti biasa. Perlu kamu ketahui bahwa Nabi Abu Hurairah bersabda “Barangsiapa yang muntah menguasainya (muntah tidak disengaja) sedangkan dia dalam keadaan puasa, maka tidak ada qadha’ baginya. Namun, apabila dia muntah (dengan sengaja), maka wajib baginya membayar qadha.”.


    (Baca Juga: 4 Cara Menjaga Diri Agar Tidak Mudah Batal Puasa)


    Murtad

    Perlu kamu ketahui, bahwa murtad merupakan keluarnya seseorang dari agama Islam. Jika, kamu dengan sengaja mengingkari keesaan tuhan. Maka, puasamu akan batal dan wajib untuk mengucapkan syahadat serta meng-qadha puasanya. Maka dari itu, kamu harus tetap berada di agama Islam jika kamu ingin puasamu diterima di sisi Allah SWT.


    Gila

    Akal yang sehat tentunya dapat menjalankan puasa di bulan suci Ramadan, Namun, jika seseorang mendadak mengalami kegilaan. Maka, puasanya tidak akan diterima. Hal ini dikarenakan puasa diwajibkan untuk umat Islam yang baligh atau dewasa, berakal sehat dan tidak terkena halangan apapun.


    Nah, inilah berbagai hal yang dapat membatalkan puasa selama bulan suci Ramadan untuk kamu ketahui.


    (Penulis: Sania Zelikha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below