8 Tipe Kecerdasan Yang Harus Diketahui, Kamu Yang Mana?


  • 8 Tipe Kecerdasan Yang Harus Diketahui, Kamu Yang Mana?
    Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan di hal yang berbeda. Ini wajar karena ternyata ada 8 tipe kecerdasan yang dimiliki seseorang. (Foto: Dok. Andrea/Pexels)

    Pernahkah kamu menyadari ada orang yang lebih jago di bidang menghitung, ada juga yang lebih lihai memainkan musik. Semua orang memang punya kelebihan dan kekurangan di bidang masing-masing. Ternyata, hal ini disebabkan oleh tipe kecerdasan seseorang yang berbeda-beda pula. Jadi, tipe manakah kamu?


    1. Visual




    (8 Tipe kecerdasan seseorang. Foto: Dok. Giphy)

    Kamu lebih tertarik pada buku yang didominasi gambar dibanding tulisan. Kamu juga lebih mudah menangkap data dalam bentuk visual seperti infografis dan video. Kamu juga cenderung senang atau justru punya keahlian dalam menggambar, melukis, dan membuat seni visual. Gaya belajarmu biasanya didominasi oleh penggunaan elemen visual seperti video, gambar, peta, dan grafik.



    2. Kinestetik


    (8 Tipe kecerdasan seseorang. Foto: Dok. Giphy)


    Kamu senang memanfatkan kemampuan dan interaksi secara fisik lewat gerakan tubuh dan koordinasi. Kamu cenderung jago dalam bidang olahraga atau tarian. Kamu juga senang membuat berbagai kerajinan tangan serta mudah mengingat hal-hal yang dilakukan sendiri dibanding hanya mendengar atau melihat dari orang lain. Intinya, kamu baru bisa memahami suatu hal saat mencobanya secara langsung.


    (Baca Juga: 10 Lagu Ghibli Pilihan Untuk Membuatmu Betah Kerja Dari Rumah)


    3. Auditori


    (8 Tipe kecerdasan seseorang. Foto: Dok. Giphy)


    Kamu punya kemampuan untuk mengingat informasi yang disampaikan secara lisan. Biasanya, orang tipe ini suka bernyanyi dan bermain musik, juga mudah mengenali pola nada dan bunyi. Kamu jago mengingat lagu dan alunan melodi. Uniknya, kamu justru lebih bisa memahami suatu pekerjaan jika dilakukan sambil mendengarkan musik.



    4. Verbal


    (8 Tipe kecerdasan seseorang. Foto: Dok. Giphy)


    Kamu lebih banyak memanfaatkan penggunaan bahasa, baik lisan atau tulisan. Kamu suka membaca dan menulis serta paling berbakat dalam public speaking. Tutur bahasamu yang baik membuatmu punya kemampuan lebih untuk bernegosiasi atau berdebat. Kamu juga tertarik untuk belajar bahasa-bahasa baru. Biasanya orang-orang tipe ini bisa mengerti lebih dari satu bahasa.



    5. Logika


    (8 Tipe kecerdasan seseorang. Foto: Dok. Giphy)


    Kamu punya keahlian untuk mengolah data dalam bentuk angka menjadi sebuah informasi dan analisa yang baik. Tentunya hal ini disebabkan karena kamu punya kemampuan analisa yang tajam. Kamu senang bereskperimen dengan hal-hal yang berbasis science, sekaligus mahir menyelesaikan masalah kompleks yang melibatkan hitung-hitungan. Kamu juga selalu berpikir berdasarkan fakta ilmiah. Biasanya, orang seperti ini paling sulit memercaya berita hoax.


    (Baca Juga: Cara Kelola Amarah Menurut Ahli Meditasi)


    6. Sosial


    (8 Tipe kecerdasan seseorang. Foto: Dok. Giphy)


    Orang dengan tipe kecerdasan ini lebih mudah berinteraksi dengan orang lain dan sangat tertarik dalam kegiatan komunikasi. Memiliki kemampuan komunikasi verbal dan non-verbal yang baik, serta mampu melihat satu kondisi dalam berbagai perspektif sehingga wajar rasanya kalau kamu jadi orang yang paling bisa memecahkan masalah dalam grup. Hubungan yang kamu jalin dengan orang lain pun mostly positif.



    7. Soliter


    (8 Tipe kecerdasan seseorang. Foto: Dok. Giphy)

    Bisa memotivasi diri untuk jadi pribadi yang mandiri. Kamu memang terbiasa untuk tidak bergantung pada seseorang atau kelompok lain. Kamu mampu mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri serta senang menghabiskan waktu untuk refleksi demi mengenal lebih dalam soal karaktermu. Kamu juga mampu mengendalikan emosi dan paham akan tujuan serta keinginan yang ingin dicapai.


    (Baca Juga: 7 Manfaat Berlibur Ke Pantai Untuk Kesehatan)



    8. Naturalis


    (8 Tipe kecerdasan seseorang. Foto: Dok. Giphy)

    Kamu sangat antusias mengikuti berbagai macam hal yang berkaitan dengan alam. Mulai dari kegiatan seperti berinteraksi dengan hewan atau tumbuhan, hingga aktivitas di alam terbuka. Selain itu, kamu juga cenderung tertarik dengan pelajaran seperti biologi, zoologi, botani, atau sejenisnya. Biasanya, orang dengan tipe kecerdasan ini juga gemar berkebun, naik gunung, atau berkemah. Pokoknya jiwa petualangnya sangat tinggi.


    Sebenarnya, satu orang bisa saja memiliki campuran dari beberapa tipe di atas. Tapi, pasti ada satu tipe kecerdasan yang lebih dominan. Nah, jadi tipe yang manakah kamu?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below