Life & health

10 Kebiasaan Yang Bisa Buat Gigi Kuning Dan Rusak

By : Hafizah Rana Dalilah - 2020-07-26 16:17:00 10 Kebiasaan Yang Bisa Buat Gigi Kuning Dan Rusak


Memiliki gigi yang sehat dan bersih kerap diinginkan oleh sebagian orang. Bahkan hal ini juga bisa meningkatkan rasa percaya diri saat bertemu dengan orang banyak. 

Namun sayangnya, kesehatan gigi jadi salah satu yang kerap kali terlupakan. Padahal, gigi juga membutuhkan perhatian yang sama dengan lainnya agar tetap sehat dan bersih tanpa noda. 

Banyak kebiasaan yang bisa membuatnya rusak dan berubah warna menjadi kuning dan keabu-abuan. Apa saja? berikut diantaranya hal yang bisa membuat gigi menjadi rusak.


(Baca Juga: Mengulik 8 Fakta Seputar Perata Gigi 'Clear Aligner')


1. Konsumsi air lemon terlalu banyak

Air lemon kerap jadi minuman yang menyegarkan namun kombinasi antara rasa asam dan gula yang dilarutkan bisa jadi masalah bagi gigi. Keasamannya bisa mengikis enamel gigi dan mengubah warnanya menjadi kuning.


2. Banyak minum teh hijau

Selain lemon, teh hijau juga salah satu minuman yang bisa membuat gigi tampak kuning dan kehitaman. Hal ini dikarenakan kandungan tannin di dalamnya yang bisa mengubah warna pada gigi. Untuk mencegahnya kamu bisa berkumur dengan air bersih setengah jam setelah mengonsumsinya.


(Baca Juga: Warna Gigi Makin Putih dengan Veneer)



3. Menggunakan obat kumur

Kebanyakan obat kumur mengandung komponen yang disebut chlorhexidine gluconate yang bisa menyebabkan perubahan warna gigi. Jika menggunakannya secara rutin bisa membuatnya bereaksi dan mengubah warnanya menjadi kuning, hinggal cokelat. Untuk menggantinya, cobalah obat kumur yang mengandung cetylpyridinium chloride.


4. Tidak menggunakan sedotan

Jus dan smoothie mungkin bagus untuk tubuh, namun belum tentu untuk gigi. Hal ini tergantung pada apa yang dicampurkan ke dalam minumanmu.

Biasanya apapun yang menodai pakaian dan sulit untuk dibersihkan, bisa menodai gigimu juga. Meskipun begitu, kamu bisa menghindarinya dengan cara menggunakan sedotan untuk menikmatinya.


(Baca Juga: 5 Faktor Penyebab Gigi Sensitif)


5. Konsumsi soy sauce

Soy sauce biasanya hadir disebagian besar makanan Asia. Sayangnya, kandungan natrium di dalamnya bisa buat warna gigi menjadi keruh dan menghilangkan warna putihnya.

Kamu bisa mencuci mulutmu setelah memakannya agar gigi tetap sehat dan tidak bernoda.


6. Buah berry

Manfaat buah berry buat tak ada alasan untuk melewatkannya. Selain lezat, kandungan antioksidan dan khasiatnya yang mampu melawan kanker buat ia semakin disukai.

Namun, buah ini juga memiliki pigmen warna yang bisa menempel pada enamel gigi dan buatnya ternoda. Untuk menghindarinya, kamu bisa berkumur setelah mengonsumsinya.


(Baca Juga: 10 Cara Menjaga Kesehatan Gigi)


7. Terlalu banyak konsumsi white wine

Red wine memiliki tannins dengan jumlah besar, tapi bukan berarti white wine lebih baik untuk dikonsumsi. Minuman ini memiliki sifat asal yang bisa mengikis enamel dan membuat permukaan gigi lebih rata sekaligus memudahkan pigmen untuk menempel.


8. Camilan asin

Camilan atau makanan ringan dengan kandungan tepung yang tinggi, bisa jadi alasan gigi menjadi bernoda. Bakteri yang ditemukan dalam plak bisa mengikis dan menodainya. Untuk itu pastikan selalu membersihkan sela-sela gigi dan berkumur-kumur setelah mengonsumsi makanan ringanmu.  


(Baca Juga: 5 Manfaat Lain dari Pasta Gigi)


9. Air di kolam renang

Jika kamu hobi dengan olahraga renang ada baiknya untuk menggunakan pelindung gigi saat berenang. Bukan tanpa alasan, cara ini bisa menjaga gigi dari noda yang sulit untuk dihilangkan.

Saat berenang, air di dalam kolam cenderung masuk ke dalam mulut, sementara air mungkin telah tercampur dengan bahan kimia yang mengolahnya agar tetap bersih. Oleh sebabnya, penting untuk menjaganya dengan menggunakan pelindung dan sikat gigi setelahnya.


10. Trauma gigi

Saat kamu mengalami kecelakaan yang buat gigimu patah, berdarah hingga tercabut hal ini bisa menyebabkan saraf dan trauma pada gigi. Dan salah satu efeknya, gigi bisa berubah warna menjadi abu-abu. 

Oleh sebabnya jika kamu senang berolahraga seperti sepak bola, rugby, hoki, dan lainnya, ada baiknya menggunakan pelindung mulut untuk melindungi gigi dari kemungkinan bahaya yang bisa terjadi.

Life & health