3 Macam Kopi dan Rasanya


  • 3 Macam Kopi dan Rasanya
    (Foto: Ilja Generalov/Shutterstock/ClickPhotos)

    Robusta

    Indonesia terkenal sebagai salah satu penghasil kopi Robusta. Dari segi bentuk, biji kopi Robusta memiliki bentuk pendek dan membulat. Jenis kopi ini memiliki tingkat kafein dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan Arabica, hal ini membuat kopi Robusta memiliki rasa yang lebih kuat dan berat serta meninggalkan seberkas rasa kekacang-kacangan setelah disesap. Beberapa Robusta cocok untuk disajikan sebagai espresso karena rasanya yang kuat dan pekat.

     



    Arabica

    Kopi Arabica memiliki cita rasa yang manis, lembut, dengan aroma buah. Tingkat keasamannya (acid) lebih tinggi dibandingkan dengan Robusta. Dari segi bentuk, biji kopi Arabica memiliki bentuk yang lebih lonjong dan besar. Tumbuh di dataran tinggi, jenis ini membutuhkan perawatan yang sedikit lebih rumit dibandingkan Robusta karena memang tidak mudah untuk menumbuhkannya. Melihat hal tersebut tentu tidak heran jika kopi Arabica kerap dianggap memiliki kualitas yang lebih unggul karena proses perawatannya.

     

    Coffee Defects

    Coffee defects adalah biji kopi yang cacat, hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti berjamur, busuk, kutu, dan sebagainya. Anda mungkin kerap mendengar istilah speciality coffee, perlu diketahui bahwa suatu produk kopi pantas menyandang “gelar” ini apabila mereka dapat menjamin bahwa produk mereka telah bebas coffee defects. Menurut Arief Said, co-founder Morph Coffee, bahwa sebenarnya yang menyebabkan efek asam lambung naik setelah minum kopi adalah karena adanya kandungan defects yang tinggi.




 
Advertisement - Continue Reading Below