10 Cara Mudah Yang Bisa Dilakukan Sebagai Aksi Peduli Bumi


  • 10 Cara Mudah Yang Bisa Dilakukan Sebagai Aksi Peduli Bumi
    Hari bumi jadi upaya untuk meningkatkan kesadaran untuk peduli lingkungan dan alam.(Foto:Dok.Pexels/Akil)

    Tanggal 22 April selalu diperingati sebagai Hari Bumi di dunia. Perayaan ini sebagai salah satu cara meningkatkan kesadaran untuk melindungi bumi tempat tinggal sejumlah mahluk hidup saat ini.

    Telah dirayakan sejak tahun 1969, Hari Bumi kemudian jadi hari penting untuk diperingati sejumlah masyarakan secara global. Cara merayakannya pun beragam adalah dengan mematikan lampu selama 1 jam, menanam pohon dan lainnya. 

    Kegiatan itu juga tak hanya jadi sekadar perayaan tapi juga sebagai aksi untuk melindungi bumi. Selain itu, untuk melanjuti kepedulian terhadap planet ini, mengubah gaya hidup dengan konsep ramah lingkungan juga bisa diterapkan. Lalu apa lagi? dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara lainnya yang bisa kamu lakukan sebagai aksi peduli bumi.



    (Baca Juga: Hari Bumi: 5 Aktivitas Traveling Peduli Lingkungan)


    1. Jadi relawan


    (Mengikuti kegiatan dan jadi relawan dalam aksi selamatkan bumi. Foto: Dok. Pexels)

    Berbagai cagar alam dan taman lokal kerap kali membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi merawat ragam tanaman yang ada di sekitar kita. Jika ingin menyelamatkan bumi, hal ini bisa jadi salah satu langkah untuk mewujudkannya.

    Selain berkontribusi nyata terhadap lingkungan, hal ini juga bisa menambah pengalaman dan pengetahuanmu untuk merawat lingkungan di tempatmu. Cobalah sesekali mengikuti training atau sukarelawan untuk aksi penyelamatan bumi.


    2. Buat gerakan

    Aksi yang tak banyak orang ketahui, tapi memiliki dampak besar untuk bumi adalah gerakan mengajak sejumlah orang untuk menjalani pola hidup yang ramah akan lingkungan. Di antaranya adalah menanam tumbuhan, mengurangi penggunaan plastik dan lainnya. 

    Kamu juga bisa menyuarakan hal ini lewat sosial media pribadimu. Cara ini bisa memudahkanmu untuk mengajak sejumlah orang untuk berpartisipasi untuk menjaga bumi.

    (Baca Juga: Saat Aksi Peduli Bumi bukan Sekadar Slogan)


    3. Hemat air

    United States Environmental Protection Agency memperkirakan bahwa manusia setidaknya menggunakan 340 liter setiap harinya untuk mandi, menyikat gigi dan lainnya. Dan sebetulnya jumlah ini bisa dikurangi dengan berbagai cara seperti mematikan air kala menyikat gigi, dan mengurangi penggunaan air dari kemasan. 


    4. Hemat listrik

    Selain hemat air, hemat listrik juga bisa jadi aksi untuk menyelamatkan bumi. Cobalah perlahan cara ini dengan menggunakan lampu yang tahan lama demi mengurangi emisi gas. Kemudian langkah lain, matikan lampu saat meninggalkan ruangan dan di siang hari.


    5. Berbelanja dengan bijak


    (Kurangi plastik, gantilah dengan shopping bag. Foto: Dok. Pexels/Andrea)

    Tanpa disadari saat berbelanja, penggunaan kantong plastik kian berlimpah untuk menampung semua barang yang telah dibeli. Dampak setelahnya, plastik jadi terbuang dan akan sulit terurai. 

    Untuk itu, salah satu langkah yang bisa diterapkan adalah dengan membawa kantong belanjamu sendiri. Berbagai label fashion pun kini telah meluncurkan reusable shopping bag yang unik untuk dipakai. 


    6. Pilih produk ramah lingkungan

    Bagian dari pengurangan plastik, mengubah gaya hidup menjadi pecinta alam bisa dengan memilih ragam produk yang ramah lingkungan. Di antaranya dalam menentukan makanan, minuman, busana hingga kosmetik.

    (Baca Juga: 7 Produk Kecantikan Zero Waste Yang Patut Dicoba)


    7. Kurangi, kembalikan, daur ulang

    Jika mungkin kamu terpaksa harus menggunakan kemasan yang tidak mudah terurai, maka cobalah untuk berkreasi dengannya. Pernah mencobanya?

    Kini banyak pengrajin tangan yang menggunakan material yang sulit terurai untuk menciptakan karya atau bahkan alat multifungsi. Namun, apabila kamu memiliki waktu yang minim untuk mendaur ulang, cobalah untuk mengembalikan kemasan sebagai langkah mengurangi sampah yang merusak alam.

     

    8. Bercocok tanam

    Penghijauan bisa dimulai dari rumahmu sendiri. Apabila tidak memungkinkan untuk menanam pohon-pohon besar di area tempat tinggalmu, kamu bisa bercocok tanam berbagai tumbuhan hijau di sekitarnya. 

    Pohon dan tumbuhan menghasilkan oksigen yang baik untuk manusia sekaligus alam. Mereka juga bisa membantu membersihkan udara dan mencegah perubahan iklim.


    9. Pakai transportasi umum

    Menggunakan sarana transportasi umum bisa jadi salah satunya untuk aksi menyelamatkan bumi. Bagaimana bisa?

    Ketika banyak kendaraan yang berlalu lalang, maka semakin banyak juga karbon dioksida dan asap yang mengandung kimia yang tak hanya mengganggu kesehatan, tapi juga alam. Oleh sebabnya, manfaatkanlah ragam transportasi umum seperti MRT, LRT, bus dan lainnya yang bisa menampung kapasitas jumlah manusia secara banyak untuk mengurangi polusi.


    10. Donasi


    (Berdonasi untuk kepedulian lingkungan. Foto: Dok. Pexels/Burst)

    Langkah terakhir yang bisa dilakukan sebagai aksi penyelamatan bumi adalah dengan berdonasi pada acara atau pun kegiatan yang bertujuan untuk bumi. Dengan begitu, kamu juga sudah jadi bagian dari kontribusi dalam gerakan melindungi alam dan planet tempat kamu tinggal saat ini.

    Itu dia sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bumi saat ini! Manakah yang telah kamu terapkan dalam hidupmu?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below