Hari Bumi: 5 Aktivitas Traveling Peduli Lingkungan


  • Hari Bumi: 5 Aktivitas Traveling Peduli Lingkungan
    Lima tempat dan aktivitas yang diyakini dapat menimbulkan kesadaran peduli lingkungan, dan bisa jadi pilihan untuk dikunjungi tahun ini. (Foto: Dok/Pexels.com)


    Peringatan Hari Bumi yang jatuh setiap 22 April menjadi momen untuk menumbuhkan kesadaran akan kebiasaan dan aktivitas yang ramah lingkungan. Tak hanya dimulai dengan menghemat air, atau mengurangi polusi udara, tapi juga bisa saat bepergian atau traveling. 

    Baru-baru ini, platform booking layanan travel online Klook mengkurasi sejumlah aktivitas yang eco-friendly dan sustainable dari beberapa daerah di Asia. Dari mulai tur sehari di Mount Purro Nature Manila hingga kebun binatang Khao Kheow di Thailand. 



    Dari laporannya itu, berikut lima tempat dan aktivitas yang diyakini dapat menimbulkan kesadaran peduli lingkungan, dan bisa jadi pilihan untuk masuk dalam must-visit tahun ini: 

    (Baca juga:  Saat Aksi Peduli Bumi Bukan Sekadar Slogan) 


    1. Manila - Mount Purro Nature Reserve Day Tour in Antipolo



    Berada di kawasan Sierra Madre Mountain Range, Mount Purro Nature Reserve menjadi tempat rileks yang tepat buat menghilang sejenak dari kesibukan dan riuh perkotaan. Bekerjasama dengan MPNR Foundation, setiap kunjungan ke sini berarti turut berkontribusi dalam upaya rehabilitasi Upper Marikina Watershed dan memberdayakan suku asli Dumagat. 

     


    2. Laos - Pha Tad Ke Botanical Garden Half Day Tour



    Taman botani pertama di Luang Prabang ini didedikasikan juga untuk konservasi tanaman dan pertanian yang sustainable. Berada di kawasan hijau, buat kamu pencinta alam akan mendapati suasana yang menenangkan dengan aneka flora di Pha Tad Ke Botanical Garden.



    3. Thailand - Khao Kheow Open Zoo



    Bagi pencinta binatang dapat mengunjungi kebun binatang pertama Thailand, yang juga menjadi rumah bagi 8.000 binatang dan lebih dari 300 spesies, yang hidup di dunia tanpa kandang dan alam terbuka. Dengan tiga kunci utamanya yakni konservasi, penelitian dan pendidikan, Khao Kheow berkomitmen juga untuk menyediakan lingkungan di mana para pengunjung baik dewasa dan anak-anak dapat mengalami dan sekaligus belajar akan kehidupan satwa di alam bebas. 


     

    4. Laos - Laos Buffalo Dairy Private Half Day Tour



    Tur di Laos Buffalo Dairy memberi pencerahan akan bagaimana sebuah industri keju juga turut berkomitmen dalam menjaga lingkungan. Tur ini memberi penjelasan lebih jauh mengenai apa yang dilakukan organisasi nirlaba terhadap masyarakat di sekitarnya. 


     

    5. Manila - Nurture Farmacy Interactive Farm Experience in Tagaytay

    Menjadi salah satu destinasi eco-friendy di Asia, kamu juga dapat menyaksikan bagaimana pertanian dengan konsep peduli lingkungan dan berkelanjutan. Di Nurture Farmacy Interactive Farm Experience, kamu dapat menyaksikan hubungan antara anatomi manusia dan tanaman obat, serta bagaimana proses membuat pupuk dan pestisida organik. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below