10 Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Wajah


  • 10 Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Wajah
    Penyebab timbulnya jerawat yang patut diketahui. (Foto:Dok/Reportshealthcare)


    Jerawat jadi salah satu permasalahan kulit yang paling mengganggu dan kerap buat rasa percaya diri menurun. Meskipun telah menggunakan ragam perawatan kulit seperti, skincare hingga kosmetik alami, ia bisa saja muncul tak terkendali. Lalu apa penyebabnya?

    Munculnya jerawat ternyata bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kurang tidur, produk kecantikan yang tak sesuai, hingga diet yang salah. Jika tidak diantisipasi, hal ini tentunya akan merambat dan akan sulit untuk dihilangkan.



    Agar hal buruk itu tidak terjadi, penting untuk mengetahui sederet faktor yang bisa menimbulkan jerawat. Berikut 10 diantaranya: 

    (Baca Juga: 5 Jenis Jerawat Dan Cara Mengatasinya Di Rumah)


    1. Sarung Bantal yang Kotor

    (Ganti sarung bantal agar jerawat tidak muncul.Foto:Dok.Jaymantri/Pexels)

    Siapa bilang timbulnya jerawat karena faktor dari dalam? Ternyata sarung bantal yang sering kamu gunakan untuk tidur bisa jadi penyebab jerawat muncul di wajah. Banyak bakteri yang mengendap di dalamnya dan masuk ke dalam pori-pori. Oleh karenanya penting untuk mengganti alas tidur setiap minggu dan pastikan mencuci rambut dan wajah sebelum tidur. 


    2. Tidak Cocok Pada Kandungan Perawatan Wajah


    (Kandungan perawatan wajah yang tidak cocok bisa menimbulkan jerawat.Foto:Dok/Pexels)

    Menggunakan produk dengan kandungan-kandungan tertentu ternyata bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Diantaranya adalah kandungan silikon, petrochemical, alkohol, fragrance, minyak kelapa dan lainnya yang bisa menyumbat pori-pori. Selain itu, ada baiknya jika kamu mencari produk perawatan kulit yang bersifat non-comedogenic yang aman untuk digunakan.

    (Baca Juga: 9 Bahan Kosmetik Penyebab Jerawat)


    3. Produk Rambut yang Mengenai Wajah


    (Produk perawatan rambut bisa menimbulkan jerawat jika terkena wajah.Foto:Dok/Shopswell)

    Terdengar sepele, namun produk perawatan rambut yang mengenai wajah bisa jadi penyebab timbulnya jerawat. Hal ini bisa kena lewat keringat dari kepala yang turun dan mengenai wajahmu. Lalu bagaimana mencegahnya? Kamu bisa selalu sedia handuk muka ke mana pun pergi. Sehingga ketika berkeringat, kulit tidak menyerap produk rambut yang digunakan.


    4. Menyentuh Wajah


    (Menyentuh wajah bisa memindahkan bakteri dari tangan ke kulit.Foto:Dok.Bruce Mars/Pexels)

    Memiliki wajah yang kenyal dan halus membuat tangan ingin terus memegangnya. Namun sebaiknya hindari kebiasaan ini. Tangan memiliki banyak bakteri karena sebagai bagian tubuh yang kerap kali menyentuh barang-barang disekitar. Jika sering menyentuh wajah, hal ini memungkinkan untuk timbulnya jerawat.

    (Baca Juga: 10 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat)


    5. Terlalu Sering Membersihkan Wajah


    (Membersihkan wajah terus menerus.Foto:Dok.Vitoria/Pexels)

    Membersihkan wajah memang harus dilakukan untuk mengangkat kotoran dan polusi yang menempel. Namun, jika dilakukan terlalu lama hal ini justru akan menimbulkan permasalahan kulit yaitu jerawat. Ketika kamu membersihkannya secara terus menerus, sebum pada kulit dapat terkikis atau justru bertambah banyak yang bisa membuat kulit menjadi kering atau minyak berlebih.


    6. Diet yang Salah


    (Menjalani pola makan yang salah.Foto:Dok.Nathan/Pexels)

    Diet yang Anda lakukan bisa jadi pemicu timbulnya masalah pada kulit jika memang tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh. Beberapa makanan yang membantu menurunkan berat badan, justru bisa membuat jerawat timbul akibat hormon tubuh yang tidak cocok. Seperti misalnya susu, biji-bijian, roti, sereal, kentang putih dan lain-lain. Yang terpenting dari diet adalah mengurangi konsumsi makanan manis yang berlebih dan makanan-makanan yang tinggi akan karbohidrat, seperti junkfood hingga makanan olahan lainnya.

    (Baca Juga: 7 Produk Kecantikan Untuk Hilangkan Bekas Jerawat)


    7. Kurang Minum


    (Kurang minum bisa jadi faktor timbulnya jerawat.Foto:Dok.Daria/Pexels)

    Kurangnya kadar air di dalam tubuh bukan hanya merusak metabolisme, tapi juga menghambat pertumbuhan kulit baru. Apalagi jika kamu termasuk orang yang aktif dan sering berada di luar rumah hingga kulit terpapar sinar matahari. Oleh karenanya, penting untuk mengonsumsi air sebanyak delapan gelas perhari agar kulit menjadi lembab dan bebas dari jerawat. 


    8. Stres


    (Kendalikan stres agar jerawat tidak timbul.Foto:Dok.Kat/Pexels)

    Stres tak hanya mengganggu aktivitas, tapi bisa juga membuat kamu tidak tampil percaya diri karena permasalahan kulit yang dibawanya. Ketika stress melanda, kortisol dan hormon lain di dalam tubuh pula jadi tidak stabil. Hal ini lah yang memicu kelebihan produksi sebum di kulit. Sementara sebum penting untuk menjaga kulit terhidrasi dan awet muda.

    (Baca Juga: 4 Trik Makeup yang Ampuh Samarkan Bekas Jerawat)


    9. Kurang Tidur


    (Kurang tidur bisa timbulkan jerawat.Foto:Dok/Mammoth Mattress)

    Tidak tidur secara optimal, bisa jadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan, saat tubuh tidur dari 7 hingga 8 jam perhari, kulit melakukan regenarisasi begitu juga sel-sel di dalam tubuh. Oleh karenanya, jika kamu tidak tidur dengan cukup, hal ini bisa menghambat dan memicu timbulnya jerawat.


    10. Hormon yang Tinggi


    (Hormon yang tinggi bisa jadi salah satu pemicu timbulnya jerawat.Foto:Dok/Medical News Today)

    Tingginya hormon yang kamu miliki bisa jadi faktor utama timbulnya jerawat pada wajah. Untuk menjaganya agar tetap stabil dibutuhkan pola hidup sehat seperti tidur yang cukup dan tidak stres. Lakukan berbagai hal positif agar tubuh dan kulit tetap terjaga kesehatannya.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below