Tips Membersihkan Topi Sesuai Bahan


  • Tips Membersihkan Topi Sesuai Bahan
    Tips membersihkan topi sesuai bahan. (Foto: Dok. Jude Stevens/Pexels)


    Berfungsi sebagai pelindung kepala dari teriknya sinar matahari atau rintikan hujan, topi memang menjadi salah satu benda yang wajib dimiliki oleh semua orang. Tidak hanya fungsional, topi juga dapat dimanfaatkan sebagai fashion item untuk menunjang penampilan agar terlihat lebih modis. Tak heran jika banyak artis yang mengenakannya ketika bepergian. 

    Ada banyak jenis topi yang tersedia di pasaran. Mulai dari topi baseball, fedora, boater, bowler, panama, bucket, beanie, baret, cowboy, hingga deerstalker yang identik dengan tokoh detektif fiksi terkenal Sherlock Holmes. 



    (Baca juga: 10 Cara Merawat Tas Agar Tidak Mudah Rusak & Tahan Lama)

    Jika tidak terlihat kotor, banyak orang yang lupa untuk mencuci topi miliknya. Padahal topi yang sering dipakai akan mengumpulkan banyak debu, minyak kepala, hingga kulit kering yang mengelupas. Layaknya sebuah pakaian, topi juga sebaiknya dicuci secara rutin. 

    Mencuci topi memang tidak semudah mencuci pakaian meskipun terbuat dari material yang sama sekalipun, karena topi memiliki bentuk dan dapat rusak jika sembarangan dimasukan ke mesin cuci begitu saja. 

    Selain itu, cara mencuci topi juga berbeda-beda, tergantung dari material yang digunakan untuk membuat topi. Mencuci topi bahan katun tentu berbeda dengan yang terbuat dari jerami. Selain itu, tidak semua memiliki label petunjuk mencuci.

    (Baca juga: 13 Tips Padupadan Busana Serba Putih Untuk Tampil Stylish)

    Jadi, bagaimana cara mencuci topi yang benar jika tidak memiliki label petunjuk? Simak tips mencuci topi berdasarkan bahan berikut ini. 


    Topi Bahan Katun

    Rendam topi dengan air dingin yang sudah diberikan deterjen selama 30 menit. Bilas dengan air keran yang dingin hingga seluruh sabun hilang. Keluarkan air berlebih yang menyerap ke topi dengan meletakkannya di atas handuk bersih dan tepuk lembut hingga seluruh tetesan hilang. Jemur topi agar mengering secara alami dengan angin.


    Topi Bahan Wol

    Rendam topi dengan air dingin yang sudah diberikan deterjen khusus untuk wol selama 30 menit. Deterjen tersebut akan mengurangi kemungkinan terjadinya perubahan warna atau kerusakan lainnya. Hindari juga penggunaan air hangat atau panas agar warna tidak luntur serta merubah elastisitas. 

    Bilas dengan air keran yang dingin hingga seluruh sabun hilang. Biarkan topi mengering secara alami dengan diangin-anginkan. Jangan memeras guna mencegah kerusakan.


    Topi Bahan Jerami

    Lepaskan ornamen dari topi jika ada. Bersihkan topi dengan sikat lembut untuk mengangkat debu dan kotoran. Lap dengan kain yang sudah dibasahi dengan air sabun hangat dan bilas dengan lap dengan kain yang sudah dibasahi dengan air bersih. Hindari mengelap topi hingga terlalu basah agar jerami tidak menyusut. 

    Gunakan bedak bayi untuk mengangkat noda minyak dan diamkan selama satu atau dua jam, bersihkan dengan sikat lembut. Untuk noda keringat, gunakan lap yang telah dibasahi dengan setengah sendok teh ammonia dan air untuk jerami berwarna gelap, atau setengah sendok teh hidrogen peroksida dan air untuk jerami berwarna terang.

    (Baca juga: 4 Tips Membersihkan Tas yang Berjamur)


    Topi Bahan Suede

    Bersihkan topi dengan sikat bahan nilon yang sedikit kaku. Gunakan penghapus pensil untuk menghilangkan noda kotoran. Hapus dengan sedikit tekanan dan gerakan memutar. Ampelas 120-grit dapat digunakan untuk membersihkan kotoran yang sudah berlapis dengan diusapkan secara lembut.

    Hilangkan noda minyak dengan menaburkan tepung jagung di atasnya dan gunakan sikat untuk membersihkannya. Jika noda membekas, gunakan white vinegar yang sudah dituangkan ke kain kering.


    Topi Bahan Kulit 

    Lap topi dengan kain yang sudah dibasahi dengan air. Oleskan sedikit sabun saddle ke spons atau kain bersih, kemudian lap pada topi dengan lembut dengan gerakan memutar searah jarum jam. Gunakan kain kering yang bersih untuk mengelap sisa sabun yang ada di topi jika menggunakannya terlalu banyak. 

    Berikan kondisioner untuk material kulit agar kulit tetap lembut dan fleksibel serta menghindari kemungkinan retak atau kerusakan lain akibat air atau sobekan. Biarkan topi kering secara alami selama satu hari penuh sebelum kembali digunakan.

    (Baca juga: Tips Membersihkan Sepatu Warna Putih)


    Topi Bahan Felt 

    Bersihkan topi dengan sikat lembut untuk mengangkat debu dan kotoran. Gunakan lint roller untuk mengangkat debu dan kotoran yang sulit terangkat. Bersihkan noda kotoran menggunakan gum eraser dengan dihapus secara perlahan atau semprotkan cairan penghilang noda kain dan lap dengan lembut.

    Noda minyak dapat diangkat dengan tepung jagung dan tunggu hingga menyerap selama 10 menit, bersihkan tepung dengan sikat lembut atau sedot menggunakan vacuum cleaner.





 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below