5 Tips Makeup Untuk Pemilik Kulit Kombinasi


  • 5 Tips Makeup Untuk Pemilik Kulit Kombinasi
    Lakukan 5 tips makeup untuk kulit kombinasi, agar mendapatkan hasil makeup yang flawless. (Foto: Dok. Fabian Albert/Unsplash)

    Memiliki kulit kombinasi memang terkadang membingungkan, karena kulit akan terasa berminyak dan kering secara bersamaan. Memakai makeup bagi perempuan yang memiliki kulit jenis ini memang bukan perkara mudah, berminyak pada area t-zone membuat riasan lebih mudah luntur, sedangkan pada area lainnya kerap membuat riasan wajah terlihat tidak rata. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips makeup untuk kamu yang memiliki kulit kombinasi, agar mendapatkan hasil makeup yang flawless


    Tip #1 Mempersiapkan Kulit




    Sebelum memulai berdandan, pastikan kulit wajah kamu benar-benar bersih dan sudah menyelesaikan rutinitas perawatan kulit wajah harian kamu ya. 

    Selain melakukan rutinitas perawatan kulit wajah harian, kamu juga perlu untuk melakukan rutinitas perawatan kulit wajah mingguan, yakni dengan rutin menggunakan masker dan eksfoliasi. Pilih produk clarifying mask, karena mampu membersihkan wajah hingga ke dalam pori-pori.

    Kamu bisa mengaplikasikan masker hanya pada area t-zone saja atau bisa mengaplikasikannya pada seluruh permukaan wajah. Namun, jika clarifying mask terasa terlalu kering untuk bagian wajah yang kering, terapkan multi-mask yaitu dengan menggunakan dua masker berbeda secara bersamaan. Pilih masker yang mampu melembapkan di bagian wajah yang kering dan pilih masker yang mampu menyerap minyak berlebih pada bagian wajah yang berminyak. 

    Jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi secara rutin, untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori, agar kulit lebih halus dan lembut. Untuk kulit kombinasi, dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi, dua hingga tiga kali dalam seminggu. 


    Tip #2 Menggunakan Mattifying Primer 


    Aplikasikan mattifying primer pada area t-zone. Primer jenis ini dapat membantu meminimalisir tampilan pori-pori sekaligus menyerap minyak berlebih pada wajah. Selain itu, menggunakan mattifying primer untuk kamu yang memiliki kulit kombinasi akan membuat tampilan makeup lebih halus dan flawless


    (Baca juga : 9 Tips Makeup Valentine Agar Tahan Lama)


    Tip #3 Menggunakan Foundation yang Sesuai 


    Kulit kombinasi terdiri dari area wajah yang berminyak dan area wajah yang kering. Ya, hal ini seringkali membuat bingung dalam memilih foundation yang tepat. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan moisturizing foundation pada area wajah yang kering.

    Lalu untuk area wajah yang berminyak, kamu bisa menggunakan concealer dengan hasil akhir matte dan coverage medium. Atau kamu bisa memakai foundation yang build-able dengan hasil akhir matte dan aplikasikan pada bagian kulit yang kering secara tipis dan merata. Sedangkan pada bagian wajah yang berminyak, kamu bisa tambahkan penggunaan foundation-nya. 


    Tip #4 Set Makeup Menggunakan Bedak


    Setelah mengaplikasikan foundation dan concealer, set makeup kamu menggunakan translucent powder. Tahap ini berfungsi untuk memberikan lapisan tipis pada area yang berminyak untuk menyerap minyak berlebih dan membuat wajah bebas kilap seharian. Jika di tengah-tengah beraktivitas wajah sudah sangat berminyak, kamu juga bisa menyerap minyak dengan menggunakan blotting paper, lalu touch up dengan mengaplikasikan bedak


    Tip #5 Menggunakan Blush On Krim


    Bagi pemilik kulit kombinasi, area t-zone cenderung berminyak dan area pipi cenderung kering. Oleh karena itu, untuk memberikan rona pipi dianjurkan untuk menggunakan blush on berbentuk krim. Sebab blush on berbentuk padat akan menempel pada dry patches


    Semoga bermanfaat!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below