6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Yang Baik Bagi Kesehatan


  • 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Yang Baik Bagi Kesehatan
    6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet Yang Baik Bagi Kesehatan. (Foto: Dok. Denys Gromov/Pexels)

    Diet dilakukan demi menurunkan berat badan berlebih, yang mana selain membuat turunnya kepercayaan diri, berat badan berlebih juga kurang baik bagi kesehatan. Melakukan diet bisa dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengambil manfaat jeruk nipis untuk diet yang begitu baik untuk kesehatan.

    Seperti yang kita ketahui bahwa jeruk nipis sangat mudah ditemukan di pasaran. Buah ini mempunyai banyak sekali kandungan gizi baik yang bermanfaat, tapi jarang sekali yang mengkonsumsinya kecuali sebagai bahan tambahan dalam masakan.




    (Baca juga: Wow! Coba 7 Cara Diet Sehat dan Cepat Ini)


    Kamu bisa mengambil manfaat jeruk nipis untuk diet, tapi ketahui dulu penjelasan singkatnya di bawah ini kenapa kamu harus melakukan hal tersebut.

    1. Rendah Lemak

    Kandungan lemak yang ada pada jeruk nipis sangatlah rendah, sebab jeruk nipis sendiri punya vitamin C yang bisa dipakai untuk menurunkan berat badan. Selain itu, buah yang satu ini juga mempunyai kelebihan yakni bisa mengontrol kalori yang ada dalam tubuh.

    Sebab  sebuah studi mengungkapkan bahwa semakin banyak kamu konsumsi vitamin C, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar saat kamu melakukan aktivitas olahraga. Jadi tak heran bila sangat cocok digunakan untuk diet, tapi tetap harus memperhatikan juga pola hidup sehat yang kamu lakukan ya.


    2. Menyehatkan Jantung

    Antioksidan sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan arteri serta sistem peredaran pada darah, dan dalam jeruk nipis sendiri mempunyai kandungan antioksidan tersebut. Arteri mempunyai peran yang amat sangat penting, sebab ia memiliki tanggung jawab dalam hal membawa darah dari jantung ke organ lain.

    Untuk itu, menjaga kesehatan arteri memang hal paling penting yang harus kamu lakukan. Salah satunya ialah dengan mengonsumsi antioksidan yang terkandung dalam jeruk nipis.


    3. Sumber Nutrisi Yang Baik

    Selain antioksidan, dalam jeruk nipis juga terkandung nutrisi penting lainnya yaitu magnesium dan juga potasium. Sama halnya dengan antioksidan, kedua nutrisi penting ini juga sangat baik bagi kesehatan jantung. Namun selain dua nutrisi tersebut, ada juga kalium yang amat dibutuhkan dalam melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

    Magnesium ini sangat diperlukan supaya otot bisa bekerja dengan sangat baik. Bahkan ada pula kandungan limonoid yang berfungsi dalam meningkatkan kadar lemak sehat dalam darah.


    (Baca juga: Menu Makanan Diet Yang Cocok Untuk Pemula)


    Manfaat jeruk nipis untuk diet

    (Jeruk nipis memiliki banyak manfaat. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)

    4. Bisa Menunda Rasa Lapar

    Dalam buah jeruk nipis terdapat kandungan serat larut air dan juga serat tak larut, di mana hal ini bisa membuat tertundanya rasa lapar di perut. Jelas hal ini bisa membuat program diet yang kamu jalani semakin berhasil. Serat ini juga bisa menjadikan kamu kenyang tanpa adanya kalori berlebihan.


    5. Lancarkan Pencernaan

    Bermasalah dengan pencernaan memang hal yang sama sekali tidak menyenangkan. Itulah sebabnya, kamu bisa mengkonsumsi jeruk nipis karena adanya kandungan senyawa flavonoid dalam buah tersebut. Flavonoid ini mampu membuat produksi enzim dalam tubuh semakin meningkat, yang mana sangat diperlukan dalam hal mengurai makanan.

    Dengan pencernaan yang lancar maka tubuh tak perlu menimbun banyak racun atau sisa makanan. Sisa makanan yang tidak dikeluarkan dengan baik akan membuat perut dan juga pinggang melebar, sehingga kamu akan merasa sedikit lebih gemuk daripada biasanya.


    6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Pada Tubuh

    Seperti yang selama ini kita ketahui, bahwa ternyata jeruk nipis juga salah satu buah yang tinggi akan vitamin C. Hal ini menjadikannya sebagai buah yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang mana caranya dengan mempertahankan sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

    Ada banyak sekali manfaat jeruk nipis untuk program diet yang akan didapatkan, sementara itu cara penyajiannya juga sangatlah mudah. Kamu cukup mencampur perasan jeruk nipis dengan minuman seperti air hangat, dan kalau bisa jangan menambahkan gula sama sekali.

    Namun, bisa juga menambahkan sedikit gula jika memang belum terbiasa. Atau mencampurkannya dalam minuman jahe, infused water, dan sebagainya. Sangat gampang, dan pastinya mendapatkan bahan ini tak terlalu susah karena sudah tersedia di mana-mana.


    Itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk diet yang bisa kamu jadikan metode alami bila ingin menurunkan berat badan. Semoga bisa berhasil!


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below