7 Tanaman Herbal Yang Dipercaya Membuat Kulit Awet Muda


  • 7 Tanaman Herbal Yang Dipercaya Membuat Kulit Awet Muda
    Beragam tanaman herbal bisa membuat kulit tampak lebih awet muda(Foto:Dok.Daria/Pexels)


    Merawat kulit untuk tampak muda setiap hari bisa diciptakan dengan aneka tanaman herbal yang mengandung banyak manfaat di dalamnya. Bahkan beberapa produk perawatan kulit juga telah memilihnya sebagai formulasi yang ditawarkan untuk menjaga kulit.

    Mengandung banyak vitamin seperti A, C, E dan antioksidan serta zat enzim, semuanya dipercaya bisa menghambat penuaan. Permasalahan seperti noda hitam, kerutan, dan garis-garis halus bisa dihambat dengan meracik tanaman herbal sebagai masker ataupun makanan serta minuman yang bisa dikonsumsi. Bahkan, beberapanya juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Lalu, apa saja tanaman yang berkhasiat untuk meremajakan kulit?



    Adalah bunga mawar, kunyit, aloe vera atau lidah buaya yang bisa dijadikan perawatan kulit. Selain itu ada juga daun basil, timun dan lainnya di bawah ini:

    (Baca Juga: Tanaman Herbal untuk Menyembuhkan Kanker Serviks)


    1. Basil atau Selasih


    (Tanaman Basil yang bermanfaat untuk kulit.Foto:Dok/Khasiat.co.id)

    Garis-garis halus yang muncul sebagai tanda penuaan kulit bisa diatasi dengan kandungan berada di dalamnya. Selain membantu untuk meremajakan kulit, tanaman Basil juga bisa menghidrasi sehingga kulit terasa halus dan lembab.


    2. Ashwagandha


    (Ashawaganda sebagai tanaman untuk membuat kulit tampak awet muda.Foto:Dok.Wholesale Organic Superfoods)

    Tanaman Ashwagandha tidak hanya dipercaya untuk menjaga kesehatan mental dan sejumlah organ tubuh, tapi juga bisa memberikan perawatan untuk kulit. Mengandung alkaloid, withanone, withanolide dan lainnya akan memberikan khasiat saat dikonsumsi secara rutin seperti kulit yang lebih glowing dan terlihat lebih muda.

    (Baca Juga: 5 Tanaman Obat Untuk Kesehatan Tulang)


    3. Aloe Vera


    (Aloe vera atau lidah buaya untuk perawatan.Foto:Dok.Cecília Tommasini/Pexels)

    Jadi salah satu jenis tanaman yang paling banyak digunakan untuk produk perawatan kulit, aloe vera atau lidah buaya memiliki segudang manfaat seperti, aloe emodin, vitamin D, dan zat enzim, asam amino, mineral yang berfungsi untuk mendetoks kulit dan melembabkannya, sehingga tanda-tanda penuaan jadi ikut tersamarkan.


    4. Pegagan


    (Tanaman pegagan untuk menunda penuaan dini.Foto:Dok/Pengobatan Tradsional)

    Siapa yang tak tau tanaman pegagan? tumbuhan yang merambat ini memiliki segudang manfaat yang bisa jadi pilihan untuk merawat kulit secara alami. Tanaman ini bisa dibuat sebagai santapan ataupun ditumbuk sampai menjadi masker, untuk jenis perawatan kulit dari luar dan dalam. Bahkan, kandungan brahmic acid, centelloside, hydrocotylin dan lainnya juga berkhasiat untuk menyembuhkan luka dan berbagai penyakit. 


    5. Mawar


    (Manfaat bunga mawar untuk meremajakan kulit.Foto:Dok.picjumbo.com/Pexels)

    Bunga mawar tak hanya jadi tanaman yang menawan tapi juga bermanfaat untuk kesehatan, terutama kulit. Dengan mengambil ekstraknya, kandungan vitamin A, C dan E akan jadi formulasi yang baik untuk jadi perawatan alami. Selain bisa mencerahkan dan memberikan efek relaksasi, bunga mawar juga bisa mencegah penuaan kulit dengan antioksidan yang menutrisi saat terkena kulit.

    (Baca Juga: Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirih Merah)


    6. Timun


    (Timun bisa menghambat penuaan pada kulit.foto:dok.Lo/Pexels)

    Menghambat penuaan kulit dengan vitamin E yang dimilikinya membuat sejumlah kosmetik dan skincare mengambil tanaman yang satu ini sebagai formulasi untuk merawat kulit.


    7. Kunyit


    (manfaat kunyit untuk kulit.foto:dok.Marta/pexels)

    Meramu kulit hingga menjadi perawatan kulit, akan memberikan khasiat yang luar biasa. Dengan senyawa curcumin yang dimilikinya, berbagai permasalahan kulit dari mulai penuaan, luka, memar dan lainnya bisa teratasi. Jika ingin merasakan manfaatnya lebih maksimal, meraciknya sebagai minuman juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memerangi segala penyakit kronis.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below