Yuk, Ketahui Manfaat Kombucha Untuk Kulit Wajah!


  • Yuk, Ketahui Manfaat Kombucha Untuk Kulit Wajah!
    Intip manfaat kombucha yang perlu kamu tahu untuk kulit wajah. (Foto: Dok. Shiny Diamond/Pexels)

    Tak hanya karena tren gaya hidup sehat, sebagaimana diketahui pandemi Covid-19 juga telah mengubah gaya hidup di masyarakat secara keseluruhan menjadi lebih sehat dan bersih. Hal ini tentu saja juga berdampak baik pada kesehatan kulit.


    Lantas, tahukah kamu mengenai kombucha? Kombucha merupakan minuman berasal dari teh hijau atau teh hitam yang difermentasi.




    Minuman ini biasanya dicampur dengan induk bakteri, yang disebut scoby dan gula, lalu difermentasi selama jangka waktu tertentu.


    Selama proses fermentasi, minuman ini akan menghasilkan gas, yang membuatnya terasa “bersoda”. Menariknya, minuman fermentasi ini telah lama dikenal karena manfaat baiknya untuk kesehatan tubuh dan kulit. Yuk, cari tahu manfaat kombucha bagi kesehatan kulit!


    (Baca Juga: Ketahui Rahasia Miliki Kulit Cantik Dan Sehat)


    Kamu bisa menemukan kandungan kombucha dalam produk perawatan kulit. Namun, kamu juga bisa mengonsumsi kombucha secara langsung.


    Biasanya, kombucha ini dijadikan minuman probiotik fermentasi, yang bisa menggantikan jus buah-buahan, atau bisa juga dijadikan sebagai teh kombucha.


    Nah, berikut ini beberapa manfaat kombucha untuk kesehatan kulit, antara lain: 


    Sebagai Anti-Aging

    Seperti yang telah diketahui, seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya yang menyebabkan munculnya kerutan dan kendur. Kabar baiknya, teh kombucha mengandung antioksidan kuat yang disebut EGCG.


    Kandungan ini diketahui 20 kali lebih baik dalam melawan radikal bebas daripada vitamin C, yang mana penelitian telah menunjukkan dikaitkan dengan kulit yang lebih baik dan penurunan kerutan kulit yang signifikan. 


    (Baca Juga: 5 Manfaat Shea Butter Untuk Kesehatan Kulit)


    Menyehatkan Kulit dari Dalam

    Kombucha mengandung banyak vitamin B, terutama B1, B2, B6, dan B12, yang diketahui sangat penting untuk memelihara dan memproduksi sel-sel kulit baru yang sehat.


    Mengonsumsi semua vitamin ini yang ditemukan dalam kombucha dapat membantu kamu mendapatkan kulit yang sehat dan bersinar, serta membantu memperkuat rambut dan kuku.


    (Baca Juga: Ketahui Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut)


    Meskipun dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit dan tidak memiliki efek samping, namun kamu tetap dianjurkan untuk mengonsumsi kombucha dalam dosis yang tidak berlebihan.


    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu tidak hanya bisa mengonsumsi kombucha secara langsung dalam bentuk minuman, tetapi kamu juga bisa mendapatkan manfaat kombucha untuk kulit dalam berbagai produk perawatan kulit. 




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below