10 Cara Menjaga Kesehatan Gigi


  • 10 Cara Menjaga Kesehatan Gigi
    (Foto: Kiselev Andrey Valerevich/Shutterstock/Clickphotos)

    M

    enjaga kesehatan gigi sangat penting agar Anda tidak menderita saat makan di hari tua. Gigi yang digunakan setiap hari untuk mengunyah berbagai makanan harus dirawat agar awet dan masih bisa digunakan hingga masa tua nanti.

    (Baca juga artikel: Hati-Hati! Kebiasaan Ini Bisa Merusak Gigi)



    Hindari makanan dan minuman mengandung gula

    Makanan ataupun minuman yang mengandung gula memiliki asam yang dapat mengikis lapisan enamel gigi dan membuat gigi lebih rentan menjadi berlubang. Hindari minuman bersoda karena karena soda dapat meningkatkan tingkat keasaman.

    Rutin ke dokter gigi

    Pastikan Anda rutin mengecek kesehatan gigi Anda ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali atau lebih sering jika Anda mempunyai masalah pada gusi. Selain untuk membersihkan karang atau menambal gigi yang bolong, Anda juga dapat berkonsultasi tentang berbagai keluhan terhadap gusi Anda dan juga kawat gigi.

    Sikat gigi

    Rutin menyikat gigi minimal 2 kali sehari akan menjaga kesehatan dan kebersihan gigi Anda. Gunakan sikat gigi dan pasta gigi yang cocok untuk Anda agar tidak melukai gigi ataupun gusi Anda. Pastikan Anda menyikat gigi dengan benar agar efektif dan aman untuk gusi Anda.

    Makan makanan sehat

    Memakan makanan yang sehat akan memberikan tubuh Anda kandungan gizi baik yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Sayur, buah-buahan, kacang, gandum, dan produk yang mengandung susu sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan gizi yang akan mejaga kesehatan gigi Anda.

    Kumur setelah makan

    Selain menggosok gigi, berkumur setelah makan juga akan membersihkan sisa-sisa bakteri dan asam yang terdapat pada mulut. Mengunyah permen karet juga dapat menjadi alternatif selain berkumur.

    (Baca juga artikel: 3 Cara Alami Memutihkan Gigi Menjelang Pernikahan)

    Gunakan fluoride

    Salah satu bahan yang dapat Anda temukan pada pasta gigi atau obat kumur ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan gigi. Fluoride dapat membuat lapisan enamel pada gigi menjadi lebih keras sehingga akan mencegah gigi berlubang. Selain itu, teh juga merupakan sumber yang baik untuk mendapatkan fluoride.

    Berhenti merokok

    Jika Anda merupakan perokok aktif, pertimbangkan untuk berhenti merokok sesegera mungkin. Tembakau yang terkandung di dalam rokok dapat membuat resiko Anda terkena penyakit gusi dan kanker mulut menjadi lebih tinggi daripada orang yang tidak merokok.

    Gunakan dental floss

    Selain berkumur dan menyikat gigi, menggunakan dental floss yang merupakan benang untuk membersihkan gigi juga dapat menjaga kesehatan gigi Anda. Bersihkan gigi Anda dengan dental floss sehari sekali secara rutin.

    Merawat sikat gigi

    Sebagai alat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi Anda dan dipakai setiap hari, rawatlah sikat gigi Anda dengan baik. Bilas dengan baik setleah digunakan dan simpan di ruangan terbuka agar sikat gigi Anda tidak lembap dan menjadi sarang dari bakteri dan mikroorganisme. Segera ganti sikat gigi Anda jika sudah tidak efektif untuk digunakan.

    Minum air putih

    Selain sehat untuk tubuh, minum air putih sehabis makan juga akan menetralkan asam yang menempel di sela-sela gigi sehingga akan mencegah pengikisan serta akan membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di dalam mulut.

    Jangan mengertak gigi

    Hentikan kebiasaan mengertakan gigi ketika Anda sedang gemas atau kesal, karena kebiasaan ini merupakan salah satu penyebab gigi mengalami erosi dan menjadi lebih sensitif. Hindari juga menggigit benda-benda keras yang dapat merusak gigi.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below