4 Tips Membersihkan Tas yang Berjamur


  • 4 Tips Membersihkan Tas yang Berjamur
    Tips membersihkan tas yang berjamur. (Foto: Dok. SplitShire/Pexels)


    Tampilannya yang khas, elegan, dan tak lekang oleh tren membuat banyak orang memilih tas berbahan kulit untuk dikenakan sehari-hari. Namun apabila kamu tak sengaja menyimpan tas ini di ruangan yang lembap dan basah, jamur dapat tumbuh di tas dan meninggalkan noda serta bau yang tidak sedap.

    Jika tas kulit yang kamu miliki terdapat banyak bercak-bercak bewarna putih yang menyebar, berarti tas tersebut sudah ditumbuhi jamur. Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan jamur yang menempel di tas.



    (Baca juga artikel: Cara Ampuh Membersihkan Noda Minyak pada Aksesori Kulit)

    1. Bersihkan dengan sikat berbulu lembut

    Bawalah tas ke luar ruangan agar tidak ada jamur yang berjatuhan di ruanganmu. Sikat bagian tas yang terkena jamur secara perlahan dan berulang kali dari arah atas ke bawah hingga bersih. 


    2. Mencuci tas berjamur dengan sabun khusus untuk kulit

    Usapkan sabun khusus pada bagian tas yang ditumbuhi jamur menggunakan lap kain bersih yang lembap sampai berbusa. Setelah jamur menghilang, bersihkan busa dengan lap kain lainnya. Jemur tas hingga mengering sepenuhnya.


    3. Gunakan cuka putih untuk mencuci tas

    Kandungan asam yang terdapat pada cuka dapat digunakan untuk membersihkan jamur yang menempel pada tas. Dengan komposisi perbandingan antara cuka dan air hangat yaitu 8 : 1, masukkan lap bersih pada larutan hingga basah. Gunakan sarung tangan lateks untuk mengusapkan lap pada bagian tas yang terkena jamur sampai jamur menghilang, kemudian cuci tas hingga bersih dan keringkan dibawah sinar matahari.

    (Baca juga artikel: Tips Membersihkan Sepatu Warna Putih)


    4. Memakai soda kue untuk membersihkan tas

    Pertama-tama jemurlah tas terlebih dahulu selama 24 jam. Kemudian taburkan soda kue untuk menutupi permukaan tas yang terkena jamur, lalu simpan di tempat yang kering dan gelap selama semalam. Ambil spons yang sudah dibasahi dengan air untuk menggosok jamur yang sudah ditaburi soda kue tersebut hingga jamur menghilang. Setelah itu, buang soda kue dan cuci tas sampai bersih. Jemur dan angin-anginkan tas hingga benar-benar mengering.  



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below