Cara Mendapatkan Tubuh Ideal


  • Cara Mendapatkan Tubuh Ideal
    Beginilah cara mendapatkan tubuh ideal. (Foto: Dok. Karl/Pexels)

    Banyak orang penasaran cara mendapatkan tubuh ideal. Mungkin mindset paling umum adalah makan lebih sedikit dan olahraga yang lebih banyak. Padahal hal ini belum sepenuhnya benar. Masih ada banyak hal yang harus diperhatikan agar metabolisme tubuhmu tetap berjalan dengan baik. Berikut cara mendapatkan tubuh ideal yang bisa kamu coba:




    1. Buat perencanaan

    Seorang spesialis olahraga, Emma Leigh Synnott, mengungkapkan bahwa saat kamu gagal merencanakan sesuatu, artinya kamu memang ingin gagal. Maka, ada baiknya untuk memiliki tujuan jelas sebelum memulai diet dan olahraga agar targetmu bisa terjaga dan terpenuhi.


    2. Tidur yang cukup

    Saat kita tidur, tubuh mengalami proses pemulihan setelah habis membakar lemak seharian. Penelitian dari University of Chicago menunjukkan bahwa waktu tidur yang kurang dari 7-8 jam setiap malam justru bisa meningkatkan nafsu makan, sehingga metabolisme kamu akan melambat dan membuat lemak tersimpan banyak di perut. Selain itu, olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur juga bisa memengaruhi kualitas tidur. Maka, banyak ahli yang menyarankan untuk memberikan jeda untuk olahraga setidaknya 3-4 jam sebelum tidur.


    (Baca Juga: 6 Olahraga Yang Bisa Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu)


    3. Hindari camilan

    Mungkin kamu tidak sering makan dalam porsi besar, tapi kamu bisa mengonsumsi camilan sekitar 4-6 kali sehari. Padahal, sebagian besar camilan memiliki rata-rata 200 kalori sehingga metode ini justru bisa menyabotase kerja keras tubuhmu dalam membakar lemak. Jika kamu belum bisa menghentikan kebiasaan ini, kamu bisa mencoba untuk mengurangi porsinya. 


    4. Ketahui jumlah makanan yang dikonsumsi

    Mungkin bagi kamu kegiatan ini terlalu sepele. Padahal, kalau kamu bisa mengetahui berapa banyak jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh, ini bisa membantumu membakar lemak dengan lebih mudah.


    5. Lebih banyak bergerak

    Proses pembakaran lemak bukan hanya dilakukan saat treadmill, kardio, atau mengangkat beban. Sebenarnya, ada banyak hal simpel lainnya yang bisa membantu tubuh membakar lemak, contohnya adalah berjalan kecil di tempat selama 1 jam. Yang penting, kegiatan ini harus dilakukan dengan rutin dan kamu pun merasa nyaman melakukannya.


    (Baca Juga: 6 Cara Mengecilkan Betis)


    6. Berhenti mengonsumsi soda

    Tentu rasanya menyegarkan saat minum soda di tengah cuaca panas. Padahal, efek terlalu sering minum soda justru bisa menimbulkan rasa lapar. Walau kamu sudah berolahraga, pastikan untuk tetap menghindari minuman bersoda, meski mereka memasang klaim rendah gula pada kemasan.


    7. Ciptakan hari bebas

    Berolahraga dan makan sehat sejujurnya adalah dua hal yang sulit dilakukan. Kamu memerlukan tekad dan mental yang kuat untuk bisa melakukannya. Maka, wajar saja rasanya kalau kamu menetapkan "hari bebas" atau cheating day dalam rutinitasmu. Pada hari itu, kamu bisa beristirahat dari semua peraturan selama seminggu.


    8. Lakukan diet intermittent

    Metode ini bisa diselipkan antara rutinitasmu. Umumnya, diet intermittent adalah pengaturan waktu makan dan puasa demi mengurangi kalori yang masuk dalam tubuh. Cari tahu dulu metode diet yang paling cocok dengan kondisimu sebelum memulai untuk mencobanya.


    9. Mengonsumsi lemak sehat

    Ya, lemak tak selamanya jahat. Institute of Medicine justru merekomendasikan agar kita mengonsumsi makanan yang menganduk lemak sehat seperti kacang-kacangan, alpukat, hingga minyak yang bisa membantu kamu menghilangkan lemak lebih cepat lagi. Namun, sekali lagi, pastikan dulu berapa jumlahnya agar kamu juga tidak mengonsumsi berlebihan.


    (Baca Juga: Makanan Untuk Kesehatan Mata Akibat Sering Lihat Layar HP)


    10. Perbanyak minum air mineral

    Rajin mengonsumsi air mineral bisa membantumu terhindar dari rasa lapar. Ya, kamu bisa mengendalikan nafsu makan dengan cara meminum segelas air mineral sebelum dan sesudah makan. Namun, sebaiknya hindari minum saat mengunyah makananmu.


    Itulah cara mendapatkan tubuh ideal yang bisa kamu coba. Pada akhirnya, konteks tubuh ideal setiap orang tentu berbeda. Sesuaikan dengan konsisi tubuhmu dan jangan memaksakannya. Jadi, kamu mau mulai dari yang mana?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below