Mengenal Manfaat Masker Kopi Sesuai Kebutuhan Kulit


  • Mengenal Manfaat Masker Kopi Sesuai Kebutuhan Kulit
    Masker kopi memiliki banyak manfaat buat kulit wajah. (Foto: Dok/Brightside)


    Dengan segudang manfaatnya dari mulai menahan kantuk hingga meningkatkan konsentrasi, kopi kerap jadi minuman pilihan saat di kantor. Namun, kopi ternyata tidak hanya dapat membangunkan otak tetapi juga “membangunkan” kulit.

    Sifat kopi yang diuretik membantu kulit membuang sisa-sisa air dan racun. Hal ini membuat kulit jadi bersih, sehat, dan kenyal. Kafein juga meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan metabolisme kulit, yang dapat mengurangi penampakan selulit.



    Oleh karena manfaat tersebut, kini kopi juga populer dijadikan bahan masker wajah. Sebagai masker wajah, kopi dapat mengelupas dan menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati. Jika kopi dicampur dengan madu, madunya akan mengencangkan kulit dan memberikan kilau yang sehat jika digunakan secara rutin. Jangan kaget kalau kulitmu menjadi halus dan muda kembali.


    (Baca juga: 9 Manfaat Madu untuk Kulit Wajah yang Paling Terasa)


    Berbagai Manfaat Masker Kopi

    Beda campuran bahan pada kopi, beda pula manfaat yang akan didapat. Kamu bisa memilih bahan pelengkapnya sesuai kebutuhan kulit wajah.

    1. Kopi dan minyak kelapa (untuk kulit kusam)

    Kafein mengandung antioksidan yang membantu sirkulasi darah, serta melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Sedangkan minyak kelapa memiliki bahan antimikroba dan antiperadangan, yang membantu melindungi kulit dari sumber polusi dari luar. Minyak kelapa juga melembabkan kulit berkat kandungan lemak jenuhnya, serta memperbaiki dan meremajakan kulit.

    2. Kopi dan minyak zaitun (untuk kulit kering)

    Minyak zaitun diketahui dapat melembabkan kulit dari dalam, karena kaya akan vitamin A, D, K, dan E. Vitamin A menguatkan kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit. Vitamin D memperbaiki dan menumbuhkan kembali sel-sel kulit; vitamin K melawan stretch marks atau spider veins (pelebaran pembuluh darah kapiler) pada kulit; sedangkan vitamin E melembutkan garis-garis halus pada kulit. 

    manfaat Masker kopi dan madu untuk melembabkan kulit

    (Masker kopi dan madu untuk melembabkan kulit. Foto: Dok/Stylecraze)

    3. Kopi dan lemon (untuk kulit berminyak)

    Kelebihan minyak yang dikeluarkan oleh kelenjar minyak bisa menarik radikal bebas dan menyumbat pori-pori. Lemon kaya akan vitamin C, yang menguatkan elastisitas kulit dan menahan kelebihan minyak. Kulit pun jadi bersih dan bebas minyak. Hindari paparan sinar matahari setelah menggunakan masker kopi dan lemon ini untuk mencegah sunburn.

    4. Kopi, kayu manis, dan minyak kelapa (untuk kulit berjerawat)

    Kayu manis dikenal mampu mencegah penyumbatan pori dan mengurangi peradangan akibat bakteri. Selain itu juga menghambat nitrit oksida yang menyebabkan pembengkakan dan peradangan pada jerawat, dan mengeringkannya. Jika dipadukan dengan kopi, bubuk kayu manis dapat menghilangkan bakteri dan mengelupas sel-sel kulit mati.

    5. Kopi, kunyit, dan yogurt (mencerahkan kulit)

    Kunyit punya bahan antiperadangan yang membantu melembutkan kulit. Komponen kurkumin pada kunyit mengurangi produksi melanin, yang membantu menghilangkan noda dan bercak-bercak hitam akibat hiperpigmentasi. Semakin sedikit kadar melanin pada kulit, makin cerah rona warna kulit.

    6. Kopi, kuning telur, dan lemon (mengencangkan kulit)

    Kuning telur mengandung lutein, yang melindungi kelembaban alami dan memberikan elastisitas pada kulit. Perasan lemon menguatkan kolagen, yang menjaga agar kulit tidak menggelambir. Sedangkan yogurt membantu melawan bakteri yang menyumbat pori-pori dan membersihkannya.

    Cukup banyak bukan, manfaat masker kopi untuk wajah? 


    Gunakan biji kopi yang ditumbuk kasar untuk masker scrub wajah

    (Gunakan biji kopi yang ditumbuk kasar untuk scrub wajah. Foto: Dok/BeautyAndTheBeing)


    (Baca juga: 9 Manfaat Masker Tomat untuk Kulit Wajah)


    Cara Membuat Masker Kopi Sendiri 

    Kamu bisa membeli masker kopi di supermarket atau toko kosmetik. Namun tentunya juga bisa membuat sendiri masker kopi. Bubuk kopi sachet bisa digunakan untuk masker wajah biasa, karena tumbukannya lebih halus dan manfaatnya pada kulit lebih baik. Namun untuk melakukan scrub pada wajah, gunakan bubuk dari biji kopi. Butiran kasar biji kopi akan membantu pengelupasan kulit. 

    Ingin mencoba membuat masker dari kopi dan madu? Begini caranya:

    1. Tuang bubuk kopi ke dalam mangkuk kering.

    2. Tambahkan sekitar dua sendok teh madu, sampai madu mengambang di atas bubuk kopi.

    3. Aduk rata kopi dan madu sampai mengental dan padat. Setelah itu, kamu bisa mulai mengoleskannya secara merata pada area wajah dan leher. Masker ini akan membuat kulit terasa meregang dan kencang. 

    4. Ketika sudah terasa sangat meregang, kamu sudah bisa membasuh wajah dengan air hangat.


    (Editor: Rahman Indra) 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below