6 Cara Efektif Menghilangkan Kerutan Di Bawah Mata


  • 6 Cara Efektif Menghilangkan Kerutan Di Bawah Mata
    Inilah 6 cara menghilangkan kerutan di bawah mata. (Foto: Dok/Shiny Diamond/Pexels)


    Garis-garis halus di bawah mata adalah hasil alami dari penuaan, meskipun faktor-faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, polusi atau merokok dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dini. Salah satu langkah awal untuk mencegah penuaan dini adalah dengan lebih rutin melakukan perawatan kulit, khususnya area bawah mata. 

    Terdapat berbagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara efektif. Dirangkum dari berbagai sumber, simak tujuh caranya berikut ini. 



    (Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Secara Alami) 


    1. Menggunakan Eye Cream

    Eye cream

    (Ilustrasi eye cream. Foto: Dok/Freepik)


    Gunakan selalu eye cream untuk menjaga kolagen, kelembaban dan elastisitas kulit di area sekitar mata. Jika kerutan di bawah mata sudah mulai terlihat, kamu bisa gunakan krim mata yang mengandung hyaluronic acid atau retinol, karena kemampuannya dalam memberi kelembaban serta mampu meningkatkan produksi kolagen sekaligus menghentikan kerusakan kolagen. Penggunaan secara rutin dapat menghilangkan kerutan di bawah mata. 


    2. Chemical Peeling


    Chemical Peeling

    (Ilustrasi chemical peeling. Foto: Dok/Freepik)


    Melakukan chemical peeling dapat membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati dan meningkatkan pertumbuhan sel yang baru. Hal ini dilakukan, bukan untuk mengatasi kerutan di bawah mata, tetapi dapat mengurangi munculnya garis-garis halus di sekitar area mata. 


    (Baca juga : 5 Manfaat Lain dari Krim Mata yang Patut Diketahui)


    3. Filler 


    Cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang satu ini sudah menjadi cara alternatif untuk mengatasi masalah kerutan di bawah mata. Perawatan ini dilakukan dengan menyuntikan jaringan lunak seperti lemak, kolagen atau hyaluronic acid pengisi kulit di sekitar area mata yang mengalami kerutan sehingga tampilan kerutan akan menghilang. Prosedur perawatan ini biasanya tidak berlangsung lama, hanya sekitar 30 menit dan hasilnya dapat bertahan enam bulan sampai satu tahun. 


    4. Microdermabrasi


    Microdermabrasi disebut cukup efektif untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Perawatan ini diklaim dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga memunculkan sel-sel kulit baru yang lebih halus. Proses microdermabrasi dilakukan dengan menyemprotkan mikrokristal alumunium oksida ke pernukaan kulit. Perawatan ini perlu dilakukan hingga beberapa kali agar keriput di area bawah mata dapat hilang. Biasanya, kamu akan mengalami sedikit kemerahan dan sensasi menyengat pada kulit. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena proses penyembuhannya hanya memerlukan waktu singkat yaitu cukup satu hari saja. 


    (Baca juga : 7 Cara Menghilangkan Kerutan Di Wajah Secara Alami)


    5. Pijatan 


    (Ilustrasi pijat. Foto: Dok/Pexels.com) 


    Cara paling mudah menghilangkan kerutan di bawah mata yaitu melakukan pijatan di sekitar area mata. Secara rutin kamu bisa melakukan pijatan ringan saat mengenakan krim mata atau essential oil, untuk meningkatkan peredaran darah, mengencangkan dan melembabkan kulit. Gunakan jari manis untuk memijat area mata dari mulai ujung dalam mata ke arah luar. Kulit di sekitar area mata sangatlah sensitif, lakukan pijatan secara perlahan. 


    6. Masker Mata


    Eye mask

    (Ilustrasi masker mata. Foto: Dok/Freepik)


    Cara lain menghilangkan kerutan di bawah mata adalah dengan menggunakan masker mata secara rutin. Saat ini sudah banyak produk-produk masker mata yang bisa kamu dapatkan di toko-toko kecantikan. Namun, jika kamu ingin membuatnya sendiri, gunakan campuran 1 sendok makan (sdm) minyak kelapa dan sedikit bubuk kunyit murni. Oleskan masker di sekitar area mata dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Lalu bilas dengan air suam kuku. 


    (Baca juga : 10 Cara Alami dan Efektif Menghilangkan Mata Panda)


    7. Sinar Laser


    Melakukan perawatan laser menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Prosedur perawatan laser dilakukan dengan memancarkan sinar yang berfungsi untuk memanaskan lapisan dermis dan merangsang pertumbuhan kolagen. 


    Tidak cukup hanya dengan melakukan cara-cara di atas, kamu juga perlu untuk menghindari munculnya kerutan di bawah mata seperti berhenti merokok, selalu gunakan sunscreen sebelum beraktifitas di luar ruangan, istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi. 

    Bagaimana, tertarik mencoba cara-cara di atas? 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below