7 Cara Mudah Atasi Gelisah dan Kecemasan


  • 7 Cara Mudah Atasi Gelisah dan Kecemasan
    Cara mudah atasi kecemasan dalam hidup(Foto:Dok.Luis Fernandes/Pexels)


    Rasa cemas dan gelisah kerap dihadapi beberapa orang. Entah itu karena lingkungan, atau rasa tidak percaya diri. Jika tidak diatasi atau diantisipasi dengan baik, kekhawatiran ini akan berlanjut menjadi depresi. Hal ini akan menjadi sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

    Oleh karenanya, mereka yang kerap mengalami kegelisahan dan kecemasan ini perlu berpikir positif dan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Mulai dari bangun tidur lebih awal, atau istirahat yang cukup dan lainnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mengatasi kecemasan dalam hidup yang bisa kamu lakukan sehari-hari :



    (Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Rasa Cemas Sebelum Menikah)


    1. Bangun 15 Menit Lebih Awal


    (Bangun lebih awal setiap hari.Foto:Dok/Pexels)

    Jika biasanya kamu berleha-leha terlebih dahulu sebelum memulai hari, kebiasaan tersebut ada baiknya dihindari. Aktivitasmu yang telah tercatat dalam to do list bisa terselesaikan dengan waktu yang lebih banyak jika kamu bangun lebih awal. Ambil napas yang dalam dan berpikirlah waktumu cukup untuk melakukannya.


    2. Kurangi Kafein, Gula dan Junkfood


    (Mengurangi asupan kafein, gula dan junkfood.Foto:Dok/Pexels)

    Pola hidup sehat dengan menghindari asupan makanan yang berlebihan juga bisa jadi salah satu cara untuk mengatasi kecemasan dalam hidup. Kafein yang berlebihan bisa menyebabkan palpitasi jantung atau detakan yang tidak normal. Terlebih lagi jika kamu memiliki kecemasan yang tinggi, kafein bisa memicunya untuk muncul.

    Begitu pula dengan gula dan makanan siap saji, dilansir dari Psychology Today, mereka bisa menyebabkan serangan kecemasan yang menyebabkan peradangan dalam tubuh.

    (Baca Juga: 9 Tanda Fisik dari Gangguan Kesehatan Mental)


    3. Ikuti Kegiatan Sosial


    (Bersosialisasi dan membangun relasi.Foto:Dok/Pexels)

    Bagi sebagian orang, berkumpul bersama teman atau orang banyak membangun rasa tidak percaya diri. Namun, bersosialisasi sangatlah penting untuk mengenal dunia lebih jauh dan dalam. Dengan berkoneksi sesama teman kamu bisa saja melupakan masalah yang ada dan mulai mengerti arti dari kehidupan.


    4. Jadwalkan Waktu Liburmu!


    (Daftar untuk berlibur.Foto:Dok/Pexels)

    Me-refresh diri dengan pergi berlibur bisa jadi satu kegiatan menyenangkan untuk mengobati rasa cemas dan kegelisahan dalam diri. Menjelajahi tempat baru bersama teman, atau sendirian bisa kamu lakukan untuk melupakan hiruk pikuk yang ada.


    5. Siapkan Essential Oil


    (Essential oil bisa mencegah merileksasi kecemasan.Foto:Dok/Pexels)

    Wewangian menenangkan dari essential oil jadi salah satu alternatif untuk mengobati kecemasan dan rasa nervous dalam diri. Kamu bisa mengeksplorasi kegunaan essential oil, seperti mencampurnya dengan air di dalam bath up, atau sekedar menjadi pengharum ruangan dengan aromaterapi yang menyejukkan.

    (Baca Juga: Mengenal Gejala dan Cara Mengatasi Panic Attack)


    6. Olahraga


    (Berolahraga untuk munculkan hormon endorphin.Foto:Dok/Pexels)

    Selain menyehatkan tubuh, berolahraga juga jadi salah satu kegiatan untuk menghilangkan stres, cemas serta gelisah dari persoalan hidup yang dihadapi. Dilansir dari Healthline, hormon endorphins akan muncul ketika tubuhmu bergerak, sehingga bisa membuat dirimu jauh lebih bahagia.


    7. Tidur tepat waktu


    (Tidur tepat waktu bisa menghindarimu dari serangan kecemasan.Foto:Dok/Pexels)

    Fugen Neziroglu seorang peneliti mengatakan bahwa "Memiliki tingkat kecemasan yang sedang untuk melakukan sesuatu dengan baik itu penting. Tapi, hal itu pula bisa merusak di saat mengganggu hidupmu." untuk itu, tidur yang cukup sangat penting untuk mengurangi kecemasan.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below