10 Perawatan Kulit Kering Saat Puasa Agar Tetap Glowing!


  • 10 Perawatan Kulit Kering Saat Puasa Agar Tetap Glowing!
    Lihat beberapat tips merawat kulit kering berikut ini demi mendapatkan tampilan wajah glowing meski sedang puasa. (Foto: Dok. Senivpetro/Freepik.com)

    Menjaga dan merawat kulit kering agar senantiasa terlihat segar dan glowing bukan merupakan hal mudah, apalagi saat menjalani ibadah puasa. Seperti yang kita tahu, sebentar lagi bulan Ramadhan akan tiba dan pemeluk agama Islam akan menjalani ibadah puasa. Saat menjalani ibadah tersebut, penting bagi kamu untuk menyiapkan strategi perawatan kulit kering saat puasa agar tidak terlihat kusam dan semakin kering.


    Demi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit saat puasa, kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini. Selamat mencoba!




    (Baca Juga: Waspada! Inilah Penyebab Kulit Kering di Sekitar Hidung)


    1. Minum Air Putih yang Cukup

    Memang terkesan sepele dan terus diulang-ulang, namun ada alasannya kenapa kami terus mengingatkan pentingnya asupan air putih bagi kulit kamu. Selain penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, air putih berperan penting dalam kecantikan dan kesehatan kulit kamu. Kamu disarankan untuk mengonsumsi paling tidak delapan gelas air putih setiap hari. Saat menjalankan ibadah puasa, kamu bisa membaginya menjadi dua gelas saat sahur, dua gelas ketika berbuka puasa, dua gelas setelah selesai makan malam, dan dua gelas sebelum tidur. Cukup mudah, bukan? 


    2. Asupan Buah dan Sayur

    Kedua bahan makanan tersebut tentunya kaya akan vitamin yang baik bagi tubuh, termasuk kulit kamu. Berkurangnya frekuensi makan selama menjalani puasa bukan berarti mengurangi nutrisinya juga. Pilih makanan sehat dan bergizi seimbang, termasuk sayuran serta buah-buahan kaya vitamin. Tak perlu selalu dalam bentuk makanan, kamu juga bisa menjadikannya smoothies atau jus segar untuk menemani buka puasa. Selain itu, buah dengan kandungan air yang tinggi juga bisa membantu menambah asupan air dalam tubuh sehingga kulit tidak menjadi kian kering.


    3. Minum Suplemen 

    Meski sudah mencukupi kebutuhan gizi lewat makanan atau minuman, tidak ada salahnya untuk berinvestasi di suplemen yang tentunya mampu melengkapi kebutuhan tubuh termasuk kulitmu. Jika memang fokus kamu adalah kecantikan dan kesehatan kulit, kamu bisa memilih beberapa vitamin yang khusus diformulasi untuk rambut, kulit, dan kuku yang banyak dijual bebas di apotek. Biasanya suplemen tersebut sudah mengandung vitamin A, B, C, dan E yang dikenal sangat baik untuk kecantikan. Selain itu, untuk menunjang hidrasi kulit, hyaluronic acid juga tersedia dalam bentuk suplemen, lho!


    4. Hindari Makanan Berminyak

    Tahukah kamu bahwa konsumsi makanan berminyak dalam jumlah banyak bisa menyebabkan tubuh dehidrasi? Maka dari itu, sebaiknya hindari menu gorengan sebagai asupan ketika berbuka puasa. Pilih makanan dengan gizi seimbang dan menggunakan sedikit minyak seperti buah-buahan dan olahan sayur. 


    5. Tidur yang Cukup

    Saat tidur, tubuh kamu bekerja memperbaiki sel-selnya, termasuk kulit. Memang saat puasa, tidur malam kamu akan terpotong oleh sahur. Namun jangan jadikan hal tersebut alasan untuk tidak mendapatkan istirahat yang cukup, ya! Di siang hari, disarankan untuk tidur siang selama maksimal 30 menit sebelum jam 3 sore untuk membantu mencukupi waktu istirahat kamu.


    (Baca juga: Pengaruh Kurang Tidur Pada Kecantikan)


    6. Jangan Mandi Terlalu Lama

    Jika kamu hobi mandi air panas atau hangat sekalipun, sebaiknya batasi waktu mandi kamu saat bulan puasa. Air hangat atau panas bisa melunturkan minyak alami di permukaan kulit sehingga membuatnya semakin kering. Jadi, jangan terlalu berlama-lama di kamar mandi, ya!


    7. Pilih Sabun Wajah yang Tepat

    Banyak yang berpikir bahwa ketika kulit terasa kesat atau kencang setelah mencuci muka, itu tandanya kulit sudah bersih. Hal tersebut tidaklah benar. Jika kamu merasa seperti itu, bisa jadi kamu menggunakan sabun cuci muka yang kurang tepat buat kulitmu dan hanya akan membuatnya kian kering hingga muncul masalah-masalah baru. Pilih sabun cuci muka dengan tingkat pH 5-6, sesuai dengan pH normal kulit wajah. Ketika selesai mencuci wajah, kulitmu tidak terasa kering atau kencang, melainkan tetap lembut dan segar.


    8. Gunakan Pelembap yang Cukup

    Bagi si pemilik kulit kering, pelembap menjadi produk skincare wajib punya serta harus digunakan minimal dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Sebaiknya pilih pelembap dengan tekstur krim yang bisa menjadikan kulit kamu lembut dan lembap sepanjang hari. Kamu bisa mencari pelembap dengan beberapa kandungan seperti hyaluronic acid, shea butter, atau aloe vera untuk menjaga hidrasi kulitmu sepanjang hari.


    9. Perawatan Intensif dengan Serum

    Selain menggunakan pelembap, aplikasi serum yang diformulasi khusus untuk kulit kering juga menjadi salah satu kunci menjaga kelembapan wajah saat puasa. Berbeda dengan pelembap, serum biasanya memiliki fungsi yang lebih berfokus pada masalah kulit tertentu, sehingga manfaatnya akan lebih besar. 


    10. Rajin Menggunakan Sheet Mask

    Produk yang kini menjamur di mana-mana juga bisa kamu jadikan senjata untuk mendapatkan tampilan kulit glowing meski sedang berpuasa. Di pagi hari, alih-alih sarapan, gunakan waktu ekstra tersebut untuk bersantai sambil menggunakan sheet mask di wajah. Kebiasaan ini bisa membantu memberi kelembapan ekstra di kulit kamu sehingga terlihat segar sepanjang hari.


    (Baca Juga: 10 Skincare Lokal Untuk Kulit Berjerawat, Bikin Glowing!)


    Itulah 10 perawatan untuk kulit kering selama kamu berpuasa agar tetap terlihat glowing. Selamat mencoba!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below