6 Olahraga Yang Bisa Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu


  • 6 Olahraga Yang Bisa Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu
    Inilah olahraga yang bisa menurunkan berat badan dalam seminggu! (Foto: Dok. Coen Van De/Unsplash)


    Banyak yang sudah tahu bahwa olahraga jadi salah satu yang kegiatan yang wajib dilakukan. Bukan tanpa alasan, melainkan aktivitas fisik ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya yang efektif adalah untuk menurunkan berat badan. 

    Sehingga banyak orang yang melakukan banyak jenis olahraga demi dalam satu minggu demi menurunkan berat badan. Tapi, manakah yang paling cepat? Dirangkum dari berbagai sumber berikut olahraga yang bisa turunkan berat badan dalam seminggu!




    (Baca Juga: Ini 10 Olahraga Paling Efektif Menurunkan Berat Badan)


    1. Jalan santai

    Jalan santai menjadi salah satu jenis olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan. Jika dilakukan secara teratur, berat badan akan mudah turun secara maksimal.

    Melansir laman Harvard Health saat berjalan selama 30 menit dengan kecepatan 6,4 km/jam tubuh akan membakar hingga 167 kalori. Bahkan sebuah penelitian juga berhasil memperoleh data bahwa 20 wanita yang mengalami obesitas mencoba untuk berjalan selama 50-70 menit selama 3 kali per minggu mengurangi lingkar pinggang mereka hingga 1,1 inci.

    Untuk memulainya, usahakan berjalan selama 30 menit 3–4 kali seminggu. Kamu bisa secara bertahap meningkatkan durasi atau frekuensi jalan kakimu saat merasa lebih bugar.


    2. Jogging

    Serupa tapi tak sama, sejumlah penelitian menemukan bahwa jogging dan lari bisa membakar lemak visceral yang berbahaya. Biasanya mereka menumpul di dalam perut manusia.

    Lemak ini membungkus organ yang bisa menimbulkan berbagai penyakit. Di antaranya adalah jantung dan diabetes. 

    Baik jogging maupun lari adalah olahraga yang bagus dan bisa dilakukan di mana saja. Untuk memulai, targetkan jogging selama 20–30 menit 3–4 kali per minggu.


    (Baca Juga: 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Dalam 30 Menit)


    3. Bersepeda

    Olahraga yang sedah hits saat ini ternyata jadi salah satu olahraga yang bisa menurunkan berat badan bahkan dalam kurun waktu mingguan. Bahkan ia juga bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar, sensitivitas insulin yang meningkat, dan risiko penyakit jantung, kanker, dan kematian yang lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang tidak bersepeda.

    Mengutip laman Healthline, sebuah penelitian dari Harvard Health memperkirakan bahwa orang yang memiliki berat badan hingga 70 kg bisa membakar lemak sekitar 260 kalori setiap 30 menit bersepeda denan kecepatan sedang. 

    Bersepeda sangat baik untuk orang-orang dari semua tingkat kebugaran, dari pemula hingga atlet. Dan ini adalah salah satu latihan tanpa beban dan berdampak rendah, jadi tidak akan terlalu membebani sendimu.


    4. Berenang

    Selain itu, berenang juga kerap jadi olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan dalam hitungan minggu. Tak hanya itu, olahraga yang satu ini juga paling menyenangkan untuk dilakukan.

    Cara berenang bisa memengaruhi berapa banyak kalori yang terbakar. Harvard Health pun melakukan penelitian pada orang dengan berat 70kg, dan berikut jumlah kalori yang terbakar berdasarkan gaya berenangnya:

    Gaya punggung: 298 kalori

    Gaya dada: 372 kalori

    Gaya kupu-kupu: 409 kalori

    gaya katak: 372 kalori

    Keuntungan lain dari berenang adalah sifatnya yang aman bagi sendi sehingga kecil akan mengalami cedera dan nyeri sendi.


    (Baca Juga: 11 Aplikasi Olahraga Untuk Si Pemalas)


    5. Pilates

    Pilates adalah olahraga yang cocok untuk pemula yang ingin menurunkan berat badan dalam hitungan minggu. Bahkan saat pertama kali mengikutinya, penelitian telah membuktikan bisa membakar hingga 168 kalori setiap 30 menit. 

    Walaupun pilates mungkin tidak membakar kalori sebanyak latihan aerobik, namun olahraga ini bisa sangat menyenangkan dilakukan. Tertarik mencobanya?


    6. Yoga

    Banyak yang belum tahu bahwa yoga sebetulnya efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Namun ternyata banyak studi yang telah menemukan bahwa 30 menit yoga mampu membakar 149 kalori. 

    Manfaat lain dari yoga adalah olahraga yang disatu ini bisa membantu menjaga kesehatan mental. Tak hanya itu, sering berlatih dengan yoga juga bisa mengajarkan kesadaran, menolak makanan yang tidak sehat, mengontrol makanan dan lainnya.

    Itulah sejumlah olahraga yang bisa turunkan berat badan dalam seminggu. Mana yang akan kamu coba lebih dulu?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below