Life & health

Rekomendasi Buku Untuk Membuatmu Rileks Selama Di Rumah Saja

By : Rahman Indra - 2020-04-04 17:42:00 Rekomendasi Buku Untuk Membuatmu Rileks Selama Di Rumah Saja


Lagi aksi ‘di rumah saja’ untuk karantina diri selama pandemi virus corona, tapi belum ada bekal buku bacaan? Atau sudah melahap semua buku yang ada di rumah?  

Kamu enggak sendiri, karena membaca buku kini bisa jadi pilihan untuk membuat hari-hari tak membosankan selama menjalani self-isolation. Buku bacaan yang membuat lebih rileks tentunya, karena ini bisa jadi sama serunya dengan menonton beberapa seri drama Korea dalam satu hari. 

Buku-buku yang bercerita akan cinta, persahabatan, keluarga, atau hal-hal yang diluar ekspektasi. Ini menambah wawasan sekaligus memberi hiburan tersendiri, karena membuat tertawa, menangis, kesal, dan gemas ketika menyelesaikannya.

Dirangkum dari daftar best-seller dan pilihan situs toko buku online, berikut rekomendasi buku yang bisa membuat kamu rileks selama menghabiskan waktu di rumah saja saat ini: 

(Baca Juga: 7 Rekomendasi Buku Menarik Untuk Liburan Akhir Pekan)


1. The Architecture of Love 

Karya Ika Natassa ini, seperti karyanya yang lain, menyuguhkan kisah cinta yang menggemaskan. Kali ini, ‘The Architecture of Love’ mengisahkan Raia sebagai tokoh utama, seorang penulis yang mengalami writer’s block atau kebuntuan ide. Ia memutuskan untuk pergi ke New York demi bisa kembali menulis dan menemukan ide. Siapa sangka di sana ia bertemu seorang pria bernama River. Pertemuan tak sengaja dan kesamaan nasib mencari inspirasi di salah satu kota terbersa di dunia ini membuat hubungan keduaya menjadi dekat. Hal-hal kecil yang hadir diantara Raia dan River membuat buku ini menjadi asyik untuk dibaca sampai halaman terakhir. 


2. The Book of Forbidden Feelings 

Buku Lala Bohang selalu menghadirkan banyak pertanyaan sekaligus juga kejutan. Di beberapa kalimat atau kutipan akan membuat diri merasa terwakili. Begitu juga dengan ‘The Book of Forbidden Feelings’. Di sini, ia mengungkap sisi gelap kehidupan seseorang, di mana akan membuat kita menyadari bahwa ada banyak kepalsuan yang secara tidak sadar pernah kita lakukan. Beberapa bagian dalam novel ini juga akan membuat pembacanya menyadari bahwa setiap orang bisa jadi pernah melakukan dan merasakan hal yang sempurna.

(Baca Juga: Buku yang Wajib Dibaca Untuk Menjadi Istri Lebih Baik)


3. Friend Zone 

Dari judul dan sampulnya, novel karya Vanesa Marcella ini sudah membuat diri tersenyum sendiri. Siapa yang enggak pernah merasakan berada di friend-zone, atau menyukai seseorang tapi dianggap hanya teman? Buku ini mengisahkan Abel, seorang gadis tomboi yang memendam rasa pada sahabat baiknya sendiri, David. David tak pernah tahu Abel memiliki rasa padanya. Ia hanya merasa nyaman saat bersama Abel dan merasa tak perlu sedikit pun untuk menjaga imej di hadapannya. Bagaimana dan sejauh mana Abel akan bertahan dan memendam rasanya terhadap David? Di bagian inilah buku ini membuat penasaran. 


4. Sebuah Usaha Melupakan 

Ditulis Boy Candra, novel ini juga bercerita akan kisah cinta, tapi jarak jauh atau long distance relationship. Sudut pandang Aku sangat mencintai pasangannya, dan penuh harap. Namun, yang indah itu tak bertahan lama kala ia mengetahui pasangan yang ia cintai berkhianat. Aku menjadi seorang pembenci dan kasar. ‘Sebuah Usaha Melupakan’ bisa jadi buku yang mengulik kisah cinta dengan cara yang tak biasa. 


5. Tak Ada New York Hari Ini 

Buku berisi kumpulan puisi karya Aan Mansyur ini bisa dibaca ulang bolak-balik, karena tidak akan membosankan. Lewat ‘Tak Ada New York Hari Ini’, Aan bermain-main dengan kata-kata sederhana tapi penuh makna. Beberapa di antaranya bisa jadi kutipan yang akan menginspirasi untuk dikirim ke pasangan, atau orang terdekat. Menuntaskannya juga bisa dengan ditemani menonton ‘Ada Apa Dengan Cinta 2?’, di mana Rangga membacakan beberapa kutipan dari buku ini. 

(Baca Juga: Peluncuran Buku Interupsi Nova Riyanti Yusuf)


6. Angan Senja Senyum Pagi 

Banyak hal menarik dari karya Fahd Pahdephie ini. Kisah antara Angan dan Pagi yang terpisah jarak. Ketika keduanya dipertemukan, Angan pun kehilangan kata-kata. Fahd telah menerbitkan sejumlah buku, dan ‘Angan Senja Senyum Pagi’ bisa jadi awalan untuk masuk dan mengenal dunia penulisannya yang unik. Membayangkan judulnya saja sudah membuat penasaran untuk masuk ke dalam kisah yang ditulisnya. 


7. Konspirasi Alam Semesta 

Selain menyanyi, Fiersa Besari juga menulis beberapa buku yang menarik untuk dibaca. ‘Konspirasi Alam Semesta’ adalah salah satunya. Buku ini memuat kisah cinta antara Ana dan Juang yang menghadapi banyak rintangan dan dilema seperti halnya yang dirasakan banyak orang. Menuntaskan buku ini akan membuat kamu ingin membaca karya Fiersa lainnya. 

(Baca Juga: 10 Penulis Perempuan yang Buku-bukunya Menginspirasi)


8. Sunny Everywhere 

Ditulis Sunny Dahye, youtuber asal Korea yang popular dan memiliki jutaan subscriber. Lewat buku ini, ia menuliskan kisah hidupnya yang tak tersorot kamera. Ada perjalanan panjang yang ia lewati hingga bisa dibilang sukses seperti saat ini. Dari mulai kondisi keluarganya, kepindahan ke Indonesia, kesulitan mencari universitas untuk melanjutkan studinya, serta bagaimana ia akhirnya memutuskan untuk memulai bikin video di YouTube. Menarik untuk diikuti dan melihat dari sudut pandang yang berbeda. 


9. Guru Aini 

Karya terbaru penulis Andrea Hirata (Laskar Pelangi, Sang Pemimpi) ini masuk ke empat besar best-seller awal tahun 2020. ‘Guru Aini’ disebut-sebut sebagai prekuel dari novel yang sudah terbit lebih dulu berjudul ‘Orang-Orang Biasa’. Buku ini bercerita tentang Ibu Guru Aini yang bertahan dengan idealismenya untuk menjadi seorang guru Matematika. Seperti karya Andrea lainnya, ada muatan kritis terhadap sosial politik di dalamnya, tapi dalam penyampaian yang menarik untuk diikuti. 


10. Kamu Terlalu Banyak Bercanda 

Usai ‘Generasi 90-an’, dan ‘Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini’, Marchella FP mengeluarkan ‘Kamu Terlalu Banyak Bercanda’. Seperti tulisan-tulisannya yang renyah, didominasi kata-kata yang dalam penuh makna, buku ini bisa jadi juga akan menohok dengan cara yang berbeda. Membuat diri tersenyum simpul sendiri karena merasa terwakili. 

(Baca Juga: 5 Buku Wajib Baca untuk Para Pencari Kerja)


11. Srimenanti 

Lebih dikenal sebagai penulis puisi, ‘Srimenanti’ adalah novel perdana Joko Pinurbo. Di sini ia menuliskan kisah yang unik, dengan permainan kata yang juga tak kalah puitisnya. Seperti kutipan berikut ini, “Saya pernah ditanya wartawan, ‘Lukisanmu termasuk aliran apa?’ Saya malas dan tidak tertarik menjawab pertanyaan semacam itu. Saya tidak tertarik pada label. Hari-hari ini kegemaran bermain label kembali merajalela dan banyak orang lupa atau tidak menyadari bahayanya. Diam-diam saya jeri menanggung beban yang diakibatkan oleh permainan label dan stigma. Namun, bagaimanapun saya mencintai hidup ini. Di saat-saat rentan hati, ingin rasanya saya pergi mengasingkan diri. Pergi jauh ke sebuah pelukan dan berlabuh di bahu seseorang, tetapi pelukan siapa, bahu siapa?”


12. Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa 

Ditulis Alvi Syahrin, buku ini menggelitik dari judulnya, yang seolah mempertanyakan, bagaimana ‘Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa? Ya, nggak apa-apa, juga bukan? Dengan pilihan kata dan cerita yang disuguhkannya, buku ini mesti dibaca saat santai tanpa harus diburu-buru waktu. Bahwa seseorang mestinya sadar bahwa hidup adalah tentang berusaha sebaik-baiknya, kalaupun jatuh bangkit lagi dan tak berhenti percaya bahwa segala perjuangan tak akan sia-sia. Cari kebahagiaan menurut standar kamu sendiri, tanpa mengikuti kriteria umum. Benar, bukan? 

(Baca Juga: 7 Hal Menarik Seputar Peringatan 'Hari Buku Nasional')


13. Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982

Pernah ditayangkan di bioskop beberapa waktu lalu, buku yang ditulis Coo Nam-Jo ini menarik untuk diikuti. Bisa jadi imajinasi kamu akan berbeda dari apa yang sudah dihadirkan di film. Mengisahkan Kim Je Yeong, anak perempuan yang menghadapi banyak tantangan sepanjang hidupnya. Dari mulai terlahir dalam keluarga yang mengharapkan anak laki-laki, menjadi bulan-bulanan para guru pria di sekolah, dan menjadi pihak yang disalahkan ayahnya ketika ia diganggu anak laki-laki dalam perjalanan pulang dari sekolah di malam hari. Beranjak dewasa, Kim Ji-yeong juga diperlakukan sebagai mahasiswi yang tidak pernah direkomendasikan dosen untuk pekerjaan magang di perusahaan ternama, karyawan teladan yang tidak pernah mendapat promosi, dan istri yang melepaskan karier serta kebebasannya demi mengasuh anak. Buku ini memuat kisah sedih, tapi juga perjuangan yang membebaskan. 


14. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas 

Ditulis Eka Kurniawan, buku ini kabarnya akan diangkat ke layar lebar. Seperti karya Eka sebelumnya yang penuh dengan kejutan, ‘Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas’ juga tak kalang mengejutkannya. Dari mulai pilihan kata, alur hingga caranya mengakhiri cerita. Di buku ini, kisah bermula dari satu peristiwa, “Dua orang polisi memerkosa seorang perempuan gila, dan dua bocah melihatnya melalui lubang di jendela. Dan seekor burung memutuskan untuk tidur panjang. Di tengah kehidupan yang keras dan brutal, si burung tidur merupakan alegori tentang kehidupan yang tenang dan damai, meskipun semua orang berusaha membangunkannya.” Tertarik untuk menuntaskannya? 

(Baca Juga: Peluncuran Buku Selling is Simple karya Alvin Soedarjo)


15. Second Chance 

Bacaan MetroPop bisa menjadi pilihan untuk bersantai sembari senyum sendiri. Seperti yang dituliskan Flara Deviana lewat ‘Second Chance’. Seperti judulnya, buku ini mengisahkan akan kesempatan kedua yang dijalani tokoh utamanya, yakni Flavia. Di tengah kondisi keuangannya yang payah, ia mendapat tawaran kerja sebagai pengasuh sepasang anak kembar dengan bayaran tinggi. Pekerjaan ini mempertemukannya dengan majikan Raynaldi duda pengacara yang berparas dingin, dan galak sebagai ayah dari anak yang diasuhnya. Flavia dan Ray mendapat kesempatan kedua untuk memperbaiki kehidupan mereka. 


16. Little Women 

Karya klasik ini baru saja difilmkan dan membaca buku aslinya bisa jadi memberi imajinasi yang berbeda. Ditulis Louisa May Alcott pada abad ke-19, buku ini mengisahkan tentang kehidupan empat bersaudari pada suatu masa di Concord, Massachusetts, AS. Mereka adalah Meg si sulung yang bijak, Jo si tomboi yang sangat mencintai buku dan sastra, Beth pendiam yang begitu berbakat memainkan piano, dan Amy, si bungsu yang ceplas ceplos yang berbakat melukis. Hari-hari mereka sederhana, tapi dilingkupi kehangatan. Cinta hadir lewat sosok Laurie, yang ikut serta dalam setiap petualangan keempatnya. Little Women menghadirkan kisah yang sarat akan kebahagiaan dan juga kesederhanaan, serta inspiratif. 


17. Poemsia 

karya karya Lang Leav selalu menjanjikan untuk dinikmati. Dari mulai ‘Love and Misadventure’, ‘Memories’, ‘Sea of Strangers’, hingga ‘Love Looks Pretty On You’, dan yang baru-baru ini diluncurkan ‘Poemsia’. Di novel ini, Leav mengisahkan akan sosok yang bisa jadi menyerupai kisah hidupnya sendiri. Adalah Verity, perempuan berusia 19 tahun yang suka menulis puisi, tapi pemalu. Ketika sahabatnya menantang ia untuk menerbitkannya, ia meraih sukses. Namun, tantangan lain hadir dari persahabatan dan kisah cintanya. Buku ini memuat banyak kata-kata sarat makna yang bisa dikutip dan jadi inspirasi. 

(Baca Juga: Deretan Penyair Wanita Dan Karyanya Yang Menyentuh Hati)


Daftar Situs Beli Buku Online 

Di tengah masa karantina mandiri, dan di rumah saja, kamu bisa membeli buku lewat online. Berikut beberapa daftar situs toko buku online yang bisa kamu pilih sesuai buku yang kamu sedang cari dan inginkan. Beberapa di antaranya juga menawarkan promo menarik yang bisa kamu pilih. 


1. Gramedia.com 

2. Bukabuku.com 

3. Bukukita.com 

4. Tokopedia.com

5. Mizanstore.com

6. Periplus.com 

7. Bukupedia.com 

8. Lazada.co.id

9. Shopee.co.id

10. Bukalapak.com


Daftar Situs Komunitas dan Bacaan Online 

Membaca tak hanya dari buku tentunya. Kini juga ramai blog dan komunitas online yang menghadirkan bacaan, mulai dari cerpen, puisi, cerita bersambung dan juga novel, seperti Wattpad yang kini popular. Di luar itu, juga ada beberapa situs lainnya yang bisa kamu coba buka dan temukan. 


1. wattpad.com 

Ini merupakan sebuah komunitas online bagi para penulis dan pembaca. Selain membaca karya orang lain yang terdapat di posting-an di dalamnya, kamu juga bisa menulis ceritamu di sini. Beri komentar dan juga votevote untuk tiap bacaan.


2. cerpenmu.com

Sebuah komunitas penulis cerpen Indonesia, di mana setiap orang bisa mempublikasikan cerita pendek karangannya sendiri. Di sini terdapat sekitar 40 kategori cerita pendek yang dapat diakses. Para penggunanya juga bisa mengirimkan feedback berupa rating untuk tiap cerpen tersebut. 


3. storial.co

Merupakan sebuah platform bagi penulis untuk mengunggah ceritanya dalam format buku. Situs ini memperbolehkan penulisnya mengunggah bab per bab dari bukunya, dan terhubung dengan penulis lain atau pembacanya. Siapa tahu bisa berkolaborasi di masa mendatang.

Life & health