Mengulik 10 Manfaat Jus Seledri Untuk Kesehatan Tubuh


  • Mengulik 10 Manfaat Jus Seledri Untuk Kesehatan Tubuh
    Mengulik manfaat jus seledri untuk tubuh. (Foto:Dok/Whole Foods Magazine)


    Aneka olahan makanan dan minuman dari beragam buah dan sayur, tak hanya jadi solusi diet, tapi juga bagian dari tren gaya hidup sehat saat ini. Vitamin di dalamnya bisa menutrisi sekaligus jadi asupan gizi untuk pola hidup sehat. Seperti yang baru di tahun ini, adalah jus seledri yang dipercaya dapat menyehatkan serta meningkatkan stamina dalam tubuh.

    Selain khasiatnya yang mampu meluruhkan lemak dan menyembuhkan penyakit kronis, ternyata masih banyak keunggulan lainnya yang bisa diperoleh jika mengonsumsinya secara rutin. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat jus seledri untuk kesehatan tubuh :



    (Baca Juga: 4 Manfaat Sehat Mengonsumsi Seledri)


    1. Menghilangkan Alergi


    (Hilangkan alergi dengan mengonsumsi jus seledri.Foto:Dok/Pexels)


    Melansir dari laman Medical News Today, sebuah penelitian di tahun 2017 menemukan khasiat seledri untuk menghilangkan alergi debu atau asma dan penyakit rhinitis. Manfaatnya lainnya, vitamin dan kandungan gizi di dalamnya mampu menghilangkan peradangan dalam paru-paru.


    2. Menyembuhkan Peradangan Sendi

    Bagimu yang memiliki permasalahan pada sendi, rasanya seledri bisa jadi alternatif pengobatan untuk menyembuhkannya. Para peneliti rupanya telah menemui khasiat lain dari jus seledri yang bisa memulihkan kembali peradangan sendi. Kalsium yang tinggi bisa membantu menguatkan kembali sendi dan juga tulang yang rapuh dan tak lagi elastis, terutama bagi mereka yang telah berusia lanjut.

    (Baca Juga: Tips dan Panduan Diet Sesuai Dengan Golongan Darahmu)


    3. Meminimalisir Terserang Kanker

    Kandungan Luteolin dalam seledri ampuh untuk mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Luteolin itu pula yang mampu mengurangi asupan obat dan racun akibat kemoterapi setelah dilakukan oleh mereka para penderita kanker.


    4. Menurunkan Kolesterol

     Jika kamu pecinta makanan berlemak, mengonsumsi jus seledri secara rutin, bisa jadi alternatif untuk menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Buruknya dampak dari kolesterol bisa diatasi dengan kandungan dari dalam seledri. Meskipun penelitian ini baru dilakukan pada hewan, namun antioksidan yang dimiliki oleh seledri bisa merespon untuk turunkan kolesterol dalam tubuh.

    (Baca Juga: 5 Fakta Diet Pesketarian Yang Wajib Diketahui)


    5. Turunkan Tekanan Darah


    (Tekanan darah bisa turun dengan rutin mengonsumsi jus seledri.Foto:Dok/Pexels)

    Selain daunnya, ekstrak seledri juga berkhasiat untuk turunkan tekanan darah. Kandungan 3nB yang dikonsumsi kurang lebih selama enam minggu menunjukkan hasil yang signifikan untuk menormalkan tekanan darah.


    6. Kesehatan Jantung dan Penyakit kronis lainnya

    Risiko serangan jantung bisa secara tiba-tiba datang. Bahayanya, hal ini tentu dapat merenggut nyawa si penderita. Dengan adanya kandungan flavonoid yang dimiliki sayur seledri mampu untuk mengurangi risiko serangan jantung dan penyakit kronis lainnya. Di antaranya adalah liver dan gagal ginjal.

    (Baca Juga: 7 Jenis Diet Cepat Turunkan Berat Badan)


    7. Meningkatkan Kesuburan

    Jus seledri sangat baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang ingin meningkatkan kesuburan reproduksi. Di antaranya adalah produksi hormon steroid androstenon yang kemudian bisa membuat hubungan seksual semakin bergairah.


    8. Membantu mengobati Depresi


    (Jus seledri mampu meningkat rasa bahagia dan sembuhkan depresi.Foto:Dok/Pexels)

    Depresi yang timbul akibat kecemasan dan kegelisahan bisa diatasi dengan seringnya mengonsumsi seledri yang di olahan jadi jus atau pun dikonsumsi dengan wujud daun utuh. Dengan menurunnya kadar inflamantasi dalam tubuh, rasa depresi bisa menurun dan meningkatkan rasa bahagia lebih banyak.

    (Baca Juga: Cara Membuat Green Juice Yang Enak)


    9. Mencegah Timbulnya Jerawat

    Streptococcus Bacteria yang berkembang di dalam liver, bisa jadi menimbulkan beragam permasalahan kulit salah satunya ialah jerawat. Jika tidak diatasi dengan segera, hal ini bisa berbahaya untuk kesehatan. Dengan melakukan detoks jus seledri, kandungan air dan vitamin di dalamnya mampu menghancurkan bakteri dari tubuh dengan meningkat sistem imunnya.


    10. Menurunkan Berat Badan


    (Jus seledri bisa menurunkan berat badan.Foto:Dok/Pexels)

    sebagai salah satu alternatif untuk turunkan berat badan, vitamin A, B, C dan K serta kaya akan serat yang bisa mengikat lemak jenuh dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Selain mendapatkan tubuh yang ideal, kesehatan dari dalam pun bisa dirasakan dari khasiatnya.

    Bagaimana? apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi jus seledri secara rutin?




 
Advertisement - Continue Reading Below