Beragam Manfaat Centella Asiatica Yang Patut Kamu Tahu!


  • Beragam Manfaat Centella Asiatica Yang Patut Kamu Tahu!
    Inilah tujuh manfaat centella asiatica untuk kecantikan dan kesehatan yang patut kamu tahu. (Foto: Dok. Tachjang on Freepik)

    Para skincare enthusiast mungkin telah menyadari, kalau belakangan ini kandungan centella asiatica banyak ditemukan dalam produk-produk kecantikan. Centella asiatica juga dikenal dengan nama daun pegagan, cica atau gotu kola, yang tergolong sebagai tanaman herbal yang menyimpan banyak khasiat dan manfaat. Tanaman herbal ini memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja manfaat dari centella asiatica, silahkan disimak ulasannya berikut ini. 


    1. Mengatasi Masalah Jerawat

    (Ilustrasi wajah berjerawat. Foto: Dok. Kjerstin Michaela on Pixabay)




    Centella asiatica adalah salah satu kandungan alami yang mampu mengatasi masalah jerawat secara efektif. Ini berkat senyawa glikosida madekosida pada bagian daun dan tangkainya yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Daun pegagan juga mengandung triterpenoid yang baik dalam mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat. Dengan kata lain, manfaat centella asiatica untuk kulit wajah yaitu dapat mengurangi jerawat sekaligus memudarkan noda bekas jerawat. 


    2. Menenangkan Kulit 


    Cica mengandung saponin yang memiliki kemampuan untuk membantu meredakan iritasi kulit akibat paparan sinar matahari atau penggunaan produk yang tidak tepat. Menariknya lagi, centella asiatica mampu memberikan kesegaran pada kulit. 


    3. Mempercepat Penyembuhan Luka


    Manfaat lain centella asiatica yaitu mampu mempercepat penyembuhan luka, karena kandungan terpenoidnya. Selain itu, antioksidannya juga dapat menunjang pembentukan sel-sel kulit baru. 


    (Baca juga : 7 Tanaman Herbal Yang Dipercaya Membuat Kulit Awet Muda)


    4. Menjaga Kelembapan Kulit


    Ekstrak centella asiatica mampu meningkatkan kadar minyak alami kulit (sebum), sehingga kelembapan dan elastisitas kulit tetap terjaga. Saponin yang terkandung di dalam tanaman herbal ini juga mampu mempertahankan kadar air di dalam kulit lebih lama dan mencegah penguapan air di kulit. Jika kulit terjaga kelembapannya, maka akan lebih mudah terhindar dari berbagai masalah kulit, seperti kusam dan jerawat


    5. Efektif Melawan Tanda-Tanda Penuaan


     (Ilustrasi kulit wajah tanpa keriput. Foto: Dok. Pexels)


    Centella asiatica umumnya tinggi dalam phytochemical yang bermanfaat bagi kulit. Selain itu, tanaman herbal ini juga kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, karoten dan niasin, semuanya bekerja sama melawan tanda-tanda penuaan dini dan mencerahkan kulit. Tak hanya itu saja, daun centella asiatica juga kaya akan antioksidan yang dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen, agar kulit tetap kencang dan awet muda


    (Baca juga : Punya Banyak Manfaat, Rumput Laut Bisa Sehatkan Rambut)


    6. Membuat Kulit Wajah Tampak Glowing


    (Ilustrasi kulit wajah glowing. Foto: Dok/ Atstock_production on Freepik)


    Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam centella asiatica dapat membantu mempercepat produksi kolagen. Inilah yang membuat kulit terlihat lebih kenyal dan glowing


    7. Meningkatkan Fungsi Otak


    Tidak hanya bermanfaat untuk kulit wajah saja, centella asiatica juga bermanfaat untuk kesehatan otak. Daun centella asiatica memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi kinerja otak, terutama pada fungsi kognitif otak.


    Jika kamu tertarik untuk merasakan manfaat dari centella asiatica, pilihlah perawatan kulit dengan kandungan cica sebesar 2.5% dan 5%. Perlu diingat, walaupun termasuk tanaman herbal, bukan berarti penggunaannya tidak akan menimbulkan efek samping.

    Efek samping yang biasa ditimbulkan bisa berupa iritasi dan rasa perih di kulit, serta reaksi alergi. Apabila timbul reaksi setelah menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung centella asiatica, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan lebih lanjut dengan dokter. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below