Ketahui 5 Jenis Oil yang Memiliki Manfaat Untuk Rambut


  • Ketahui 5 Jenis Oil yang Memiliki Manfaat Untuk Rambut
    Ketahui 5 jenis oil untuk merawat rambut agar sehat, lembut dan berkilau. (Image: Dok/Freepik)


    Tidak hanya tubuh dan wajah saja yang wajib dirawat, tetapi juga rambut untuk menjaganya agar tetap indah, berkilau dan sehat. Sebagian besar wanita merawat keindahan rambutnya dengan rutin menggunakan sampo, kondisioner dan masker rambut. Ya, cara-cara tersebut sudah benar, tapi kamu juga perlu untuk menambahkan oil untuk rambut agar tetap terhidrasi, lembut dan berkilau. 

    Lalu minyak apa saja yang cocok untuk rambut? Dirangkum dari berbagai sumber, inilah lima jenis oil dan manfaatnya untuk rambut. 



    (Baca juga: 6 Manfaat 'Hair Oil' Agar Selalu Tetap Sehat Berkilau) 


    1. Minyak Kelapa (Coconut Oil)


    (Minyak kelapa. Image: Dok/Freepik)


    Minyak kelapa adalah salah satu minyak (oil) yang memiliki segudang manfaat, termasuk efektif merawat rambut. Oil ini bertindak sebagai pelindung rambut, melembapkan rambut, mencegah kerusakan dan membantu pertumbuhan rambut. Minyak kelapa (coconut oil) mengandung asam lemak yang mampu merawat rambut secara intensif dibandingkan dengan kondisioner biasa. 

    Cara menggunakannya, jika kulit kepala kamu cenderung berminyak, oleskan minyak kelapa murni di bagian tertentu rambut kamu, biasanya setengah rambut menuju ujung rambut. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan shampo yang biasa kamu gunakan. Lakukan sekali dalam seminggu untuk hasil yang terbaik. 


    (Baca juga : Mengulik 7 Manfaat 'Rosehip Oil' Untuk Perawatan Kulit)


    2. Argan Oil


    Argan oil adalah minyak yang diekstrak dari biji pohon argan, yang banyak tumbuh di Maroko. Minyak ini juga dikenal sebagai minyak Morrocon yang kaya akan vitamin E, asam ferulic, asam lemak dan antioksidan untuk mencegah kerusakan rambut sekaligus melindunginya dari bahaya sinar UV. Selain itu, argan oil juga memberikan nutrisi, kelembapan, mengurangi kekeringan dan kerapuhan pada rambut. 


    3. Minyak Jarak (Castor Oil)


    Minyak jarak atau dikenal juga dengan castor oil adalah minyak yang berasal dari ekstraksi biji jarak. Oil ini baik untuk pertumbuhan rambut karena mengandung vitamin E, mineral dan protein. Minyak jarak juga mengandung antioksidan yang menjadikan rambut lebih kuat, halus dan sehat. Tidak hanya itu saja, castor oil murni menawarkan manfaat besar lainnya seperti mencegah rambut rontok, mengatasi infeksi kulit kepala dan ketombe karena sifat anti-jamurnya, melembapkan rambut dan mencegah rambut bercabang

    Minyak jarak (castor oil) memiliki konsistensi yang sangat kental, sebaiknya campurkan castor oil dengan beberapa tetes minyak zaitun atau minyak kelapa. Aplikasikan campuran tersebut pada rambut sembari dipijat perlahan. Gunakan shower cap untuk membungkus rambut dan diamkan semalaman. Lalu bilas menggunakan sampo. Lakukan secara rutin, setiap seminggu sekali. 

    (Baca juga : 6 Manfaat 'Hair Oil' Agar Rambut Tetap Sehat Berkilau)


    4. Minyak Zaitun (Olive Oil)

    (Minyak zaitun (olive oil). Image: Dok/Freepik)


    Oil untuk rambut yang satu ini tidak hanya memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut saja, tetapi juga untuk kesehatan. Minyak zaitun kaya akan asam lemak seperti squalene dan asam oleat, yang mampu menghaluskan rambut. Selain itu, minyak ini juga kaya akan vitamin E, yang dapat melawan kerusakan rambut akibat radikal bebas dari sinar matahari dan polusi. Olive oil akan membuat rambut tampak lebih kuat, sehat dan berkilau. 

    Caranya, cukup oleskan satu sampai dua sendok makan (sdm) minyak zaitun ke rambut secara merata. Bungkus rambut dengan handuk atau shower cap dan biarkan sekitar 30 menit. Bilas dengan sampo dan kondisioner yang biasa kamu gunakan. 


    5. Jojoba Oil

    Jojoba oil (dibaca: ho-ho-ba) adalah minyak yang diekstrak dari tanaman jojoba dan paling menyerupai dengan minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala (sebum). Jojoba oil untuk rambut mampu melembapkan dan merawat rambut secara intensif. Serta mampu mengatasi ketombe, masalah kulit kepala kering, dan menambah kilau pada rambut. 

    Cara menggunakan jojoba oil untuk perawatan rambut, oleskan minyak ini ke kulit kepala dan biarkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan sampo seperti biasa. 


    Selamat mencoba!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below