Hair & beauty

5 Tips Mengatasi Kelopak Mata Berminyak

By : Rahman Indra - 2018-08-03 15:35:00 5 Tips Mengatasi Kelopak Mata Berminyak


Ada yang meyakini bahwa memiliki kulit wajah berminyak membawa kelebihan tersendiri yaitu tampak 'awet muda'. Namun kandungan minyak berlebih hingga di kelopak mata dapat mengganggu, terutama bikin makeup mudah luntur. 

Lalu, bagaimana mengatasinya? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya membersihkan wajah rutin, atau menggunakan masker dari lemon atau mentimun. 

Beberapa cara berikut ini dapat menjadi siasat dalam mengatasi minyak berlebih di kelopak mata. 

1. Membersihkan wajah secara rutin

Bersihkan wajah sehari dua kali, sebelum beraktivitas dan sebelum tidur. Pastikan Anda menggunakan produk yang tepat untuk kulit berminyak dan membersihkan sisa make up hingga bersih.

 

(Membersihkan wajah tampak sepele tapi penting. Foto: Burst by Pexels.com)

(Baca juga: 7 Pilihan Toner yang Tepat untuk Kulit Berminyak)


2. Gunakan Lemon sebagai masker

Lemon yang kaya akan kandungan anti-oksidan dan vitamin C ini dapat mengecilkan pori-pori sehingga kadar minyak pada wajah dapat terkontrol. Iris lemon dan aplikasikan airnya tipis – tipis pada wajah dan kelopak mata, kemudian tunggu beberapa menit hingga kering dan bilas menggunakan air dingin.


(Lemon kaya akan vitamin C, dan baik buat wajah. Foto: Lisa Fotios by Pexels.com)


3. Menggunakan mentimun sebagai masker

Kandungan air yang tinggi pada mentimun dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah serta memberikan kelembaban. Kupas kulit mentimun dan blender hingga halus. Aplikasikan pada seluruh wajah, beri sedikit pijatan hingga 15 menit. Kemudian bilas wajah menggunakan air hangat dengan cara ditepuk - tepuk. 


(Kandungan air pada mentimun menjaga kelembapan kulit wajah. Foto: Pixabay by Pexels.com)


4. Konsumsi makanan anti minyak

Hindari konsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih seperti gorengan maupun makanan berlemak, karena makanan juga mengambil peran penting pada kesehatan kulit wajah. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah.


(Asupan makanan sehat turut menjaga kulit wajah. Foto: Trang Doan by Pexels.com)

(Baca juga: 9 BB Cream untuk Kulit Berminyak yang Bikin Kulit Segar)


5. Olahraga dan istirahat yang cukup

Stress yang berlebih dapat membuat kulit wajah berminyak. Dengan pola gaya hidup yang sehat dapat membantu mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah.


(Tidur cukup membantu mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Foto: Pixabay by Pexels.com)

Di samping mengikuti sejumlah tips di atas, mengetahui jenis kulit dan memulai gaya hidup sehat dapat menjadi pijakan untuk memiliki wajah kulit bersih, dan bebas minyak.


(Teks: Elizabeth Michelle)

 


Hair & beauty