7 Makanan Sehat untuk Jantung


  • 7 Makanan Sehat untuk Jantung
    7 Makanan Sehat untuk Jantung. (Foto: Dok. John Diez/Pexels)

    Banyak orang memahami pentingnya fungsi jantung bagi kehidupan manusia. Namun, tidak banyak yang memperhatikan kesehatan jantung. Padahal, sakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya, bahkan dapat berpotensi kematian.

    Menjaga kesehatan jantung sebenarnya tidak sesulit yang diperkirakan. Dengan menerapkan pola hidup sehat, kamu bisa menjaga performa organ vital tubuh manusia ini, seperti rutin berolahraga dan memakan makanan sehat untuk jantung.




    (Baca juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini)


    Bicara soal makanan, kamu perlu untuk memastikan kandungan gizi yang bermanfaat bagi jantung. Kamu juga tidak perlu khawatir, karena makanan-makanan tersebut dapat kamu dapatkan dengan mudah. Berikut adalah 7 jenis makanan sehat untuk jantung.

    1. Kacang almond

    Makanan Sehat Untuk Jantung

    (Almond. Foto: Dok. Keegan Evans/Pexels)

    Kacang-kacangan memang dikenal sebagai makanan yang bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Secara khusus, kacang almond memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan sterol, serat, dan lemak sehat bermanfaat untuk menjaga performa jantung. Selain itu, mengonsumsi kacang almond juga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.


    2. Sayuran hijau

    Makanan Sehat Untuk Jantung

    (Sayuran hijau. Foto: Dok. Laudia Tysara/Pexels)

    Khasiat sayuran hijau sudah tidak perlu diragukan lagi untuk kesehatan jantung. Bayam dan kangkung merupakan contoh sayuran hijau yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungan vitamin K dalam sayuran hijau dapat menjaga kesehatan arteri dan membantu peningkatan proses pembekuan darah.

    Dengan khasiat tersebut, sayuran hijau dipercaya sebagai makanan sehat untuk jantung karena dapat menurunkan risiko penyakit jantung.


    3. Tomat

    Makanan Sehat Untuk Jantung

    (Mengonsumsi tomat. Foto: Dok. Any Lane/Pexels)

    Makanan unik yang dapat dikonsumsi secara langsung sebagai buah atau dimasak menjadi sayuran ini juga dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan antioksidan pada tomat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang berbahaya bagi jantung. Antioksidan tersebut secara khusus dapat menurunkan risiko serangan jantung.

    Tomat merupakan makanan sehat untuk jantung yang dapat meningkatkan kadar likopen.


    4. Tahu

    Makanan Sehat Untuk Jantung

    (Mengonsumsi tahu. Foto: Dok. Polina Tankilevitch/Pexels)

    Makanan yang mudah ditemukan ini ternyata mengandung protein nabati dengan mineral, loh. Kandungan dalam tahu tersebut dapat membantu kesehatan jantung. Tahu dapat menjadi pilihan sebagai makanan sehat untuk jantung yang mudah ditemukan.


    (Baca juga: Selain Lari, Ini 5 Olahraga Yang Baik Bagi Kesehatan Jantung)


    5. Ikan tuna

    Ikan tuna merupakan salah satu lauk pilihan yang enak dan dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan omega-3 dalam ikan tuna bermanfaat untuk menjaga irama detak jantung dan menurunkan tekanan darah. Selain ikan tuna, kamu juga dapat mengonsumsi ikan makarel, sarden, dan ikan teri sebagai alternatif karena mengandung omega-3 yang dapat menjaga kesehatan jantung.


    6. Bawang putih

    makanan sehat untuk jantung

    (Bawang putih. Foto: Dok. Cats Coming/Pexels)

    Apakah kamu mengira bahwa bawang putih hanya digunakan sebagai bumbu masakan? Ternyata, bawang putih juga dapat menjaga kesehatan jantung karena manfaatnya yang dapat digunakan sebagai pengganti garam alami untuk membuat masakan semakin gurih.

    Kandungan garam dalam tubuh perlu untuk dikontrol karena asupan berlebih dapat meningkatkan tekanan darah. Bawang putih dapat menggantikan peran garam dan tidak mempengaruhi tekanan darah. Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa allicin yang dipercaya bermanfaat untuk memberikan efek terapeutik. Senyawa tersebut dapat menjaga kesehatan jantung.

    Ekstrak bawang putih juga telah diteliti dapat mencegah penumpukan trombosit yang berguna untuk mengurangi risiko pembekuan darah.


    7. Alpukat

    Makanan Sehat Untuk Jantung

    (Mengonsumsi alpukat. Foto: Dok. Ready made/Pexels)

    Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan tersebut dapat mengontrol kadar kolesterol yang berkaitan dengan kesehatan jantung. Mengonsumsi satu buah alpukat per hari terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

    Makanan sehat untuk jantung ini juga memiliki kandungan potasium yang penting bagi performa organ vital tersebut. Walaupun sudah mengonsumsi makanan sehat untuk jantung, kamu juga perlu untuk menghindari beberapa jenis makanan yang berbahaya bagi kesehatan jantung. Sebut saja seperti makanan tinggi lemak dan kolesterol, karbohidrat olahan, makanan cepat saji, dan makanan manis.

    Tidak hanya berbahaya bagi jantung, tapi juga tidak memiliki cukup gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Terkhusus bagi penderita penyakit jantung, mereka memiliki pantangan untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut.


    Nah, itulah tujuh makanan sehat untuk jantung. Selain mengonsumsi makanan sehat untuk jantung, kamu juga perlu mengimbangi dengan kebiasaan-kebiasaan sehat, seperti olahraga, istirahat yang cukup, dan menjaga pikiran dari stress. Terapkan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan jantung.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below