9 Tips Makeup Valentine Agar Tahan Lama


  • 9 Tips Makeup Valentine Agar Tahan Lama
    Lakukan 9 tips makeup valentine ini agar lebih tahan lama. (Foto: Dok. Bia Sousa/Pexels)

    Merias wajah dengan produk makeup adalah salah satu cara yang sering dilakukan para perempuan untuk menutupi kekurangan wajah atau meningkatkan rasa percaya diri. Berbagai kegiatan terkadang memaksa untuk selalu berpenampilan cantik dan maksimal, termasuk pada hari kasih sayang. Berikut ini sembilan tips makeup valentine agar lebih tahan lama.


    1. Mempersiapkan Kulit




    Tip yang satu ini jangan pernah diabaikan ya, karena mempersiapkan kulit sebelum makeup adalah kuncinya. Mulailah dengan mencuci wajah sampai benar-benar bersih. Lanjutkan dengan menggunakan toner dan memakai sheet mask agar kulit lebih lembap. Untuk mengunci kelembapan di kulit kamu, oleskan moisturizer yang sudah mengandung SPF di dalamnya. Pastikan wajah benar-benar bersih dan lembap sebelum mengaplikasikan makeup


    2. Aplikasikan Primer


    Primer berperan untuk membuat permukaan kulit kamu lebih halus dan siap untuk menerima pulasan makeup. Produk kecantikan yang satu ini memiliki beberapa jenis, ada yang berfungsi untuk menyamarkan pori-pori dan garis halus, menyerap kilap minyak di wajah, mencerahkan wajah dan melembapkan wajah. Pilih jenis primer yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu ya. Aplikasikan primer pada area t-zone, atau area yang berpotensi menghasilkan minyak berlebih. Kilap minyak berlebih akan membuat riasan kamu tidak tahan lama


    3. Aplikasikan Foundation Dengan Benar


    Jika kamu menginginkan makeup yang tahan lama, aplikasikan foundation menggunakan kuas dengan gerakan memutar, lalu dilanjutkan menepuk-nepuk perlahan wajah menggunakan beauty sponge, untuk tampilan wajah yang lebih flawless. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, dianjurkan untuk menggunakan foundation yang diformulasikan khusus untuk menyerap minyak berlebih atau oil-free


    4. Aplikasikan Concealer Dengan Benar


    Tahukah kamu, mengaplikasikan concealer terlebih dahulu sebelum foundation hanya akan membuat concealer tergeser oleh foundation. Tipnya, gunakan concealer setelah foundation. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan tingkat coverage concealer sesuai kebutuhan. Jika kamu merasa foundation kamu sudah cukup coverage, kamu tidak perlu mengaplikasikan terlalu banyak concealer, atau riasan wajah akan ‘pecah’. 


    (Baca juga : Tips Makeup Menawan Tanpa Foundation Dari Vinna Gracia)


    5. Gunakan Cream Blush


    Agar warna rona pipi tidak cepat pudar, gunakan cream blush, dibanding dengan powder blush yang cenderung lebih cepat hilang. Cream blush memiliki lebih banyak pigmen, sehingga warnanya akan bertahan lama di pipi kamu. Walaupun begitu, cream blush tetap akan memberikan kesan rona pipi yang natural. Kamu juga bisa menambahkan powder blush di atas cream blush untuk menambah pigmentasi dan keawetan warna.


    6. Set Your Makeup!


    Setelah kamu mengaplikasikan semua produk makeup yang sudah disebutkan di atas, kunci makeup kamu dengan menyapukan bedak tabur. Cara ini juga efektif untuk membantu mengurangi kilap minyak di wajah kamu. 


    7. Gunakan Produk Water-Resistance


    Tip yang satu ini juga tidak boleh diabaikan, karena makeup water-resistance adalah produk yang diformulasikan agar tidak mudah hilang apabila terkena air, keringat atau tergosok. Mungkin kamu bertanya-tanya, apa perbedaan makeup waterproof dan water-resistance? Jika iya, ini jawabannya! Kedua jenis makeup ini sama- sama baik dalam sisi ketahanan. Namun, kandungan dalam makeup yang berlabel waterproof tidak dianjurkan untuk pemakaian sehari-hari. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan makeup yang berlabel water-resistance, karena memiliki kandungan yang lebih ringan dan cocok untuk digunakan sehari-hari. 


    (Baca juga : Cara Mudah Terlihat Cantik dan Segar)


    8. Pilih Lip Produk yang Tahan Lama


    Carilah pewarna bibir yang tahan lama namun tetap memberikan kenyamanan di bibir (comfortable matte). Lipstik atau lip cream yang terlalu matte, bisa membuat bibir kering, bahkan menghitam. Lipstik yang terlalu matte juga membuat hasil pulasan lipstik menjadi tidak bagus. 


    9. Sempurnakan Riasan Wajah Dengan Setting Spray


    Tip yang terakhir agar makeup lebih tahan lama sepanjang hari yaitu dengan mengunci semuanya menggunakan setting spray, agar tidak mudah luntur. Semprotkan ke wajah, biarkan kering (tanpa menyentuhnya), dan selesai!


    Sekarang kamu sudah siap kencan dengan pasangan di hari kasih sayang tanpa perlu khawatir makeup luntur. Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below