Life & health

Tips dan Panduan Diet Sesuai Dengan Golongan Darahmu

By : Hafizah Rana Dalilah - 2019-06-19 10:40:00

Gagal diet kerap kali terjadi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Mengapa demikian? 

Itu mungkin saja terjadi, karena tubuh tidak menerima asupan yang cocok dengan tipe darah yang kamu miliki. Dilansir dari Health Harvard, Peter D’Afamo seorang dokter naturopati menemukan bahwa adanya keterkaitan antara golongan darah dengan keberhasilan diet yang sedang dilakukan. Bahkan, hal ini juga berpengaruh pada kesehatan jantung, hati, dan seluruh organ tubuhmu. 

Jika kamu sudah mengetahuinya, berikut adalah rekomendasi makanan sesuai dengan golongan darah, yang bisa kamu olah saat diet :  


(Baca Juga: Cara Diet Alami dan Sehat Secara Cepat)


Golongan Darah O


(Ilustrasi makanan sehat. Foto: Dok/Pexels.com) 


Bagi kamu yang memiliki golongan darah O, mengolah makanan yang tinggi akan protein dan mengonsumsinya adalah pilihan yang tepat untuk menyukseskan diet. Kandungan itu bisa ditemui di dalam daging, sayuran hijau, ikan, buah-buahan dan juga kacang polong. Sementara, gandum, jagung dan juga susu harus dihindari,


Golongan Darah A


(Ilustrasi makanan sehat. Foto: Dok/Pexels.com) 


Agar diet berhasil, pemilik darah A harus menghindari aneka olahan susu, daging, kacang merah, gandum dan juga jagung pada piringmu. Ganti asupan dengan buah-buahan, seafood, dan tahu agar berat badanmu turun dengan maksimal.


Golongan Darah B


(Ilustrasi makanan sehat. Foto: Dok/Pexels.com) 


Saat menjalani diet, golongan darah B tidaklah sulit menjaga diri dari godaan makanan yang lezat. Sebab, golongan darah ini dapat mengonsumsi berbagai olahan makanan kecuali, daging ayam, jagung, kacang-kacangan dan juga gandum. Selebihnya, daging, telur, olahan susu, buah-buahan bisa kamu makan dan membantu untuk menurunkan angka saat menimbang berat badanmu.


(Baca Juga: Catat! Ini Panduan Diet untuk Umur 30-an (I))


Golongan Darah AB


(Ilustrasi makanan sehat. Foto: Dok/Pexels.com) 


Tahu, susu, daging domba, ikan, buah dan sayur-sayuran bisa menjadi makanan sehari-sehari untuk menyukseskan diet bagi kamu yang bergolongan darah AB. Untuk makanan seperti daging ayam, jagung, kacang-kacangan harus sangat dihindari.

Maka, penting untuk mengetahui tipe darah di dalam tubuh agar diet yang sedang kamu jalani berhasil menurunkan berat badan hingga angka yang diinginkan.

Life & health