8 Sumber Antioksidan Alami Untuk Bikin Kulit Makin Glowing


  • 8 Sumber Antioksidan Alami Untuk Bikin Kulit Makin Glowing
    Cukup konsumsi 8 makanan ini agar kulit tampak sehat bercahaya (Foto: Dok. Pexels/Any Lane)

    Kulit bercahaya adalah cerminan dari tubuh yang ternutrisi dengan baik. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memilih asupan yang punya efek positif bagi kesehatan kulit. Nah, antioksidan adalah salah satu komponen atau senyawa alami yang punya peran penting dalam menghambat proses oksidasi. Oleh karenanya radikal bebas dan reaksi berantai yang dapat merusak sel-sel organisme dalam tubuh dapat dengan mudah diatasi jika kandungan antioksidan dalam darah mencukupi.

    Oleh sebab itu, ada baiknya kamu mulai mengasup makanan dengan kandungan antioksidan tinggi agar racun-racun dalam tubuh bisa terminimalisir dan proses regenerasi sel bisa berlangsung dengan baik. Hasilnya, tak cuma penuaan dini yang bisa terhambat tapi kulit wajah pun akan semakin segar dan glowing setiap hari. Penasaran? Berikut adalah bahan-bahan alami tersebut:

    1. Tomat

    Selain kaya akan vitamin C, tomat juga termasuk sayuran yang paling tinggi kandungan antioksidannya untuk kulit! Ada kandungan lycopen yang amat sangat tinggi di mana lycopen ini bertugas untuk membentengi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Tak cuma itu, lycopen juga memiliki kandungan penting yang dapat membantu melawan sel kanker yang terhitung kritis sekalipun. 



    Tapiiii, hati-hati pada beberapa tipe tomat yang punya rasa asam, yaaa. Karena jika terlalu banyak memakannya, bukannya antioksidan tinggi yang kamu dapatkan melainkan zat asam berlebih pada perut yang bisa menimbulkan asam lambung, GERD, heartburn, dan masalah serius pada usus. Makan dalam jumlah yang wajar dan usahakan pilih yang manis, yaa..

    2. Delima

    Biasa dikenal dengan buah pome atau pomegranate, buah delima tak cuma enak dan segar saat dimakan tapi juga kaya akan vitamin C yang menyehatkan kulit sekaligus melindungi kulit dari serangan radikal bebas yang membahayakan. Nikmatilah buah delima dengan cara dijus, jadi topping untuk salad atau smoothie favoritmu, dibuat pudding, atau dimakan langsung begitu saja. Dimakan dengan cara apapun buah ini tetap enak! Sudah enak, sehat, bisa bikin kulit muka bercahaya lagi. Wah, kurang apaaa! You should reallly love this fruit with all your heart!


    (Baca juga: 5 Bahan Alami Paling Ampuh Untuk Cegah Penuaan Dini)

    3. Semangka

    Watermelon sugar hiiighhh... Watermelon sugar hiiighhh.. Hehehe.. Jangan malah nyanyi, ya.. Karena kamu harus bersyukur bahwa buah super segar yang di dalamnya terkandung 92% air ini sangat kaya akan antioksidan yang dapat membuat kulitmu halus, lembut, kenyal, dan terhidrasi dalam waktu yang bersamaan. Seperti halnya tomat, semangka juga punya kandungan lycopen yang berperan penting untuk tubuh. Jadi dengan mengonsumsinya secara teratur, maka kulitmu akan seluruhnya terproteksi dari ancaman penuaan dini, kanker kulit, dan juga kulit keriput. Woowww.. Eits.. tapi jangan terlalu banyak juga, lho. Karena kandungan gula dalam semangka sangatlah tinggi. Hati-hati diabetes!

    4. Alpukat


    (Semua suka alpukat! Foto: Dok. Pexels/Thought Catalog)


    Sangat enak dan banyak difavoritkan baik saat dimakan begitu saja atau dijadikan jus dan juga smoothie, alpukat nyatanya tak pernah absen dari daftar buah tersehat di dunia! Selain punya tekstur creamy yang memanjakan lidah, buah ini juga mengandung monounsaturated fats yang sangat berguna bagi kesehatan sel dan punya peran penting pula dalam meminimalisir risiko stroke dan penyakit jantung.

    Untuk kesehatan kulitmu, tentu alpukat juga sangat bagus karena kaya akan antioksidan, vitamin E, dan vitamin A. Semua ini diperlukan tubuh untuk menghidrasi kulit dan melindunginya dari ancaman paparan sinar ultraviolet. Tak cuma itu, alpulkat juga mengandung NMN yaitu komponen yang akan menghalau proses penuaan dini secara alami serta glutathione yang merupakan salah satu jenis antioksidan terkuat yang dapat menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan yang serius.

    5. Dark Chocolate

    Pencinta cokelat kini boleh bersenang hati karena ada alasan lain yang membolehkanmu makan cokelat bahkan sangat meyarankannya. Yup, dark chocolate will be your best friend forever! Berbahan dasar kokoa yang dapat menebalkan dan menghidrasi kulit secara bersamaan, kandungan yang ada dalam cokelat pekat atau dark chocolate akan meminimalisir kulit bersisik dan juga kasar. Lalu, kandungan tersebut juga bisa mereduksi sensitivitas kulit yang ditimbulkan oleh sunburn. Dikenal sejak lama, cokelat pekat juga terbukti dapat meningkatkan sistem sirkulasi darah sehingga peredaran nutrisi untuk kulit dapat ditransfer dengan baik.

    Tapi perlu diingat, pilih cokelat dengan kandungan kokoa minimal 70% yaa. Karena artinya asupan nutrisi dari kokoa akan lebih banyak diterima oleh tubuh dan kandungan gulanya sangat sedikit. Jadi takkan bikin kamu jadi gemuk, deehh. Aman banget untuk dikonsumsi saat sedang diet!

    6. Ubi


    (Enak dimakan, bagus buat bikin kulit glowing. Foto: Dok. Pexels/Kindel Media)


    Buat yang suka makan ubi rebus atau ubi bakar, beruntunglah kamu karena kamu akan banyak dapat asupan beta-karoten dan vitamin C yang akan dengan sangat mudah dikonversi oleh tubuh jadi antioksidan dan juga vitamin A. Kulitmu pun jadi kinclong!

    7. Teh Hijau

    Lalu, jika kamu ingin kulitmu happy dengan salah satu sumber antioksidan terbaik, maka teh hijau bisa kamu minum setiap hari saat bangun tidur, akan tidur, atau kala lelah luar biasa. Selain menghidrasi dan punya efek relaksasi, banyak nutrisi lain yang ada pada secangkir teh hijau. Seperti misalnya vitamin B3, EGCG, dan antioksidan tentunya. EGCG sendiri merupakan sebuah reaksi kimia alami yang bisa memaksimalkan kesehatan sel kulit. Jika kamu sesitif pada kafein, maka kamu bisa ganti minumanmu tiap hari dengan teh hijau sebagai pengganti kopi. Ssstt, bahkan dalam teh hijau terkandung sekitar seperempat kafein level, lhooo


    (Baca juga: Rekomendasi Produk Eksfoliasi Brand Lokal Yang Wajib Dicoba)


    8. Saffron

    Terakhir, ada putik bunga berwarna kuning yang biasa dikenal dengan nama saffron. Bahan alami ini SANGAT KAYA akan antioksidan yang senantiasa tubuhmu butuhkan. Cukup rendam 6 putik bunga dalam 1 liter air hangat dan didiamkan semalaman, minum pagi harinya dan badanmu akan terasa sangat segar setelahnya. Selain itu, kamu akan lebih mudah mengantuk dan kualitas tidurmu bakal jauh lebih baik karena somehow, saffron akan membuatmu tidur nyenyak. Selain itu, kandungan baik lainnya yang adalam putik bunga ini adalah terdapatnya crocin, crotecin, safranal, dan kaempferol yang juga baik bagi kesehatan. Namun jangan mengonsmsinya lebih dari 10 putik dalam 1 litar air, ya. Nanti kamu malah bisa kliyengan akibat asupan antioksidan yang kelewat tinggi.





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below