Makanan Untuk Kesehatan Mata Akibat Sering Lihat Layar HP


  • Makanan Untuk Kesehatan Mata Akibat Sering Lihat Layar HP
    Ragam makanan untuk kesehatan mata yang harus kamu tahu. (Foto: Dok. Karolina/Pexels)

    Saat harus menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, membuat kita jadi lebih sering berada di depan layar. Mulai handphone, laptop, tab, hingga TV. Gaya hidup ini rasanya sama sekali tak bisa dihindari. Padahal, inilah yang bisa meningkatkan risiko terjadinya masalah mata secara signifikan. Karena kita tidak bisa menghindarinya, ada baiknya untuk mengonsumsi asupan makanan demi meningkatkan kesehatan mata. Berikut ini deretan makanan yang wajib kamu konsumsi demi menunjang kesehatan mata.


    1. Ikan

    Menjadi sumber asam lemak omega-3 terbaik, ikan adalah menu wajib untuk dikonsumsi. Dengan mengonsumsi minyak ikan yang cukup, hal ini bisa menekan risiko mata kering yang biasa terjadi saat kamu terlalu lama melihat ke layar komputer.




    2. Kacang-kacangan

    Sama seperti ikan, kacang juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi di dalamnya. Selain itu, kacang juga mengandung vitamin E yang bisa menjaga mata dari risiko penuaan. Beberapa kacang-kacangan yang baik untuk dikonsumsi meliputi kacang merah, kacang mete, walnut, dan kacang Brazil.


    (Baca Juga: Tetap Sehat, Inilah 4 Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh)


    3. Buah citrus

    Dengan adanya kandungan vitamin C yang melimpah di dalamnya, buah citrus juga jadi makanan yang direkomendasikan untuk kesehatan mata. Layaknya vitamin E, jenis vitamin ini juga menjadi antioksidan yang bisa mencegah masalah pada mata. Beberapa contoh buah yang bisa kamu nikmati adalah lemon, jeruk, dan jeruk nipis.


    4. Sayur hijau

    Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan pok choy mengandung lutein, zeaxanthin, dan vitamin C yang berkhasiat bagi kesehatan mata. Tentu akan semakin baik jika kamu tidak mengolahnya secara berlebihan sehingga kandungan di dalamnya tetap terjaga.


    (Baca Juga: Lakukan 5 Rutinitas Ini Untuk Membantu Tidur Lebih Nyenyak)


    5. Wortel

    Mungkin sudah lama kamu familier bahwa wortel adalah makanan yang bagus untuk kesehatan mata. Wortel memiliki kandungan beta-karoten dan vitamin A serta rhodopsin yang membantu retina dalam menyerap cahaya. Selain wortel, buah-buahan dengan warna senada seperti paprika, tomat, stroberi, labu dan jagung juga bisa menjadi sumber vitamin A dan vitamin C yang baik.


    6. Daging sapi

    Bukan hanya sayur dan buah, namun protein hewani seperti sapi juga bermanfaat untuk mata. Kandungan zinc di dalamnya terbukti bisa menunda masalah penglihatan akibat usia, misalnya seperti mata rabun atau degenerasi makula. Ini disebabkan karena retina mata mengandung banyak zinc, termasuk jaringan pembuluh darah yang ada di sekitar retina. Namun, tetap konsumsi daging secara wajar, ya.


    (Baca Juga: Ketahui 3 Gerakan Yoga Yang Bisa Mengencangkan Payudara)


    7. Telur

    Sumber baik lainnya adalah telur. Rasanya semua orang pasti memiliki telur di rumahnya karena makanan ini memang sangat mudah diolah. Ternyata selain kemudahan dan rasanya yang lezat, telur juga kaya akan vitamin C, E, dan zinc. Nutrisi-nutrisi ini nyatanya mampu mengurangi risiko kesehatan mata.


    8. Kuaci

    Kuaci atau biji bunga matahari ternyata memiliki vitamin E dan zinc yang bermanfaat bagi matamu. Meski membutuhkan sedikit usaha saat memakannya, ternyata kuaci juga punya manfaat yang tak boleh kamu lewatkan.


    Nah, bagi kamu yang sedang khawatir dengan kondisi kesehatan mata di era pandemi ini, pastikan untuk mengonsumsi makanan-makanan di atas, ya. Namun, pastikan kamu tetap mengukur jadwal screen time agar matamu tidak cepat lelah.