5 Fakta Diet Pesketarian Yang Wajib Diketahui


  • 5 Fakta Diet Pesketarian Yang Wajib Diketahui
    Mengenal diet pesketarian. (Foto:Dok/Pexels)


    Berbagai program diet menjadi salah satu upaya buat menurunkan berat badan. Setelah sebelumnya populer akan diet mayo, dan juga diet keto, kini diet pesketarian jadi perbincangan, karena dijalani oleh salah satu penyanyi internasional, Ed Sheeran.

    Meski, diet pesketarian sebenarnya bukanlah cara baru untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Namun baru-baru ini, perbincangan mengenai diet ini kembali beredar karena pelantun hit 'Photograph' itu rela membawa koki pribadinya saat tour di Jakarta, demi berjalannya diet ini.



    Lalu apa itu diet pesketarian?

    (Baca Juga: Tips dan Panduan Diet Sesuai Dengan Golongan Darahmu)


    1. Pemakan Ikan dan Sayuran


    (Diet pesketarian mengonsumsi ikan dan sayuran.Foto:Dok/Pexels)


    Pesketarian atau pescatarian berasal dari bahasa Italia yang digabung dari 'pesce' (ikan) dan 'vegetarian' (pemakanan tumbuh-tumbuhan). Mereka yang menjalani diet ini hanya boleh mengonsumsi gandum, kacang-kacangan, buah, telur, biji-bijian dan aneka hewan laut.


    2. Populer Sejak 1993


    Jika 'vegan' adalah penyebutan bagi mereka yang hanya mengkonsumsi sayur-sayuran, 'peskatarian' adalah label untuk mereka menjalani diet pesketarian. Nama ini sudah populer sejak tahun 1993, dan menjadi label bagi mereka yang hanya mengonsumsi daging ikan dan sayur-sayuran. 

    (Baca Juga: 5 Minuman Sehat Pendukung Diet Alami)


    3. Alternatif Diet Vegetarian

    Diet vegetarian hanya mengonsumsi tumbuh-tumbuhan dan tak konsumsi daging. Oleh sebab itu, para vege tidak mendapatkan sumber protein hewani dari asupannya. Diet pesketarian menjadi alternatif untuk menghindari daging, tanpa harus kehilangan protein hewani.


    4. Terhindar dari Penyakit Kronis


    (Diet pesketarian bisa menjaga kesehatan tubuh.Foto:Dok/Pexels)

    Kandungan omega-3, Kalsium, vitamin D, vitamin B12 dan rendah akan lemak dari aneka santapan seafood memberikanmu kesehatan jantung dan menghilangkan risiko terserangnya penyakit kanker. Beberapa penelitian menemukan bahwa, penyakit kanker lebih mudah menyerang mereka yang sering mengonsumsi daging.


    (Baca Juga: Cara Memulai Diet Flexitarian)


    5. Hidup Lebih bahagia 


    (Terhindar dari stres dan depresi dengan diet.Foto:Dok/Pexels)


    Selain terhindar dari penyakit kronis, kolesterol dan darah tinggi, peskatarian akan terhindar dari stres dan juga depresi yang diakibatkan oleh tidak seimbangnya antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh. Sistem pertahanan ini dibantu oleh omega-3 yang terdapat pada ikan dan makanan laut.

    Menyoal diet pesketarian, tenyata tak hanya Ed Sheeran, aktris dan model Davina Veronica pun dikabarkan juga menjalani diet ini. Selain untuk tubuh, juga sebagai bentuk kepeduliannya akan menjaga lingkungan dan populasi hewan.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below