Hair & beauty

Ketahui Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

By : Her World Indonesia - 2020-11-25 13:00:02 Ketahui Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

Memiliki rambut sehat dan berkilau tampaknya menjadi keinginan setiap wanita. Tak hanya sampo, conditioner, dan vitamin rambut, berbagai bahan alami juga dapat dimanfaatkan untuk menutrisi rambut dan kulit kepala untuk menciptakan hasil yang maksimal. Berikut manfaat lidah buaya untuk rambut yang perlu diketahui untuk menciptakan rambut impianmu. 


(Baca Juga: 13 Khasiat Lidah Buaya Untuk Kecantikan dan Kesehatan)


Membersihkan rambut berminyak

Lidah buaya mampu membersihkan batang rambut secara efisien, menghilangkan minyak berlebihan, dan residu yang dihasilkan dari produk rambut lainnya. Namun, lidah buaya tidak melukai helai rambut saat dibersihkan seperti produk rambut yang mengandung bahan kimia sehingga tanaman ini mampu menjaga integritas rambut dengan baik.


Menggunakan lidah buaya secara rutin akan membantu menghasilkan rambut yang terlihat lebih sehat, berkilau, dan lembut.


Memperkuat dan memperbaiki helai rambut

Vitamin A, C, dan E pada lidah buaya berkontribusi untuk pergantian dan meningkatkan pertumbuhan sel untuk menciptakan rambut sehat dan berkilau. Selain itu, kandungan vitamin lainnya adalah B12 dan asam folat yang mampu mencegah kerontokan rambut.


Lidah buaya mengandung kolagen dan sifat dingin yang dapat menenangkan kulit setelah terpapar sinar matahari. Berbagai vitamin tersebut juga berfungsi untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

(Helai rambut yang diperkuat oleh kolagen dan berbagai vitamin dari lidah buaya. Foto: Dok. Unsplash)

(Baca Juga: 7 Tanaman Herbal Yang Dipercaya Membuat Kulit Awet Muda)


Menenangkan kulit kepala yang gatal

Dermatitis seboroik, atau yang lebih dikenal dengan ketombe, merupakan gejala kulit kepala yang gatal dan mengelupas di bawah rambut. Gejala ini dapat diobati dengan lidah buaya yang memiliki fungsi membantu mengatasi peradangan kulit kepala akibat ketombe. Asam lemak di dalamnya memiliki sifat anti-inflamasi.

(Lidah buaya berfungsi untuk menenangkan kulit kepala yang gatal. Foto: Dok. Pexels)

(Baca Juga: 5 Bahan Yang Dapat Menghilangkan Ketombe Membandel)


Meningkatkan pertumbuhan rambut

Terdapat enzim proteolitik yang memperbaiki sel kulit mati pada kulit kepala sekaligus berperan sebagai kondisioner yang membuat rambut lebih halus dan berkilau. Enzim tersebut juga meningkatkan kesehatan folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut pun meningkat.


Itulah berbagai manfaat lidah buaya untuk rambut yang perlu diketahui agar rambutmu sehat dan berkilau.


(Penulis: Aurelia Gracia)

Hair & beauty