15 Cara Merawat Pakaian Putih


  • 15 Cara Merawat Pakaian Putih
    Berikut tips merawat pakaian berwarna putih agar tidak kusam (Foto:Dok/Freepik)

    Kesal melihat kemeja putih favorit kamu cepat dekil atau berubah menjadi kekuningan? Kamu tidak sendirian. Pakaian berwarna putih memang tidak bisa selamanya cemerlang seperti baru. Namun 15 cara mudah merawat pakaian putih berikut.


    (Baca Juga: 7 Tips Padupadan Busana Untuk Wanita Bertubuh Pendek)




    1. Pisahkan dari Baju Berwarna

    Pisahkan pakaian putih dari gerombolan pakaian lain yang berwarna, sebelum memasukannya ke mesin cuci. Sebaiknya pakaian putih dicuci terpisah agar tidak tercemar warna lain.


    2. Bersihkan Noda Segera

    Jangan tunggu 1-2 hari untuk menghilangkan noda yang mengotori pakaian putih kamu. Semakin cepat dibersihkan, semakin tinggi pula kemungkinan noda hilang sempurna. Bersihkan dengan cara merendamya terlebih dahulu di air hangat yang telah dicampur deterjen selama 30 menit-1 jam hingga kotoran bisa luruh. Kucek sebentar hingga noda hilang, lalu masukkan mesin cuci bersama pakaian yang lain.


    (Baca Juga: Ketahui 5 Cara Aman Belanja Baju Di Era New Normal)


    3. Larutan Pemutih

    Larutan pemutih dapat dengan ampuh mencerahkan koleksi pakaian putih. Pilih produk yang aman dan berkualitas baik agar tidak merusak bahan/tekstur pakaian. Martha Stewart menyarankan, rutin (1x sebulan) merawat pakaian putih dengan cara mencucinya dengan larutan pemutih. Jangan lupa perhatikan cara memakainya.


    4. Deterjen + Pemutih

    Jika larutan pemutih dirasa terlalu ‘keras’, pilih deterjen yang diperkaya dengan bahan pemutih. Aroma deterjen dengan kandungan pemutih tentu akan lebih segar dan lembut ketimbang larutan pemutih murni. Juga dapat dipakai untuk jenis pakaian lain yang tidak berwarna putih (pastel).


    5. Porsi Tepat

    Porsi penggunaan deterjen sangat penting diperhatikan. Bukan berarti deterjen berlebih akan membersihkan secara lebih efektif. Kelebihan deterjen dapat meningkatkan residu yang tertinggal di pakaian. Residu ini dapat membuat baju berwarna putih menjadi kekuningan. Intinya, jangan melebihi dan jangan pula kurang dari yang dibutuhkan. Selalu baca aturan pakai deterjen yang digunakan.


    (Baca Juga: 10 Tips dan Ide Mudah Merapikan Lemari Pakaian)


    6. Air Panas

    Air dengan suhu di atas 70 derajat Celcius lebih efektif menghilangkan noda atau kotoran di pakaian. Perlu diperhatikan label cara mencuci pakaian. Beda bahan, beda pula cara merawatnya. Hati-hati dengan bahan yang mudah menyusut, seperti katun, wol atau denim. Katun biasanya akan menyusut sebanyak 3% setelah dicuci.


    7. Jangan Overload

    Hindari memasukkan pakaian melebihi kapasitas mesin cuci. Kemampuan mesin dalam mencuci pakaian hingga bersih sempurna menjadi kurang optimal, termasuk koleksi pakaian berwarna putih.


    8. Hindari Cairan Pelembut (softener)

    Softener memang akan membuat cucian kamu lebih lembut dan wangi. Namun cairan pelembut pakaian ini meninggalkan lebih banyak residu yang akan terjerat di serat pakaian. Bahan berwarna putih amat sensitif terhadap residu ini, sehingga meninggalkan warna agak kekuningan.


    (Baca Juga: 8 Tips Agar Tampilan Kamu Lebih Menarik Di Zoom Meeting)


    9. Periksa Sebelum Masuk Mesin Pengering (dryer)

    Periksa lagi pakaian berwarna putih sebelum dipindahkan ke mesin pengering. Jika masih ada noda yang menempel, bersihkan dengan bantuan pemutih dan sikat lembut dan bersih. Noda pada bahan putih akan lebih sulit hilang jika telanjur masuk ke dalam dryer bersuhu panas.


    10. Jemur di Panas Matahari

    Sinar Ultra Violet (UV) yang terdapat dari matahari ternyata punya efek mencerahkan dan memutihkan pada bahan berwarna putih.


    11. Bersihan Mesin Cuci Secara Rutin

    Bahan warna putih akan mudah menyerap kotoran dari mana pun, termasuk dari mesin cuci itu sendiri. Oleh karenanya, jadwalkan melakukan pembersihan mesin cuci setidaknya 3 bulan sekali.


    12. Kondisi Air

    Periksa kondisi air di rumah dengan cara mengecek apakah ada bekas kemerahan/seperti warna karat di lantai dekat saluran pembuangan kamar mandi kamu. Bisa jadi, noda kekuningan pada bahan warna putih diserap dari air yang kualitasnya kurang bagus, atau mengandung tinggi logam. Dianjurkan untuk menggunakan filter yang dapat menyaring kandungan logam pada saluran air yang digunakan di rumah.


    (Baca Juga: Inspirasi OOTD Hingga Gaya Saat Bersepeda Dari Jessica Mila)


    13. Temperatur Setrika

    Jangan mengatur suhu setrikaan yang terlalu panas, untuk menghindari gosong atau bekas kekuningan pada pakaian warna putih.


    14. Simpan Dalam Plastik

    Pakaian berwarna putih yang lama disimpan di lemari sering berubah warna menjadi kekuningan. Simpanlah di dalam plastik untuk mencegah ini terjadi.


    15. Hanger Plastik & Kayu

    Hindari gantungan yang terbuat dari kawat karena berisiko karatan yang akan menodai pakaian putih kamu. Pilih gantungan berbahan plastik atau pun kayu.


    Itulah 15 cara merawat pakaian putih yang patut kamu perhatikan. Dengan melakukan tips di atas maka koleksi pakaian warna putih kamu menjadi lebih awet dan tidak cepat kusam dan kotor.




 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below