5 Manfaat Shea Butter Untuk Kesehatan Kulit


  • 5 Manfaat Shea Butter Untuk Kesehatan Kulit
    Shea Butter sering dijadikan sebagai sabun, scrub, dan bahan dasar moisturizer. Kandungan-kandungan dalam shea butter sangat bagus untuk kesehatan kulit (Foto: dok. Instagram/wickedsoaps)

    Shea butter adalah lemak atau minyak yang di ekstraksi dari kacang pohon shea. Hasil buah pohon yang berasal dari Afrika Barat ini sebenarnya sudah lama digunakan sebagai bahan utama kosmetik. Namun, akhir-akhir ini popularitasnya semakin naik karena manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan kulit. Berikut adalah manfaat dari shea butter.




    (Baca Juga: Ketahui Rahasia Memiliki Kulit Cantik dan Sehat)



    (Kacang pohon shea yang dapat menghasilkan shea butter. Foto: Dok. Instagram/innatesskinglow)

    1. Pelembap kulit yang aman untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit berminyak dan berjerawat

    Kandungan fatty acid dalam shea butter membuatnya dapat terserap ke dalam kulit secara cepat dan menahan kelembapan kulit dalam waktu yang lama. Hal ini membuat shea butter sangat cocok untuk diaplikasikan saat musim dingin yang dapat membuat kulit sangat kering.

    Kandungan linoleic acid dan oleic acid dalam shea butter tidak akan membuat kulit penggunanya terlihat berminyak sehingga cocok untuk kulit berminyak. Selain itu, shea butter juga memiliki sifat anti-bakteri yang membuatnya aman digunakan oleh kulit berjerawat.


    2. Mencegah penuaan dini

    Berdasarkan penelitian, shea butter mengandung anti-oksidan, vitamin A, dan vitamin E yang sangat tinggi sehingga dapat mencegah proses penuaan dini. Shea butter dapat melindungi sel-sel kulit dari zat-zat radikal seperti polusi dan debu yang dapat membuat kulit terlihat kusam dan menyebabkan penuaan.


    (Baca Juga: Ketahui Rahasia Memiliki Kulit Cantik Dan Sehat)


    3. Mencegah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur

    Meskipun shea butter tidak dapat menyembuhkan berbagai jenis infeksi jamur pada kulit, namun penelitian membuktikan bahwa ia dapat membunuh jamur yang menyebabkan ringworm pada kaki atlet. Penggunaan shea butter secara rutin juga dapat mencegahmu terkena jamur pada kulit yang menyebabkan infeksi atau iritasi.


    4. Mendorong pembentukan kolagen pada kulit sehingga kulit terlihat lebih kencang

    Shea butter mengandung titerpenes, yaitu senyawa kimia natural yang dikenal dapat me-nonaktifkan penghancuran serat kolagen pada kulit. Hal ini membuat shea butter dapat meminimalisir garis-garis halus pada wajah dan membuat kulit lebih kencang.


    5. Menghilangkan noda bekas jerawat, luka, dan strech marks

    Kandungan pelembap alami dan antioksidan pada shea butter dapat bekerja sama untuk meregenerasi sel-sel pada kulit. Jadi, jika kamu secara rutin menggunakan shea butter, kamu akan memiliki sel-sel kulit baru yang sehat di saat kulit sedang membuang sel-selnya yang sudah mati. Hal ini dapat membuatmu memiliki kulit yang cerah dan bebas dari noda bekas jerawat, luka, dan stretch marks.


    (Baca Juga: Manfaat Masker Timun untuk Kulit Wajah Dan Cara Membuatnya)


    Itu dia manfaat shea butter bagi kesehatan kulit. Siap untuk mencobanya?


    (Penulis: Regina Yohana)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below