Warna Gigi Makin Putih dengan Veneer



  • Veneer gigi adalah salah satu cara yang dapat Anda coba untuk mendapatkan tampilan warna gigi yang tampak putih, bahkan dengan bentuk yang lebih rapi terutama pada gigi bagian depan pada rahang atas.

    drg. Andy Wirahadikusumah, Sp.Pros dari Royal Smile Dental, Jakarta menjelaskan bahwa veneer dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu veneer direct dan veneer indirect. Proses pada veneer direct langsung dikerjakan di gigi pasien dengan menggunakan bahan resin komposit. Pengerjaannya hanya dalam satu kali kunjungan dan minim pengasahan gigi.



    Sedangkan untuk veneer indirect biasanya minimal tiga kali kunjungan dan bahan yang digunakan adalah lithium disilikat (sejenis porselen). Kunjungan pertama dilakukan pencetakan rahang dan pemilihan warna serta analisis bentuk dan warna gigi yang diinginkan pasien. Kunjungan kedua, dilakukan pengikiran gigi, dan pada kunjungan ketiga veneer sudah jadi dan dapat langsung dipasang pada gigi pasien.

    Menurut drg. Andy Wirahadikusumah, Sp.Pros, secara teori veneer dapat bertahan hingga 10-15 tahun, bahkan lebih jika dijaga dengan tidak makan yang terlalu keras serta kontrol rutin setiap satu bulan sekali. Kontrol rutin ini sangat penting untuk memeriksa kebersihan mulut pasien. Jika ada kerusakan atau mulai terjadi lubang, dapat terdeteksi dan ditanggulangi secara dini. Sehingga memperpanjang umur veneer tersebut.

     

    (FOTO: MATTEO SCARPELLINI/IMAXTREE)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below