4 Cara Membersihkan Peralatan Makeup Dengan Mudah


  • 4 Cara Membersihkan Peralatan Makeup Dengan Mudah
    4 cara bersihkan kuas makeup dan beauty blender agar terbebas dari masalah kulit wajah. (Foto: Dok/Pexels.com)


    Tahukah kamu kalau ternyata penyebab jerawat dan breakout itu tidak hanya disebabkan karena wajah yang tidak dibersihkan secara maksimal, tetapi juga karena peralatan makeup yang tidak rutin kamu bersihkan.

    Pasalnya, jika tidak dibersihkan secara rutin, bakteri-bakteri akan menempel dan mengakibatkan masalah pada kulit seperti jerawat bahkan alergi. Tidak hanya itu saja, kotoran yang menempel pada kuas makeup ataupun beauty blender juga memberikan kontribusi pada kerusakan kolagen kulit yang menyebabkan penuaan dini. 



    Setiap berapa lama kita harus membersihkan peralatan makeup? Sebenarnya tidak ada aturan khusus mengenai hal ini. Tapi menurut para ahli dermatologis dan penata rias, setidaknya kamu perlu bersihkan peralatan makeup kamu, seperti kuas makeup dan beauty blender seminggu sekali untuk mencegah penumpukan bakteri. Tidak hanya mencegah munculnya jerawat, rutin membersihkan peralatan makeup juga dapat memperpanjang usia pemakaiannya. 

    (Baca juga : Cara Membersihkan Meja Rias)

     

    (Ilustrasi alat makeup. Foto: Dok/Pexels.com) 


    Lalu bagaimana cara membersihkan kuas makeup dan beauty blender? Berikut 4 langkah mudah membersihkan peralatan makeup kamu. 

    1. Basahi bulu kuas makeup atau rendam beauty blender kamu dengan air suam kuku

    2. Tuang secukupnya sabun pembersih peralatan makeup atau sabun cair bayi pada silicone mat atau brush egg cleaner. Lalu gosokkan kuas makeup kamu secara perlahan dengan gerakan memutar ke alat tersebut hingga bersih. Sedangkan untuk beauty blender, teteskan secukupnya sabun cair lalu remas sembari dipijat perlahan sampai beauty blender kamu bersih kembali. 

    Perlu diingat, jangan membasahi seluruh kuas makeup dengan air. Karena air akan bocor ke dalam bagian yang menyatukan bulu ke gagang, yang dapat melonggarkan lem dan membuat bulu kuas rontok. 

    (Baca juga: Seberapa Sering Beauty Blender Harus Diganti?)


    (Ilustrasi makeup. Foto: Dok/Pexels.com) 


    3. Bilas bulu kuas makeup atau beauty blender dengan air bersih. Lalu peras perlahan hingga tidak ada lagi air yang tersisa di peralatan makeup kamu. 

    4. Biarkan kuas makeup mengering dengan bulu menggantung di ujung meja, sehingga memungkinkannya kembali ke bentuk semula saat kering. Pastikan peralatan makeup kamu tidak kering di atas handuk, karena akan memungkinkan jamur berkembang biak di alat makeup kamu. 

    Walaupun kamu rutin membersihkan beauty blender, tetapi peralatan makeup yang satu ini memiliki masa waktu pemakaian. Sebenarnya, masa pakai beauty blender berbeda-beda, tergantung pemakaiannya. Biasanya kamu perlu menggantinya setiap tiga bulan sekali.

    Namun, ketika sudah ada bagian permukaannya yang robek dan berbau, itu tandanya kamu sudah perlu menggantinya dengan yang baru. Karena dengan permukaan yang sudah tidak rata lagi, beauty blender tidak dapat memberikan hasil akhir yang maksimal pada riasan wajah kamu. Selain beauty blender, kuas makeup juga memiliki masa waktu pemakaiannya. Ketika sudah banyak bulu kuas yang rontok dan produk tidak mudah menempel pada brush, itu tandanya kamu sudah perlu menggantinya dengan yang baru. 

    (Baca juga: Cara Membersihkan Beauty Blender)

     

    Jangan lupa untuk selalu simpan kuas makeup di tempat yang tertutup atau di dalam pouch, sedangkan untuk beauty blender simpan di tempat tertutup ketika sudah dalam keadaan kering. Semakin rajin kamu membersihkan peralatan makeup kamu, semakin lama pula usia pemakaiannya dan kamu akan terbebas dari masalah-masalah kulit wajah.  



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below