Life & health

Menjelajahi Magisnya Gua Bawah Air dengan Cave Diving

By : Her World Indonesia - 2023-07-14 18:00:01 Menjelajahi Magisnya Gua Bawah Air dengan Cave Diving

Cave diving atau penyelaman gua adalah bentuk penyelaman yang melibatkan penjelajahan gua bawah air dan masuk dalam kategori technical diving, yaitu tingkatan dalam menyelam di atas recreational diving yang mengharuskan seorang penyelam memiliki pelatihan dan peralatan khusus untuk menghadapi lingkungan extreme dan menantang dengan aman.


Jenis penyelaman ini masuk dalam kategori technical diving karena penyelam tidak memiliki akses untuk sewaktu-waktu kembali ke permukaan air, harus dapat menavigasi melalui lorong-lorong sempit, menghadapi keterbatasan jarak pandang, dan mampu menangani semua rintangan berbahaya yang dimiliki oleh gua bawah air. Kecelakaan penyelaman gua seringkali berakibat fatal, jadi penting bagi penyelam untuk menyadari risikonya dan mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan.


(Baca Juga: 5 Rekomendasi Desa Wisata Paling Indah Di Indonesia)



(Cave diving memerlukan keahlian dan perlengkapan khusus. Foto: Dok. go cavern finding)

Meski tidak mudah dan berisiko, namun cave diving bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga dan tiada duanya. Menyelam di gua bawah air menawarkan kita kesempatan untuk menjelajahi dunia tersembunyi yang jarang atau bahkan tak pernah terlihat oleh manusia sebelumnya. Gua bawah air sendiri bisa memiliki keindahan yang sangat magis, dengan susunan stalaktit, stalagmit, atau formasi lain yang mana membutuhkan jutaan tahun untuk terbentuk. Lebih lagi bagi kamu yang menyukai fotografi bawah air atau fotografi secara umum, maka cave diving pastinya akan memberimu kesempatan untuk menghasilkan foto-foto fenomenal yang super langka dan lain daripada yang lain. Oleh karena itu, bagi beberapa orang, rasa pencapaian dan kepuasan yang didapat dari menyelesaikan satu set cave diving tidak mampu tertandingi oleh pengalaman lainnya.



(Gua bawah air menyimpan begitu banyak keindahan. Foto: Dok. go cavern finding)

Indonesia sendiri saat ini sudah dianggap sebagai lokasi cave diving yang sangat potensial oleh para penyelam gua dari seluruh dunia. Negara kita memiliki lebih dari 17.000 pulau yang terbentang dari Samudra Hindia hingga Pasifik. Pulau-pulau ini banyak diantaranya masih belum dijelajahi sehingga menyimpan banyak misteri dan situs-situs gua bawah air yang mungkin belum diketahui sebelumnya. Hal Ini menjadikan Indonesia sebagai tujuan sempurna untuk penyelam gua yang mencari pengalaman baru dan lebih menantang lagi. Beberapa penemuan pada gua-gua bawah air di Indonesia juga menunjukan bahwa berbagai macam kehidupan air yang unik dan indah hidup di dalamnya, sehingga menjadikan gua-gua ini menjadi tujuan yang sangat menarik untuk dijelajahi.



Menggali potensi cave diving bersama RAZOR


(Razor 4 Side Mount System. Foto: Dok. Razor)

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa cave diving adalah aktivitas yang memerlukan persiapan matang berupa peralatan dan pelatihan khusus. Penyelam gua memerlukan sistem manajemen tangki dengan bobot seringan mungkin, memiliki kapasitas udara yang banyak, dan memungkinkan tingkat mobilitas tinggi sehingga dapat melewati celah-celah sempit yang terdapat pada gua bawah air. Salah satu opsi paling aman dan nyaman adalah dengan menggunakan konfigurasi side mount atau dudukan samping, yaitu membawa dua tangki atau lebih kemudian diposisikan sejajar dengan sisi badan. Konfigurasi ini berbeda dengan yang biasa dipakai untuk recreational diving, di mana penyelam biasanya menggunakan back mount atau dudukan belakang, yaitu tangki yang ditempatkan pada bagian punggung dan diikat ke belakang.


(Baca Juga: Ingin Berlibur ke Labuan Bajo? Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini)


HP Hartmann selaku CEO dan pemilik dari Razor sekaligus instruktur cave diving mengatakan bahwa konfigurasi side mount memiliki beberapa keunggulan dibandingkan back mount untuk penyelaman gua. Pertama, lebih ramping dan streamlined, sehingga membuatnya lebih mudah untuk bermanuver melalui ruang sempit. Kedua, mendistribusikan bobot tangki secara lebih merata agar mengurangi kelelahan dan memudahkan pengendalian daya apung. Ketiga, memberikan rentang gerak yang lebih besar, untuk mengatasi segala macam halangan dan rintangan di dalam gua. Oleh karena itu, Razor hadir untuk memperkenalkan Razor 4 Side Mount System di Indonesia. Sebuah perlengkapan menyelam terintegrasi yang didedikasikan khusus untuk konfigurasi side mount. Terdiri atas Side Mount Harness, Redundant BAT Wing 4 dengan integrated weight base layer, Pocket Weight System, dan Multitool. Razor 4 ini memiliki kapasitas hingga enam tangki oksigen dalam sekali bawa sehingga membuatnya sangat fleksibel untuk digunakan saat cave diving dimana penyelam tidak selalu memiliki akses ke permukaan dan biasanya memerlukan waktu lama untuk bertahan di dalam air. Ditambah bahannya terbuat dari serat khusus yang membuatnya sangat ringan, tetapi tetap kuat dan tahan lama untuk melindungi penyelam dari bahaya pada saat menyelam di dalam gua. 



(Razor 4 Side Mount System. Foto: Dok. Razor)

Berikut gambaran mengenai cave diving, potensinya di Indonesia, dan bagaimana dedikasi Razor terhadap cave diving dengan menghadirkan Razor 4 Side Mount System. Sangat menarik bukan? Kalian tertarik untuk mencoba aktivitas diving tapi bingung cara memulainya? Tak perlu khawatir! Karena Razor juga memiliki instruktur menyelam yang aktif mengajar dan tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jadi kalian tinggal datang ke Razor Center Indonesia yang terletak di OdyDive Center Jakarta, kemudian kalian tinggal pilih instruktur dan sesi yang kalian mau. Selamat menjelajahi bawah air!



(Penulis: Putra Akbar P. Nasution)

Life & health