8 Jenis Teh Herbal Ini Bisa Tenangkan Kamu Dari Rasa Cemas


  • 8 Jenis Teh Herbal Ini Bisa Tenangkan Kamu Dari Rasa Cemas
    Jenis teh untuk bantu tenangkan dirimu dari rasa cemas. (Foto: Dok. Anna Pou/Pexels)

    Pada 10 Oktober, setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia. Momen ini menjadi kesempatan untuk terus gaungkan pentingnya menjaga kondisi mentalmu dari berbagai risikonya seperti stres, depresi, maupun rasa cemas berlebihan. Gangguan kecemasan atau lebih dikenal dengan anxiety adalah salah satu dari dua gangguan mental yang paling banyak dialami masyarakat dunia.


    Banyak cara dilakukan oleh penderita gangguan kecemasan untuk menenangkan diri, seperti latihan pernapasan, tidur yang cukup, serta membatasi konsumsi alkohol. Namun, gangguan kecemasan juga bisa kamu atasi dan tenangkan dengan meminum teh herbal.




    Selama berabad-abad, teh herbal menjadi pilihan banyak orang untuk menyehatkan diri, sekaligus menyenangkan hati. Mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga menenangkan pikiran dari stres yang timbul sepanjang hari, jadi ketika kamu memilih teh herbal untuk tenangkan rasa cemas, kamu ada di jalannya yang tepat.


    (Baca Juga: 7 Makanan Sehat untuk Jantung)


    Teh herbal, datang dari berbagai jenis tumbuh-tumbuhan – bunga kering, buah kering, dan berbagai rempah – berbeda dari teh hitam yang umum dikonsumsi. Selain kandungan nutrisi dan rasa yang kaya, aromanya pun bisa jadi cara kamu tenangkan diri dari rasa cemas. Bagi kamu yang tertarik mengonsumsi teh herbal untuk menenangkan kecemasan dalam diri, tetapi bingung jenis teh apa yang bisa dikonsumsi. Berikut jenis-jenis teh ini bisa tenangkan kamu dari rasa cemas.


    1. Lavender

    jenis teh herbal untuk atasi rasa cemas

    (Bunga lavender miliki khasiat untuk menenangkan diri. Foto: Dok. Mareefe/Pexels)


    Bunga lavender menjadi salah satu jenis flora terkenal dengan kandungan yang menenangkan. Selain digunakan sebagai minyak esensial untuk meredakan kecemasan dan stres, kamu bisa memanfaatkan bunga lavender sebagai bahan teh herbal. Kamu cukup menyeduhkan dua sendok makan bunga lavender ke air, lalu diminum satu jam sebelum tidur untuk meningkatkan kualitas tidurmu sehingga lebih nyenyak.


    Selain membuat tidur lebih nyenyak, teh lavender bisa meningkatkan energimu ketika bangun di pagi hari. Kombinasi yang cocok untuk kamu yang ingin menjalani hari lebih positif tanpa khawatir akan level stres yang meningkat juga.


    2. Kamomil

    jenis teh herbal untuk atasi rasa cemas

    (Teh kamomil terkenal untuk tenangkan pikiran. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    Jenis teh herbal ini juga terkenal dengan khasiat yang beri ketenangan dalam dirimu. Ekstrak bunga kamomil yang diserap air panas ini juga menawarkan rasa manis sehingga cocok bagi kamu yang tidak terlalu suka teh tawar. Kamu cukup seduh bunga kamomil segar atau yang sudah dikeringkan ke air mendidih, dan biarkan selama lima hingga 10 menit sebelum kamu minum menjelang tidur.


    Teh herbal dari bunga kamomil ini juga bisa mengatasi rasa sakit maupun peradangan, termasuk menenangkan sistem pencernaan yang bermasalah.


    3. Peppermint

    jenis teh herbal untuk atasi rasa cemas

    (Daun peppermint bisa jadi pilihan untuk tenangkan dirimu. Foto: Dok. Anna Hliamshyna/Unsplash)


    Teh dari daun peppermint ini dikenal akan beragam khasiatnya termasuk memperbaik mood melalui aroma dan rasanya yang unik. Tanaman herbal satu ini banyak digunakan para yogi dan praktisi obat-obatan tradisional untuk merelaksasi pikiran dan hati. Aromanya bisa mengurangi rasa frustasi, cemas, dan kelelahan.


    (Baca Juga: 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Yang Baik Bagi Kesehatan)


    4. Lemon Balm


    Jenis teh yang bisa bantu tenangkan diri dari rasa cemas adalah teh lemon balm. Berasal dari tanaman herbal beraroma lemon ini tidak hanya melepaskan stres, tetapi juga berikan kesegaran dengan aromanya. Sebuah riset menemukan kalau dengan meminum teh lemon balm, kamu bisa mengurangi rasa cemasmu dalam waktu satu hingga tiga jam setelah konsumsi.


    5. Passionflower


    Kandungan dalam spesies bunga Passiflora ini memiliki rasa yang cenderung manis. Teh passionflower ini sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat Eropa sebagai pengobatan alami untuk tenangkan pikiran yang cemas. Flavonoid pada teh herbal ini memberikan efek pada bagian syaraf otak yang bisa mengurangi perasaan negatif seperti stres dan cemas.


    6. Akar Valerian


    Tanaman herbal satu ini banyak ditemukan di Eropa dan sebagian wilayah Asia, tetapi reputasinya sebagai salah satu tanaman paling menenangkan sudah mendunia. Dengan meminum teh dari akar Valerian ini, kamu akan lebih mudah untuk menenangkan diri dan lebih mudah untuk tidur dengan nyenyak.

    Kualitas tidur menjadi sangat esensial karena kurangnya tidur bisa menjadi salah satu penyebab kecemasan dan depresi.


    7. Kunyit

    jenis teh herbal untuk atasi rasa cemas

    (Kunyit miliki khasiat untuk atasi kecemasan dan depresi. Foto: Dok. Ksenia Chernaya/Pexels)


    Kunyit dikenal memiliki khasiat yang beragam. Rempah pemilik warna kulit pekat ini selain cocok untuk menambah cita rasa pada masakan, juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Kamu bisa menggunakan kunyit sebagai pereda panas dalam, serta memiliki efek anti depresi dan bisa meredakan kecemasan yang kamu rasakan.


    8. Bunga mawar

    jenis teh herbal untuk atasi rasa cemas

    (Ekstrak kelopak mawar bisa jadi bentuk cintamu pada diri sendiri. Foto: Dok. Lalezarfa/Pexels)


    Bunga mawar adalah tanda cinta, tidak hanya dari pasangan untukmu, tetapi juga dari dirimu sendiri. Secangkir teh dari ekstrak kelopak bunga mawar bisa menjadi aroma yang menenangkan diri dari segala kecemasan. Ekstrak kelopak bunga mawar yang diserap di air panas ini juga memberikan efek tidur yang lebih dalam serta menenangkan. Kandungan flavonoidnya dikenal dapat mengurangi produksi hormon kortisol yang berkontribusi dalam peningkatan stres seseorang.


    (Baca Juga: 8 Sumber Antioksidan Alami Untuk Bikin Kulit Makin Glowing)


    Inilah jenis-jenis teh yang bisa bantu tenangkan dirimu dari rasa cemas dan stres akibat berbagai hal yang kamu lalui sepanjang hari. Semoga teh-teh herbal ini bisa berikan rasa tenang yang kamu cari.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below