Hair & beauty

Begini Cara Tepat Merawat Kulit Kering

By : Fariza Rahmadinna - 2020-02-02 10:00:02 Begini Cara Tepat Merawat Kulit Kering

Salah satu jenis kulit yang memerlukan perawatan ekstra adalah kulit kering. Pasalnya, kulit terkelupas, kemerahan, kerutan, kusam dan garis-garis halus bisa muncul pada kulit kering.

Kondisi kulit semacam ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa di antaranya adalah faktor keturunan, kurangnya asupan cairan, terlalu sering melakukan eksfoliasi atau penggunaan produk perawatan kulit yang kurang tepat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara tepat merawat kulit kering. 


Pilih Pembersih Wajah yang Lembut


Ketika kamu memiliki kulit kering, pelembap mungkin menjadi solusi pertama untuk mengatasinya. Namun, memilih sabun pembersih wajah yang tepat juga sama pentingnya untuk mengatasi kulit kering. Pilihlah pembersih wajah yang lembut, tidak menyumbat pori-pori, bebas formula alkohol, SLS (Sodium Lauryl Sulfate) dan parfum (fragrance). Bahan-bahan ini akan semakin membuat kulit kamu kering. Dianjurkan untuk mencuci wajah dua kali dalam sehari, pada pagi dan malam hari. Terlalu banyak mencuci wajah, dapat membuat kulit kamu kering dan berpotensi mengalami iritasi.

 

Menggunakan Pelembap


Dibandingkan dengan jenis kulit lainnya, kulit kering lebih membutuhkan hidrasi dan kelembapan. Pelembap berfungsi untuk memberikan dan mengunci kelembapan pada kulit. Pilihlah pelembap yang mengandung hyaluronic acid, glycerin atau aloe vera dengan tekstur krim, karena memiliki kadar minyak yang tinggi. 


Konsumsi Air yang Cukup 


Kurangnya asupan air dalam tubuh juga menjadi salah satu penyebab kulit menjadi kering. Penuhi kebutuhan air di dalam tubuh, minimal delapan gelas per hari, supaya kulit lebih sehat dan lembap. 


(Baca juga: 8 Cara Merawat Kulit Sensitif Agar Tak Mudah Iritasi)


Gunakan Sunscreen


Apapun jenis kulit kamu, penting untuk selalu melindungi wajah dengan rajin mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan. Namun bagi kamu yang memiliki kulit kering, bila terlalu banyak terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kulit semakin dehidrasi. Hal ini akan membuat kulit semakin kering dan mempercepat proses penuaan dini.


Rutin Melakukan Eksfoliasi


Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah pemilik kulit kering juga perlu untuk melakukan eksfoliasi? Jawabannya iya perlu, karena sebenarnya tidak ada larangan khusus bagi kamu pemilik kulit kering untuk tidak melakukan eksfoliasi. Disarankan untuk memilih eksfoliator yang lembut (gentle) agar tidak menyebabkan kulit iritasi dan kemerahan.

American Academy of Dermatology menyarankan agar mereka yang memiliki kulit wajah kering atau sensitif untuk memilih menggunakan eksfoliator kimia ringan seperti, AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid). Perlu diingat, lakukan eksfoliasi sebanyak satu kali dalam seminggu dan aplikasikan pelembap setelahnya. 


(Baca juga : 5 Tips Mengatasi Kelopak Mata Berminyak)


Rutin Menggunakan Masker


Pilihlah masker wajah yang mengandung hyaluronic acid, madu, minyak zaitun atau lidah buaya, karena dikenal mampu memberikan kelembapan pada kulit kamu. Idealnya, gunakan masker wajah minimal seminggu sekali untuk melengkapi perawatan wajah kamu. 


Hindari Penggunaan Makeup Matte


Hindari produk kosmetik dengan formula yang dapat bertahan lama (matte) atau tahan air (waterproof) karena dapat menyerap kelembapan alami kulit dan menyebabkan kulit mengelupas. Pilih produk makeup dengan formula yang tidak terlalu berat, bertekstur cair, ringan atau krim.

Hair & beauty