7 Produk dan Alat Makeup yang Tak Boleh Dipakai Bersama


  • 7 Produk dan Alat Makeup yang Tak Boleh Dipakai Bersama
    Deretan makeup dan alat kosmetik yang tidak boleh digunakan bergantian. (Foto:Dok.Anderson Guerra/Pexels)


    Apakah kamu sering memakai alat makeup bersama dengan teman-temanmu? Jika iya, ada baiknya kamu untuk menghentikan kebiasaan itu dari sekarang. 

    Mencoba berbagi kosmetik bersama, ternyata memiliki dampak buruk untuk kesehatan. Lipstik, brush hingga lip balm yang kamu gunakan bisa mentransfer virus dan bakteri, jika digunakan oleh orang lain.



    Meski ada beberapa kosmetik yang bisa kamu coba dengan teman-temanmu, tapi ada baiknya 7 produk dan alat kosmetik ini untuk kamu hindari dari pemakaian orang lain:

    (Baca Juga: 4 Produk Makeup Ini Tak Boleh Digunakan Bersama!)


    1. Krim


    (Krim dilarang untuk digunakan bersama.Foto:Dok.? ??/Pexels)

    Krim pagi dan malam yang biasa kamu gunakan menjadi salah satu kosmetik yang harus kamu hindari untuk digunakan bersama teman-temanmu. Ketika kamu mengambilnya menggunakan tangan, ada baiknya kamu tidak membiarkan tangan yang lainnya untuk masuk ke dalam krim-mu. Dan baiknya lagi, kamu membesihkan tanganmu sebelum menggunakannya.


    2. Bedak Foundation


    (Hindari bedak foundation digunakan secara bergantian.Foto:Dok.Pixabay/Pexels)

    Penggunaan sponge untuk mengaplikasan bedak foundation pada wajah memungkinkan untuk menyebarkan bakteria dari kulitmu ke orang lain. Jika memang kamu harus menggunakannya secara bersamaan dengan temanmu, pastikan kamu menggunakan alcohol spray pada bedak, atau menggunakan alat lain untuk menghindari bakteri.

    (Baca Juga: 9 Alat Makeup yang Wajib Punya untuk Pemula)


    3. 'Brush Makeup'


    (Brush makeup tidak boleh di sharing.Foto:Dok.Dids/Pexels)

    Berbagi pemakaian brush bersama teman, bisa menimbulkan bakteria yang berbahaya untuk kesehatan kulit. Timbulnya jerawat juga bisa jadi salah satu penyebab dari pemakaian brush bersama dengan orang lain.


    4. Maskara


    Biasa digunakan untuk mempercantik bulu mata, maskara ternyata salah satu kosmetik yang baiknya tidak digunakan secara bersamaan. Jika hal itu sering dilakukan, bakteri aerob yang masuk ke dalamnya, bisa berbahaya untuk kesehatan mata. Di antaranya ialah bisa menimbulkan mata merah, konjungtivis, hingga infeksi.


    5. Lipstik, Lip Balm dan Lip Gloss


    (Lipstik tidak boleh digunakan secara bersamaan.Foto:Dok.Valeria Boltneva/Pexels)

    Jika kamu sering berbagi lipstik dan lip balm, ada baiknya hal itu dihentikan mulai saat ini. Dampak buruk dari berbagi kosmetik yang satu ini, bakteri dengan mudahnya berpindah dari satu individu ke individu lainnya. Bahkan, bahayanya, virus HSV-1 penyebab penyakit herpes oral, bisa dengan mudahnya menyerang penggunanya.

    (Baca Juga: 5 Produk Makeup Multifungsi Terbaik)


    6. 'Facial Cleansing Brush'


    (Facial Cleansing Brush.Foto:Dok.MIracel Odom/Pinterest)

    Untuk membersihkan kulit mati, kotoran dan minyak berlebih, facial cleansing brush bisa digunakan untuk menuntaskan semuanya. Hal ini juga jadi alasan mengapa alat kosmetik yang satu ini tidak boleh digunakan, karena alat ini akan banyak sekali mengandung bakteri yang berbahaya untuk kesehatan kulit.


    7. Pisau Cukur


    (Pisau cukur tidak boleh digunakan dengan orang lain.Foto:Dok.Shutterstock/India.com)

    Penyakit herpes ternyata bisa menular akibat pemakaian pisau cukur secara bergantial. Risiko terluka yang bisa menimbulkan darah bisa terjadi dengan pemakaian pisau cukur. Oleh karenanya, penting sekali untuk tidak berbagi alat yang satu ini untuk digunakan sehari-hari.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below