10 Cara Merawat Tas Agar Tidak Mudah Rusak & Tahan Lama


  • 10 Cara Merawat Tas Agar Tidak Mudah Rusak & Tahan Lama
    Cara merawat tas agar tidak mudah rusak. (Foto:Dok.Godisable/Pexels)


    Tas menjadi salah satu aksesoris yang paling sering digunakan. Selain berfungsi untuk menyimpang barang seperti kosmetik, handphone dan lainnya, item ini pula jadi pelengkap fesyen untuk tampil sempurna. Sehingga, jika tidak dirawat dengan baik, tas bisa mudah rusak dan tak bisa lagi digunakan.

    Agar tas tetap terlihat mewah dan awet, kamu patut untuk mengetahui cara merawatnya. Dengan menggunakannya secara bijak, tas perlu juga dibersihkan dan dilindungi dari debu dan benda-benda tajam. Jika bingung, berikut delapan tips merawat tas agar tidak mudah rusak.



    (Baca Juga: 4 Tips Membersihkan Tas yang Berjamur)


    1. Jangan Meletakkan Tas Di Lantai


    (Meletakkan tas dilantai bisa merusaknya.Foto:Dok.Adrienne Andersen/Pexels)

    Meletakkan tas di lantai bisa menjadi salah satu cara untuk membuat tas rusak dengan cepat. Hal ini disebabkan lantai memiliki banyak kuman dan suhu panas yang bisa merusak kulit. Sebagai pilihan lain, kamu bisa meletakkan tas di belakang kursi, di pegangan kursi atau di pangkuan. 


    2. Pegang Tas Saat Tangan Bersih


    (Memegang tas saat tangan bersih.Foto:Dok.Adrienne Andersen/Pexels)

    Bukan hanya saat makan, ketika memegang tas juga tangan harus dalam keadaan bersih. Hal ini menjadi alternatif agar tas terhindar dari minyak dan debu kasar yang bisa merusaknya.

    (Baca Juga: 8 Inspirasi Hadiah Tas untuk 'Hari Ibu' Di Bawah 2 Juta)


    3. Kenali Bahan Tas Anda


    (Kenali bahan tas Anda untuk membersihkannya.Foto:Dok.Ge/Pexels)

    Seperti pasangan, kamu juga perlu mengetahui bahan tas yang digunakan. Semakin kamu mengenalnya, akan semakin mudah pula memilih perawatan yang pas untuk tipe tas yang digunakan. Dan setiap bahan tas, memiliki cara pembersihan yang berbeda.


    4. Hindari Pembersihan yang Terlalu Berlebihan


    (Jangan berlebihan saat membersihkannya.Foto:Dok/Tallypress)

    Membersihkan tas terlalu sering juga bukan langkah yang baik untuk membuatnya tetap baik. Banyak produk pembersih yang terbuat dari bahan kimia, sehingga jika digunakan secara berlebihan bisa merusaknya. Jangan pula menggunakan air saat membersihkannya.

    (Baca Juga: 7 Tas Unik untuk Melengkapi 'Beach Look' Tahun Ini)


    5. Jangan Menyimpan Tas Tangan Tanpa Penutup atau Dukungan Bagian Dalam


    (Gunakan pelindung luar dan dalam pada tas Anda.Foto:Dok.Bruce/Pexels)

    Usahakan untuk menyimpan tas dengan penutup dan pelindung dalam, dan bukan berbahan plastik. Hal ini bisa jadi salah satu cara agar kulit dan bahan tas tidak rusak dan terkena benda tajam atau kotoran yang sulit dibersihkan. Biasanya, setiap tas memiliki lapisan yang aman untuk menyimpannya, jadi jangan sampai kamu membuangnya.


    6. Pastikan untuk Mengancingkan Zip dan Hindari Penumpukkan


    (Menggantung Tas Agar tidak mudah rusak.Foto:Dok.Stephanie/Pexels)

    Saat menyimpannya, kamu perlu memperhatikan apakah kancing tas telah terkunci atau belum. Jika terbuka, hal ini memungkinkan tas sulit untuk dikunci dan membuatnya mudah rusak. Hindari pula penyimpanan dengan cara ditumpuk. Gunakan gantungan agar sirkulasi udara membuatnya tetap awet.

    (Baca Juga: 10 Cara Mudah Merawat Tas, Baju dan Celana Favorit Kamu)


    7. Gunakan Pouch Dalam


    (Gunakan pouch tambahan di dalam tas.Foto:Dok.Jhong Pascua/Pexels)

    Lindungi bagian dalam tas dari hal-hal seperti tumpahan, terutama jika sering mengganti tas. Menambahkan pouch khusus seperti tas makeup, dan lainnya bisa menghindari barang yang mudah tumpah mengotori bagian dalamnya. Hal ini juga bisa jadi solusi untuk cepat memindahkan barang-barang saat kamu ingin berganti gaya. 


    8. Tukar Tas dari Waktu ke Waktu


    (Mengganti tas Anda setiap hari.Foto:Dok.Sanddollar/Pexels)

    Cara terbaik untuk menjaga tas terlihat seperti baru adalah menukar mereka dari waktu ke waktu! Semakin banyak menggunakan satu tas semakin mudah tas menjadi rusak. 




 
Advertisement - Continue Reading Below