6 Manfaat 'Hair Oil' Agar Rambut Tetap Sehat Berkilau


  • 6 Manfaat 'Hair Oil' Agar Rambut Tetap Sehat Berkilau
    Manfaat hair oil untuk rawat rambutmu agar tetap sehat berkilau. (Image: Dok/Freepik)


    Dalam merawat rambut, selain shampoo dan conditioner juga hadir hair oil. Dengan khasiat yang dikandungnya, minyak untuk rambut ini diyakini dapat menambah kelembapan secara mendalam, melembutkan dan memberi kilau.

    Sejumlah selebriti dan influencer mulai menjadikan hair oil sebagai produk wajib untuk merawat keindahan rambut. Meski, ada juga pada sebagian besar orang, menggunakan hair oil justru juga dapat memberi kontribusi terhadap rambut berminyak.



    Di luar itu, hair oil mengusung manfaat yang sangat besar jika digunakan secara tepat. Apa saja? Berikut enam manfaat hair oil yang perlu kamu tahu. Siapa tahu, hair oil akan menjadi holy grail produk kamu setelah mengetahui ragam manfaatnya. 

    (Baca juga: 9 Essential Oil dan Manfaatnya Dalam Merawat Rambut)


    1. Mencegah Ketombe


    Ketombe adalah suatu kondisi kulit kepala yang menyebabkan munculnya serpihan kulit dan sering disertai dengan rasa gatal. Kondisi semacam ini merupakan hasil dari kulit kepala kering, kurangnya hidrasi atau paparan produk rambut yang keras dapat menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, rutin menggunakan produk perawatan rambut ini dapat membantu mencegah ketombe. Caranya, pijat kulit kepala dengan hair oil sampai ke akar rambut. 


    2. Memberi Kilau Pada Rambut

    memberi kilau pada rambut

    (Ilustrasi rambut berkilau. Image: Dok/Pexels.com)


    Rambut sehat dan berkilau adalah sesuatu yang pasti diinginkan semua orang. Terpapar panas, polusi, pewarna rambut dan perawatan produk kimiawi mampu membuat rambut kamu stres yang berakibat pada kerontokan dan hilangnya kilau pada rambut. Dengan rutin mengoleskan hair oil sembari diberi pijatan akan membantu kamu mendapatkan kembali kilau rambut. Selain itu, hair oil juga mampu memperbaiki ujung rambut bercabang. 


    3. Pencegahan Infeksi Bakteri & Jamur


    Ketika kotoran menyumbat pori-pori di kulit kepala, ada kemungkinan bakteri dan jamur yang tidak berbahaya terkontaminasi dan berevolusi menjadi kutu, ketombe dan infeksi. Bisa jadi, inilah penyebab kulit kepala gatal dan kemerahan yang mungkin sedang kamu alami. Gunakan minyak rambut (hair oil) dapat membantu mencegah infeksi bakteri dan jamur serta membuat kulit kepala kamu tetap sehat dan terhidrasi dengan baik. 


    (Baca juga : Tips Menggunakan Minyak Rambut untuk Hasil Maksimal)


    4. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

    Mempercepat pertumbuhan rambut

    (Ilustrasi rambut tebal. Image: Dok/Unsplash)


    Selain beberapa manfaat di atas, hair oil mampu mempercepat pertumbuhan rambut. Kualitas rambut cenderung menurun akibat penggunaan alat styling rambut. Pilih hair oil yang mengandung coconut oil atau castor oil, karena baik merangsang pertumbuhan rambut. Lakukan pijatan agar penyerapan minyak rambut lebih optimal. Hal ini juga dapat melemaskan kulit kepala kamu dan meningkatkan pertumbuhan rambut. 


    5. Menguatkan Rambut

    Menguatkan rambut

    (Ilustrasi rambut rapuh. Image: Dok/Freepik)


    Manfaat hair oil berikutnya yaitu mampu memberi kekuatan pada rambut. Paparan sinar matahari, polusi dan alat styling rambut berkontribusi terhadap menurunkan kualitas rambut seperti rapuh dan rusak. Pilih hair oil dengan kandungan vitamin E, karena dipercaya mampu melindungi rambut dari panas, mencegah rambut bercabang dan memperkuat rambut. 


    6. Merelaksasi Pikiran & Tubuh


    Memijat kulit kepala dengan minyak rambut secara teratur dapat merelaksasi saraf kranial dan memperlancar sirkulasi darah. Tidak hanya itu saja, pijatan pada kulit kelapa juga baik membantu meredakan stres dan merelaksasi tubuh. 


    Waktu yang Tepat Pakai Hair Oil 

    Setelah mengetahui enam manfaat hair oil, lalu kapan waktu yang tepat memakai hair oil


    - Sebelum Keramas

    Kamu bisa mengaplikasikan hair oil satu jam atau minimal 15 menit sebelum keramas. Tuang hair oil secukupnya, bubuhkan pada ujung rambut. Hasilnya, rambut akan terasa jauh lebih lembut, berkilau dan mudah diatur


    - Setelah Keramas

    Jika kamu merasa kondisioner tidak bekerja maksimal di rambut kamu yang cenderung kering, mungkin sudah saatnya kamu menambahkan hair oil. Tuangkan minyak rambut sebesar koin logam kecil di telapak tangan, balurkan di setengah rambut menuju ujung rambut. Lakukan cara ini ketika rambut setengah kering ya. 


    - Saat Dibutuhkan

    Sebenarnya, hair oil dapat digunakan kapan saja. Semisal ketika rambut kamu terasa kering di tengah-tengah beraktivitas. Untuk itu, selalu siapkan hair oil di tas kamu. Tipsnya, gunakan minyak rambut secukupnya saja. Kalau rambut kamu tipis, cukup gunakan beberapa tetes saja. Tetapi, jika kamu memiliki rambut tebal, gunakan minyak rambut sedikit demi sedikit sampai rambut terasa lembap. 


    Tambahkan hair oil ke dalam rutinitas perawatan rambut kamu dan lihat sendiri perbedaanya! Selamat mencoba.