5 Kebiasaan Pemicu Jerawat



  • 1. Topi, ponsel, kacamata dan syal. Minyak, sisa riasan dan residu produk penataan rambut biasanya berkumpul di empat benda tersebut. Jika bakteri berpindah pada kulit, dengan mudahnya ia menyebabkan breakout. Bersihkan pori secara tuntas setelah menggunakan empat benda tersebut. Selain itu, membersihkan topi, syal, ponsel dan kacamata secara teratur juga dapat membantu mencegah breakout.

    2. Terlalu sering berkaca. Tak ada salahnya mempelajari kondisi kulit atau mengecek riasan di kaca. Namun kebiasaan ini cenderung diikuti oleh keinginan untuk menyentuh wajah secara intens bahkan memecahkan jerawat. Hindari berkaca terlalu sering untuk menjaga kulit wajah agar tetap bersih.



    3. Menggunakan produk secara berlebihan. Perawatan kulit memang penting, namun bukan berarti harus dilakukan secara berlebihan. Aplikasi produk yang terlalu banyak atau terlalu sering dapat menyebabkan penumpukan dan akan sulit untuk dibersihkan. Gunakan produk perawatan kulit secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

    4. Junk food. Tipe makanan ini biasanya akan berakhir di area paha atau bokong. Namun ternyata junk food juga bisa berlabuh di area wajah. Jenis makanan seperti pizza, bagel dan cookies dengan kandungan gula tinggi dapat merangsang produksi hormon penyebab jerawat. Pilih camilan sehat yang kaya akan vitamin A dan E seperti sayuran hijau, kacang, alpukat dan belimbing untuk mendapatkan kompleksi kulit lebih sehat serta bersinar.

    5. Tidak membersihkan kulit setelah berolahraga. Baik di area wajah mau pun tubuh, kulit harus segera dibersihkan sesaat setelah berolahraga. Membiarkan keringat kering dengan sendirinya dapat meningkatkan resiko penyumbatan pori-pori yang menjadi pemicu timbulnya jerawat di wajah atau punggung. Apabila tidak sempat mandi atau mencuci wajah, gunakan cleansing wipes dan segera ganti baju Anda.

     

    (TEKS: ARIFA MALIK / FOTO: BERBAGAI SUMBER)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below