9 Essential Oil dan Manfaatnya Dalam Merawat Rambut


  • 9 Essential Oil dan Manfaatnya Dalam Merawat Rambut
    Essential oil bagi rambut dan manfaatnya dalam perawatan. (Foto:Dok/Pexels)


    Selain aromanya yang bisa merelaksasi, minyak esensial atau essential oil juga berkhasiatnya bagi tubuh. Berbagai produk kecantikan pun menambahkannya agar memberikan keunggulan pada campurannya.

    Salah satunya adalah untuk menyuburkan dan menjaga kesehatan rambut. Adalah lavender, tea tree dan minyak esensial lainnya yang bisa kamu bisa gunakan sebagai treatment khusus untuk perawatan rambut. 



    Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut beberapa essential oil yang bisa jadi pilihan dalam merawat rambut tetap sehat dan tak mudah rontok. 

    (Baca Juga: 8 Minyak Esensial Paling Baik Untuk Tingkatkan Libido)


    1. Cedarwood 

    Hampir seluruh minyak esensial berkhasiat sama dalam menjaga rambut. Namun pada Cedarwood essential oil, terdapat kandungan yang ampuh untuk menghilangkan penyakit Alopecia Areata. Alopecia Areata merupakan penyakit yang timbul akibat imun tidak bekerja sama dengan tubuh. Sehingga, menimbulkan kerontokan pada rambut, terutama di bagian kepala. 


    2. Lavender 


    (Minyak Lavender untuk kesehatan kulit kepala.Foto:Dok/Pexels)


    Salah satu ekstrak yang ditemui pada Lavender, memiliki kandungan anti bakteri yang bisa menjaga kesehatan kulit kepala. Dengan mengoleskannya ke kulit kepalamu kurang lebih 3 sendok makan sebelum mencuci rambut, kulit kepalamu bisa bersih dari kotoran dan debu.

    (Baca Juga:Mudahnya Relaksasi Tubuh dengan Essential Oil Ini)


    3. Thyme 

    Permasalahan rambut, seperti rontok dan tidak mudah tumbuh bisa diperbaiki dengan 2 sendok makan essential oil yang kamu diamkan selama 10 menit di kepalamu. Tak hanya rontok, treatment ini bisa jadi alternatif untuk menyuburkan rambut.


    4. Peppermint 

    Sensasi dingin saat menggunakan peppermint essential oil, bisa meningkatkan jumlah folikel pada rambut. Sebuah penelitian juga telah membuktikannya bahwa ekstrak peppermint ini mampu menyuburkan rambut. Kamu bisa mencampurkan minyak esensial lain dengan peppermint, untuk melakukan 5 menit treatment, sebelum mencucinya dengan sampo.


    5. Rosemary 

    Rambut tebal kian menjadi impian bagi semua orang. Dengan memilih minyak esensial Rosemary, ini bisa menjadi pilihan yang tepat, karena perannya yang bisa meningkatkan pembentukan sel rambut. Oleskan minyak ini dengan minyak zaitun ke kulit kepala. Kemudian, diamkan kurang lebih 10 menit sebelum dicuci dengan sampo. Lakukan ini dua kali per minggu untuk hasil terbaik.

    (Baca Juga: 7 Cara Menggunakan Minyak Zaitun Agar Makin Cantik)


    6. Lemongrass 


    (Manfaat minyak serai untuk menghilangkan ketombe.Foto:Dok/Pexels)

    Ketombe yang dibiarkan pada kulit kepala, tentu akan menimbulkan dampak buruk bagi pertumbuhan rambut. Untuk menghilangkannya, kamu bisa mencampurkan Lemongrass essential oil atau minyak esensial dari serai ke dalam sampo atau conditioner-mu sebelum akhirnya digunakan.


    7. Ylang-ylang 

    Ylang-ylang atau bunga kenanga yang diambil ekstraknya bisa melembapkan kulit kepala yang kering. Efek kulit kepada yang kering, sangat ampuh membuat rambut menjadi patah dan berketombe. Kamu bisa memijat kepalamu dengan minyak ini dan membungkusnya dengan handuk yang hangat. Biarkan selama 30 menit sebelum mencucinya.


    8. Tea Tree 

    Sebuah studi di tahun 2013 dan 2015 menemukan bahwa khasiat tea tree essential oil sangat efektif untuk menghilangkan bakteri dan ketombe pada kulit kepala. Untuk melakukan treatment ini sangatlah mudah, kamu bisa mencampurkannya dengan 10 minyak esensial lainnya, bersama dengan sampo dan kondisioner. diamkan selama 15 menit, kemudian lihat hasilnya!


    9. Clary Sage

    Minyak esensial yang satu ini, efektif untuk menumbuhkan rambut dan mengistirahatkan rambut yang banyak terkena debu dan polusi. Dengan menggunakannya 2 kali dalam seminggu, kamu bisa menemukan rambutnya tampak kuat dan sehat.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below