Punya Banyak Manfaat, Rumput Laut Bisa Sehatkan Rambut


  • Punya Banyak Manfaat, Rumput Laut Bisa Sehatkan Rambut
    Populer di Indonesia, ternyata rumput laut punya banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. (Foto: Dok. Pixabay/Iva Balk)

    Rumput laut sudah jadi makanan populer, termasuk di Indonesia. Nyatanya, selain dinikmati sebagai makanan, rumput laut juga bisa dikonsumsi sebagai vitamin, obat medis, hingga kecantikan tergantung dari jenisnya. Temukan segudang nutrisi dari rumput laut yang berguna untuk tubuh.


    Mozuku



    Rumput laut berwarna cokelat ini memiliki mineral dan serat yang tinggi serta rendah kalori sehingga sangat baik untuk pencernaan. Mozuku juga bisa mengurangi risiko pembekuan darah dan mengandung fucoidan yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-oksidan. Rumput laut jenis ini sangat nikmat dijadikan salad.



    (Terlihat seperti daun teh kering, rumput laut yang disebut "Hijiki" ini punya banyak manfaat. Foto: Dok. Pixabay/freddy an)

    Hijiki

    Bentuknya yang menyerupai daun teh kering membuat hijiki lebih mudah diolah. Kandungan nutrisinya pun tak kalah banyak, sebut saja seperti magnesium, kalsium, zat besi, dan serat yang tinggi. Rumput laut jenis ini juga dipercaya bisa membuat rambut lebih berkilau dan tebal.


    Kombu

    Rumput laut yang sering dijadikan bahan untuk membuat kaldu ala Jepang atau dashi ini memiliki nutrisi untuk menyeimbangkan produksi sel, melancarkan pencernaan, menguatkan fungsi tiroid hingga membuat rambut dan kuku tampak berkilau serta kaya akan zat besi dan serta alami.



    (Salah satu jenis rumput laut, Wakame, yang sering dijadikan salad. Foto: Dok. Pixabay/S. Hermann & F. Richter)

    Wakame

    Mirip seperti kombu, wakame merupakan sumber vitamin dan mineral seperti yodium, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, natrium, seng, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, C, D, E, K, dan B2. Wakame juga mengandung antioksidan dan asam folat sehingga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui.


    Aonori

    Berbeda dengan Nori, rumput laut jenis ini lebih sering digunakan sebagai bumbu untuk berbagai hidangan. Kandungannya yang sangat baik untuk kulit, pencernaan, rambut, dan gigi ini mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, C, E, K, dan B1, B2, Niacin, B6, B12, dan folat. Banyak sekali, bukan?



    (Nori, rumput laut yang paling sering ditemui. Foto: Dok. Pixabay/An Nhien)

    Nori

    Dibuat dari ganggang merah yang diolah dan dikeringkan hingga berwarna hijau gelap, Nori memiliki kandungan nutrisi tinggi seperti iodine, potassium, dan rendah kalori. Mengonsumsi satu lembar nori sebenarnya sudah memenuhi setengah asupan yodium harian. Nori juga mengandung vitamin B12 yang bermanfaat untuk sistem saraf dan pembentukan sel darah merah.


    Nah, itulah segudang manfaat yang bisa kamu dapat dari mengonsumsi rumput laut, termasuk manfaat untuk membuat tampilan rambut lebih sehat. Setelah mengenal manfaat dari ragam jenis rumput laut ini, mana sih yang jadi favoritmu?



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below